HomeScaling GigiCara Menghilangkan Karang Gigi

6 Cara Menghilangkan Karang Gigi Hitam Secara Efektif

Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Menghitam dengan Efektif

Daftar Isi

Ilustrasi Gigi Berlubang (Cavity Teeth)

Karang gigi merupakan lapisan keras yang terbentuk di sekitar gigi akibat penumpukan plak yang tidak dihilangkan dengan baik. Karang gigi yang berwarna hitam bisa menjadi masalah estetika yang mengganggu penampilan seseorang.

Akan tetapi, selain masalah penampilan, karang gigi yang menghitam juga dapat menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan mulut, seperti radang gusi, bau mulut, dan kerusakan gigi.

Jika Anda ingin menghilangkan karang gigi hitam secara efektif, maka berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

1. Rajin menyikat gigi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara teratur. Pastikan Anda menyikat gigi minimal dua kali sehari, setiap pagi dan malam sebelum tidur. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride. Sikatlah gigi dengan gerakan memutar selama dua menit untuk memastikan Anda membersihkan area gigi secara menyeluruh.

2. Menggunakan benang gigi atau dental floss

Selain menyikat gigi, penggunaan benang gigi atau dental floss juga penting untuk membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Plak yang menumpuk di antara gigi dapat menjadi penyebab terbentuknya karang gigi. Gunakan benang gigi secara teratur setidaknya sekali sehari, idealnya sebelum tidur, untuk menghilangkan plak dan mencegah terbentuknya karang gigi.

3. Gunakan mouthwash

Menggunakan mouthwash atau obat kumur dapat membantu mengurangi jumlah bakteri di mulut, menghilangkan plak, dan mencegah pembentukan karang gigi. Pilihlah mouthwash yang mengandung bahan antimikroba seperti klorheksidin atau fluoride untuk hasil yang optimal. Gunakan mouthwash setelah menyikat gigi dan menggunakan benang gigi, idealnya pada waktu yang berbeda dengan penggunaan pasta gigi.

4. Perawatan profesional secara teratur

Selain menjaga kebersihan gigi dan mulut di rumah, penting juga untuk menjalani perawatan profesional secara teratur dengan mengunjungi dokter gigi. Dokter gigi dapat melakukan pembersihan gigi yang lebih mendalam menggunakan alat khusus yang mampu menghilangkan karang gigi yang sulit dijangkau. Biasanya, perawatan ini disebut scaling atau pembersihan karang gigi. Disarankan untuk menjalani pembersihan gigi profesional setidaknya dua kali setahun.

5. Hindari makanan dan minuman yang dapat menyebabkan karang gigi

Beberapa makanan dan minuman dapat mempercepat pembentukan karang gigi atau membuat karang gigi yang sudah ada semakin parah. Hindarilah makanan dan minuman yang mengandung gula, asam, atau warna yang kuat, seperti minuman berkarbonasi, permen, kopi, teh, dan anggur merah. Jika Anda mengonsumsi makanan atau minuman ini, segera berkumur dengan air setelahnya atau sikat gigi untuk mengurangi risiko terbentuknya karang gigi. Menghindari makanan yang bisa memicu tumbuhnya karang gigi menjadi salah satu pencegahan dan perawatan gigi berlubang alami. Jadi pastikan perhatikan pemilihan diet makanan yang lebih sehat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

6. Konsultasikan dengan dokter gigi

Jika Anda memiliki karang gigi yang sudah parah atau sulit dihilangkan dengan langkah-langkah di atas, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi. Dokter gigi dapat mengevaluasi kondisi gigi dan memberikan saran serta perawatan yang tepat, seperti perawatan pembersihan karang gigi yang lebih intensif atau pemutihan gigi untuk menghilangkan karang gigi hitam.

Inilah Dampak yang Terjadi Jika Karang Gigi Tidak Diperhatikan

Karang gigi pada dasarnya terbentuk dari plak yang mengeras. Plak sendiri adalah lapisan bening dan lengket yang terbentuk saat bakteri di mulut berinteraksi dengan air liur dan sisa makanan.

Karang gigi bisa muncul di antara gigi, di atas gusi, atau di bawah garis gusi. Ketika disentuh dengan lidah, karang gigi terasa kasar. Secara visual, karang gigi dapat terlihat dengan mata telanjang, memiliki warna putih kekuningan atau putih kecokelatan. Semakin gelap warnanya, semakin banyak plak yang menumpuk dan semakin tebal karang gigi tersebut.

Seiring berjalannya waktu, jika karang gigi dibiarkan tanpa penanganan, dapat memiliki dampak negatif pada penampilan gigi yang menjadi tidak menarik. Akan tetapi, konsekuensi ini hanyalah permukaan dari masalah yang lebih serius yang mungkin terjadi di masa depan. Diantaranya adalah bau mulut yang tidak sedap, penurunan gusi, radang gusi (gingivitis), gigi berlubang, dan bahkan penyakit gusi yang serius.

Jadi, menghilangkan karang gigi hitam membutuhkan kesabaran dan konsistensi. Penting untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut secara teratur serta mengikuti saran dan perawatan yang diberikan oleh dokter gigi. Dengan melaksanakan langkah-langkah di atas, Anda dapat menghilangkan karang gigi hitam secara efektif dan menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan optimal. Ingatlah bahwa mencegah karang gigi lebih baik daripada mengobatinya, jadi jaga kebersihan gigi Anda sehari-hari untuk menghindari masalah ini.

Ditinjau oleh: drg. Vashty Anastasia Josall

Resource:

  • “Karang Gigi” .Alodokter .Diakses Pada Juni 2023. https://www.alodokter.com/karang-gigi.
  • “Flouride” .www.nhs.uk. Diakses pada juni 2023 .https://www.nhs.uk/conditions/fluoride/.

Artikel Menarik Lain:

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami

Hubungi Kami disini...