Jenis Dokter Gigi Spesialis dan Tugasnya

Mengenal Dokter Gigi Spesialis
Date

Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang diperlukan dalam menunjang kegiatan sehari – hari. Gigi memiliki fungsi yang sangat penting antara lain dalam proses mengunyah makanan serta membantu agar dapat berbicara dengan jelas. Dengan pentingnya gigi untuk kehidupan sehari – hari maka menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi sangatlah penting dengan mengunjungi dokter gigi secara teratur minimal 2 kali dalam setahun.

Dokter spesialis gigi memiliki beberapa jenis bidang ilmu kedokteran gigi spesialis. Dimulai dari pendidikan dokter gigi umum, nantinya setiap dokter gigi umum dapat melanjutkan pendidikan dan memiliki spesialisasi dalam bidang ilmu kedokteran gigi tertentu.

Pada artikel ini kita akan mencoba membahas lebih lanjut mengenai apa saja jenis spesialisasi dalam bidang ilmu kedokteran gigi dan bagaimana ilmu ini akan membantu permasalahan gigi dan mulut kita. Diharapkan setelah membaca artikel ini anda bisa menentukan ke dokter gigi spesialis apa kita bisa berkonsultasi mengenai permasalahan gigi dan mulut kita.

Mari kita pelajari lebih lanjut !

Apa itu Dokter Gigi Spesialis?

Dokter gigi spesialis adalah dokter gigi yang mempelajari ilmu kedokteran gigi pada satu bidang khusus.

Beberapa di antara nya yaitu :

  1. Dokter gigi spesialis ortodonsia (Orthodontist) Sp.Ort yang fokus pada perawatan untuk meratakan ketidakteraturan susunan gigi dan menyelaraskan antara profil wajah, gigi dan rahang.
  2. Dokter gigi spesialis Periodonsia (Periodontist) dengan gelar Sp.Perio yang fokus pada perawatan jaringan penyangga gigi/jaringan periodontal termasuk gusi/gingiva.
  3. Dokter gigi spesialis prostodonsia (Prothodontist) dengan gelar Sp.Pros yang fokus pada upaya mengganti gigi yang hilang dengan membuat suatu gigi tiruan termasuk melakukan pemasangan implant dan pada masalah adanya kelainan pada pergerakan sendi rahang.
  4. Dokter gigi spesialis konservasi (Endodontist) yang fokus pada upaya perawatan untuk mempertahankan gigi selama mungkin di dalam rongga mulut.
  5. Dokter gigi spesialis bedah mulut (Sp.Bm) yang fokus pada upaya penanganan kasus gigi yang memerlukan pembedahan di rongga mulut serta melakukan rekonstruksi pada wajah dan rahang.
  6. Dokter gigi spesialis pedodonsia (Sp.KGA) yang fokus pada semua perawatan dan kasus pada gigi anak-anak. 

Perbedaan Dengan Dokter Gigi Umum

Perbedaan utama antara dokter gigi umum dan dokter gigi spesialis adalah bidang ilmu yang menjadi  konsentrasi atau fokus perhatian mereka. Dokter gigi umum adalah dokter gigi yang dapat melakukan dan  menangani masalah gigi dan mulut secara umum dan biasanya adalah kasus yang simpel.

Sebaliknya, dokter gigi spesialis adalah dokter gigi yang telah melanjutkan pendidikan spesialisasi dan dapat melakukan serta menangani masalah dalam 1 bidang khusus seperti ortodonti, periodonti, atau konservasi gigi. Kedokteran gigi spesialis berkonsentrasi pada permasalahan yang lebih kompleks dan lebih spesifik dibandingkan dokter gigi umum.

Jenis Dokter Gigi Spesialis

dokter gigi spesialis sedang berdiskusi

Secara umum ada 8 spesialisasi cabang ilmu kedokteran gigi. Setiap cabang spesialisasi ini memiliki ilmu dan keahlian pada bidang ilmu yang berbeda – beda. Selain itu lama masa pendidikan spesialisasi dokter gigi juga berbeda – beda, ada yang masa pendidikan nya lama dan ada yang lebih singkat. Mari kita lihat beberapa spesialisasi dalam bidang kedokteran gigi.

Spesialis Ortodonti (Sp. Ort)

Mungkin dokter gigi spesialis yang paling populer dan sering kita dengar adalah Spesialis Ortodonti (Sp. Ort) atau ortodontist.

Seorang ortodontist melakukan perawatan untuk memperbaiki ketidakteraturan susunan gigi dan menyelaraskan antara profil wajah, gigi dan rahang dengan menggunakan kawat gigi dan clear aligner.

Perbedaan kawat gigi dan aligner terletak antara lain pada bahan pembuat nya dan frekuensi kunjungan ke dokter gigi, namun kedua nya memiliki fungsi yang sama.

Spesialis Periodonsia (Sp. Perio)

Disebut  spesialis periodonsia atau periodontist karena menangani masalah yang terjadi pada jaringan periodontal atau jaringan penyangga gigi. Jaringan periodontal terdiri dari gusi/gingiva, ligamen periodontal, tulang alveolar dan sementum.

Bukan hanya melakukan perawatan pada masalah gusi bengkak dan gusi berdarah namun juga misalnya pada masalah gusi yang turun karena kehilangan perlekatan pada gigi, gigi yang goyang dan resorpsi tulang di sekitar gigi. 

Spesialis Prostodonsia (Sp. Pros)

Dokter spesialis prostodonsia atau prostodontist memiliki ilmu dan keterampilan untuk mengembalikan fungsi pengunyahan akibat gigi yang hilang dengan membuat suatu gigi tiruan baik gigi tiruan yang bisa dilepas pasang (removable) maupun yang cekat (fixed) termasuk melakukan pemasangan implant. Adanya gangguan pada pergerakan sendi rahang juga dapat dikonsultasikan dan dilakukan perawatannya di bawah pengawasan seorang prostodontist.

Spesialis Konservasi Gigi (Sp. KG)

Spesialis konservasi gigi (Endodontist) dapat menangani permasalahan gigi sehingga gigi tersebut dapat dipertahankan selama mungkin dalam rongga mulut. Misalnya dengan dilakukan penambalan,  perawatan saluran akar gigi melalui perawatan endodontik serta untuk pemenuhan fungsi estetika dokter gigi spesialis konservasi gigi juga dapat melakukan veneer dan pemutihan gigi.

Spesialis Bedah Mulut (Sp. BM)

Spesialiasi bedah mulut mengharuskan dokter gigi menempuh pendidikan yang cukup lama, yaitu biasanya dalam 5 tahun (10 semester). Bidang yang didalami antara lain pembedahan maksilofasial (pembedahan rahang dan rekonstruksi wajah).

Tugas medis dari seorang dokter spesialis bedah mulut (SpBM) antara lain pencabutan gigi dengan komplikasi, operasi gigi bungsu, penanganan tumor pada area wajah, operasi celah bibir, reposisi tulang rahang akibat kecelakaan, dan lain sebagainya.

Spesialis Kedokteran Gigi Anak (Sp. KGA)

Untuk masalah gigi dan mulut anak – anak biasanya ada spesialisasi tersendiri yaitu spesialis kedokteran gigi anak (pedodontist). Kondisi gigi dan mulut pada anak berbeda dengan kondisi orang dewasa, sehingga membutuhkan pendalaman ilmu pada gigi anak. Selain itu seorang pedodontist juga akan mempelajari faktor psikologi dan karakter anak sehingga dapat mengetahui cara menghadapi anak saat dilakukan pemeriksaan oleh seorang dokter gigi anak dalam memberikan perawatan yang tepat dan maksimal.

Spesialis Penyakit Mulut (Sp. PM)

Dengan ilmu yang dipelajari dapat menangani berbagai masalah pada jaringan lunak serta manifestasi penyakit sistemik dalam rongga mulut. Masalah yang paling umum terjadi misalnya sariawan. Dalam kasus yang lebih kompleks, dokter gigi spesialis penyakit mulut (Oral Medicine) juga bisa menangani penyakit pada lidah atau manifestasi dari kebiasan buruk atau penyakit lain yang menimbulkan masalah pada jaringan lunak dalam rongga  mulut.

Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi (Sp. RKG)

Dan akhirnya untuk spesialisasi terakhir adalah dokter gigi spesialis radiologi kedokteran gigi (Sp. RKG). Dokter ini bertugas untuk melakukan analisa dari hasil pemerikaaan radiologi (rontgen atau sinar-x) dengan mendeteksi kelainan pada struktur gigi, jaringan keras dan jaringan lunak  sebagai penunjang dari perawatan gigi dan mulut.

Walaupun setiap spesialisasi memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda – beda akan tetapi semua dokter gigi dapat bekerja sama satu sama lain secara lintas disiplin ilmu. Hal ini dilakukan untuk dapat menegakkan diagnosa dan merencanakan suatu perawatan yang tepat.

Sebagai contoh ketika seorang dokter gigi umum mendapati kecurigaan yang mengarah ke tumor atau kanker lidah, maka wajib merujuk pasien tersebut ke dokter gigi spesialis penyakit mulut untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sehingga dengan dilakukan nya rujukan tersebut dapat menegakkan diagnosa dengan lebih tepat.

Kenapa Mengenal Spesialisasi Kedokteran Gigi Penting?

ilustrasi

Mengetahui spesialisasi seorang dokter gigi menjadi sangat penting karena akan membantu anda menemukan dokter gigi yang tepat untuk mengatasi masalah kesehatan gigi dan mulut yang tidak dapat ditangani oleh seorang dokter gigi umum.

Misalnya jika memiliki masalah karang gigi, anda akan mencari seorang dokter gigi umum untuk melakukan pembersihan ringan. Jika karang gigi lebih serius maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis untuk perawatan periodonsia.

Begitu juga jika memiliki masalah gusi berdarah atau gigi yang goyang sebaiknya datang ke seorang periodontist yang telah memiliki ilmu dan ketrampilan yang lebih banyak dari seorang dokter gigi umum dalam mencari penyebab dan menemukan solusi dari permasalahan tersebut.

Mengetahui spesialisasi dokter gigi juga penting karena beberapa masalah gigi dan mulut memerlukan perawatan dalam waktu cepat. Segera setelah anda mengetahui masalah yang  dialami, anda dapat segera datang ke dokter untuk membantu mengatasi masalah dengan cepat.

Secara umum mengetahui spesialisasi dokter gigi akan membantu untuk mendapatkan perawatan oleh dokter gigi yang tepat dalam waktu yang cepat dan sesuai dengan kebutuhan permasalahan kesehatan gigi dan mulut, sehingga dapat meminimalkan risiko masalah kesehatan gigi dan mulut yang ada karena telah mendapatkan perawatan yang tepat.

Perawatan Kesehatan Gigi dan Mulut Bersama Klinik Mydents

Diharapkan dengan adanya pengetahuan mengenai dokter gigi umum dan berbagai jenis spesialisasi dokter gigi, kita menjadi lebih mudah mendapatkan solusi.

Anda tidak perlu khawatir untuk memutuskan mencari klinik gigi terdekat sesuai dengan permasalahan gigi dan mulut, karena mydentˢ dental care akan selalu memberikan pelayanan terbaik dari semua tim dokter yang telah berpengalaman.

Referensi:

  • “Dental Specialties”.  cda-adc.ca. Diakses pada 2023. https://www.cda-adc.ca/en/oral_health/specialties/.
  • “Jumlah Dokter Gigi Berdasarkan Kompetensi”. sertifikasi.pdgi.or.id. Diakses pada 2023. https://sertifikasi.pdgi.or.id/laporan/rekap-dokter-gigi.
  • “Difference between General Dentists and Dental Specialists”. libertyfamilydental.com. Diakses pada 2023. https://www.libertyfamilydental.com/difference-between-general-dentists-and-dental-specialists/.
  • “Cari Dokter Gigi”. sertifikasi.pdgi.or.id. Diakses pada 2023. https://sertifikasi.pdgi.or.id/cek-dokter-gigi.

Artikel Terkait Lain:

Konsultasikan Kesehatan Gigi Anda

Konsultasi seputar masalah kesehatan gigi dan mulut lain bersama dokter spesialis terbaik mydents.

INFO
artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo mydents dental care

Klinik mydentˢ dental care merupakan klinik dokter gigi keluarga dan estetika sejak tahun 2010. Dengan pelayanan profesional, klinik mydents dental care telah dipercaya oleh puluhan ribu pasien di wilayah Bintaro, Pamulang, Ciledug, Pesanggrahan dan Bekasi. Tim dokter gigi umum dan spesialis unggulan dari universitas ternama indonesia membuat klinik mydentˢ dental care yakin dapat menemukan solusi kesehatan gigi terbaik untuk anda dan keluarga. Biaya yang terjangkau dengan kualitas pelayanan ramah didukung dengan peratalan yang steril dan terupdate menjadikan mydents dental care sebagai klinik gigi yang dapat diandalkan dan dekat dihati.

Lokasi
Mydents Pamulang
Mydents Ciledug
Mydents Bekasi
Mydents Bintaro Sektor 9
Mydents Pesanggrahan
Social Media
© PT Mydents Medina Indonesia 2022. All Right Reserved
Hubungi Kami disini...