HomeKesehatan GigiCara Cara Mengatasi Gigi Sensitif

8 Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Ilustrasi Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Daftar Isi

Ilustrasi Gigi Berlubang (Cavity Teeth)

Pernahkah Anda merasakan gigi ngilu ketika mengkonsumsi makanan manis, dingin, panas, atau asam? Rasa tidak nyaman seperti ngilu di gigi ini biasanya disebut dengan gigi sensitif. Gigi sensitif biasanya terjadi karena menipisnya lapisan enamel sebagai lapisan terluar dari permukaan gigi.

Bila Anda memiliki gigi sensitif, maka harus segera mengatasinya. Bagaimana cara mengatasi gigi sensitif? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Hentikan sementara pemakaian produk pemutih gigi

Produk pemutih gigi tanpa supervisi dokter dapat menyebabkan gigi sensitif, oleh karenanya harus dihentikan untuk sementara waktu. Pastikan Anda hanya menggunakan produk yang direkomendasikan oleh dokter gigi Anda.

Mengurangi penggunaan pemutih gigi secara berlebihan dapat mengurangi sensitivitas pada gigi.

Penambalan gigi berlubang

Gigi berlubang dapat menyebabkan sensitivitas dan rasa sakit secara signifikan. Kami merekomendasikan Anda ke dokter gigi untuk menambal lubang gigi. Perawatan gigi berlubang yang baik akan membantu mengurangi gigi sensitif. Segara konsulitasikan dengan dokter terbaik yang ada di sekitar Anda.

Perkuat enamel gigi dengan perawatan menggunakan fluoride

Fluoride membantu remineralisasi (peletakan kembali mineral-mineral penyusun enamel gigi) sehingga memperkuat struktur enamel. Anda dapat melakukan fluoride treatment di dokter gigi dan dapat diresepkan obat kumur.

Menggunakan pasta gigi yang mengandung desensitisasi

Pasta gigi yang dibuat secara khusus untuk mengurangi sensitivitas gigi seringkali mengandung fluoride dan bahan aktif lainnya yang dapat menyumbat tubulus dentin dan  meneruskan rasa ngilu ke syaraf gigi. Pasta gigi ini juga mengandung potasium nitrat yang dapat memblokir sinyal rasa sakit ke otak. Perlu diingat hal ini tidak memperbaiki gigi berlubang dan trauma gigi lainnya namun membantu masalah gigi sensitif dalam kasus ringan.

Menutupi permukaan akar yang terbuka dengan bahan tambal

Resesi gusi dapat terjadi secara alami seiring bertambahnya usia. Hal ini juga bisa terjadi karena adanya penyakit pada gusi yang dapat menyebabkan gusi bergeser ke arah akar gigi dari posisi awal nya pada permukaan akar gigi. Selain mengobati penyakit yang mendasarinya, pada kasus ringan dapat dilakukan penambalan pada akar terbuka.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Perbaiki resesi gusi dengan metode cangkok gusi

Resesi gusi yang parah dapat menyebabkan gusi bergeser ke arah akar gigi dan mengekspos sebagian besar akar gigi menjadi penyebab gigi sensitif.Untuk mengatasinya dapat dilakukan pencangkokan gusi. Perawatan ini memberikan lebih banyak jaringan pendukung pada gigi Anda, sehingga gigi tidak akan bergeser. Disarankan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi spesialis periodonsi.

Gunakan night guard untuk melindungi gigi

Menggeretakkan gigi saat tidur memberi tekanan pada jaringan pendukung gigi Anda. Jika hal ini berlangsung lama enamel akan menjadi retak dan gigi menjadi sensitif, gigi dapat menjadi  goyang karena kerusakan jaringan pendukung. Saat bangun tidur terasa nyeri pada otot wajah dan otot rahang.

Kerusakan biasanya terjadi pada gigi geraham. Dokter akan menyarankan pemakaian Night guard untuk menghilangkan tekanan ke gigi Anda saat tidur..

Melakukan perawatan saluran akar gigi atau root canal

Secara anatomi bagian tengah dari akar gigi Anda diisi oleh pembuluh darah dan jaringan syaraf, serta didukung oleh jaringan periodonsium yaitu gusi, tulang alveolar, ligamen periodontal dan sementum. Bila mengalami gigi sensitif diiringi rasa sakit spontan dan ada lubang gigi yang tidak dirawat maka perawatan saluran akar dapat menjadi pilihan perawatan.

Perawatan saluran akar gigi dapat menghilangkan infeksi saluran akar dan menghilangkan rasa sakit.

Itu dia beberapa cara yang dapat Anda lakukan ketika memiliki gigi sensitif. Jika gigi sensitif sudah menimbulkan beberapa komplikasi seperti gangguan tidur berlebih atau sulit untuk makan, maka sebaiknya Anda bergegas untuk melakukan konsultasi ke dokter gigi.

Di klinik dokter gigi mydents, Anda akan mendapatkan berbagai layanan untuk merawat gigi Anda yang bermasalah. Segera kunjungi klinik Mydents terdekat atau hubungi kontak klinik kami yang tertera di website.

Referensi:

  • “Surgical Procedures”. American Academy of Periodontology. Diakses Pada 2023. https://www.perio.org/for-patients/periodontal-treatments-and-procedures/surgical-procedures/.

Informasi Menarik Lainnya:

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami

logo mydents dental care

Klinik mydentˢ dental care merupakan klinik dokter gigi keluarga dan estetika sejak tahun 2010. Dengan pelayanan profesional, klinik mydents dental care telah dipercaya oleh puluhan ribu pasien di wilayah Bintaro, Pamulang, Ciledug, Pesanggrahan dan Bekasi. Tim dokter gigi umum dan spesialis unggulan dari universitas ternama indonesia membuat klinik mydentˢ dental care yakin dapat menemukan solusi kesehatan gigi terbaik untuk anda dan keluarga. Biaya yang terjangkau dengan kualitas pelayanan ramah didukung dengan peratalan yang steril dan terupdate menjadikan mydents dental care sebagai klinik gigi yang dapat diandalkan dan dekat dihati.

Lokasi
Mydents Pamulang
Mydents Ciledug
Mydents Bekasi
Mydents Bintaro Sektor 9
Mydents Pesanggrahan
Social Media
© PT Mydents Medina Indonesia 2022. All Right Reserved
Hubungi Kami disini...