HomeKesehatan GigiPerawatan Saluran Akar (PSA)

Perawatan Saluran Akar Gigi (PSA): Proses dan Manfaatnya

Memahami Perawatan Saluran Akar gigi

Daftar Isi

Mungkin beberapa dari anda bertanya – tanya apa sih yang dimaksud dengan Perawatan Saluran Akar atau PSA pada gigi ? Dan kapan kita membutuhkannya ?

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai Perawatan Saluran Akar atau root canal treatment secara lebih lengkap.

Apa itu Perawatan Saluran Akar Gigi (PSA)?

pengertian perawatan saluran akar gigi

Perawatan saluran akar gigi atau Root Canal Treatment adalah prosedur medis yang dilakukan untuk mengatasi infeksi atau peradangan di dalam saluran akar gigi, dimana terdapat jaringan syaraf dan juga pembuluh-pembuluh darah.

Tujuan dari perawatan saluran akar adalah menghilangkan infeksi  di saluran akar gigi, juga dikenal sebagai perawatan endodontik dan dilakukan agar gigi tetap dapat dipertahankan dalam mulut tidak harus dicabut.

Dalam perawatan ini dokter gigi endodontist akan mengambil dan membersihkan semua jaringan yang terinfeksi pada saluran akar gigi kemudian mengisi saluran akar gigi yang telah bersih tersebut dengan bahan medis yang disebut gutta-percha.

Setelah perawatan saluran akar selesai, gigi akan dipasang dowel crown (mahkota) gigi, onlay atau ditambal dengan bahan tambal yaitu resin komposit, tergantung dari luas nya kerusakan sehingga dapat mengembalikan bentuk dan ukuran gigi.

Crown dan onlay bukan sejenis bahan tambal tetapi merupakan suatu hal yang dinamakan restorasi sehingga gigi dapat dikembalikan ke bentuk dan ukuran yang normal.

Berapa Kali Proses Perawatan Saluran Akar Gigi?

Proses Perawatan Saluran Akar (PSA), yang juga dikenal sebagai akarotomi atau perawatan saluran akar, bisa melibatkan beberapa tahap tergantung pada kondisi gigi dan kompleksitas masalahnya. Biasanya, Perawatan Saluran Akar (PSA) dapat memerlukan satu hingga beberapa kunjungan ke dokter gigi. Berikut adalah tahapan umum dalam proses perawatan lengkap:

  • Anamnesa dan pemeriksaan: sama seperti sakit gigi lain nya, dokter gigi akan menanyakan dan mencatat keluhan dilanjutkan melakukan pemeriksaan ke dalam rongga mulut (intra oral) dan di luar rongga mulut (ekstra oral) apabila terjadi pembengkakan ke area wajah.
  • Kemudian akan dilakukan pengambilan foto rontgen pada gigi yang menjadi penyebab keluhan. Dari foto rontgen akan diketahui sejauh mana kedalaman lubang atau karies gigi, apakah sudah meluas sampai ke kamar pulpa dan menyebabkan kerusakan jaringan di dalam saluran akar gigi.
  • Anastesi: bila diperlukan sebelum perawatan dokter akan memberikan obat bius lokal atau anestesi lokal di sekitar gigi untuk mengurangi rasa sakit yang mungkin timbul saat dilakukan perawatan.
  • Pemasangan Rubber Dam: sebelum memulai perawatan dokter akan meletakkan suatu lembaran tipis berbahan dasar karet yang berfungsi sebagai isolator atau pemisah antara gigi yang hendak dilakukan perawatan dengan sekitarnya. Dengan pemasangan rubber dam diharapkan gigi tetap dalam kondisi kering dan bersih serta steril dari air liur (saliva) dan mikro organisme (bakteri).
  • Pembuatan akses / jalan masuk: selanjutnya dibuat akses berupa lubang di permukaan gigi dengan menggunakan bur dengan tujuan agar alat yang akan digunakan dalam perawatan dapat mencapai ke kamar pulpa dan kemudian ke saluran akar.
  • Pembersihan saluran akar: setelah pembuatan akses selesai dan cukup, menggunakan alat bernama K-file yaitu berupa jarum kecil dilakukan pembersihan saluran akar. Pembersihan dilakukan secara menyeluruh di dalam saluran akar sehingga bebas dari jaringan mati (nekrosis) dan bakteri yang menyebabkan infeksi. Pembersihan saluran akar juga dibarengi dengan irigasi atau memasukkan cairan ke saluran akar menggunakan jarum suntik kecil.
  • Pengisian saluran akar: setelah dibersihkan, saluran akar kemudian diisi dengan bahan medis bernama gutta percha. Pengisian dilakukan hingga semua saluran akar terisi penuh dan rapat tanpa celah. Hasil akhir pengisian saluran akar dapat di cek melalui pengambilan foto rontgen kembali.
  • Penutupan akses: selesai pengisian saluran akar akses akan ditutup dengan bahan tambal sementara yang bertujuan untuk melindungi saluran akar yang sudah bersih dengan mencegahnya dari kontaminasi bakteri.
  • Tahap akhir: pada tahap akhir gigi yang telah dilakukan perawatan saluran akar perlu dibuatkan suatu restorasi yaitu salah satu antara dowel crown atau onlay agar gigi dapat berfungsi normal dan maksimal untuk fungsi pengunyahan serta memperbaiki bentuk dan ukuran gigi.
  • Kontrol Kembali: Setelah perawatan selesai, dokter gigi akan memantau perkembangan dan memeriksa apakah perawatan saluran akar telah berhasil.
  • Tindak Lanjut: Dalam beberapa kasus, tindak lanjut mungkin diperlukan untuk memastikan perawatan saluran akar berhasil dan tidak ada masalah baru yang muncul.

Jumlah kunjungan yang dibutuhkan untuk perawatan saluran akar gigi dapat bervariasi. Pada kebanyakan kasus, perawatan ini dapat selesai dalam 1 hingga 3 kunjungan. Namun, jika gigi memiliki masalah yang lebih kompleks atau infeksi yang parah, prosesnya bisa lebih lama. Penting untuk mengikuti semua instruksi dokter gigi Anda dan menjadwalkan kunjungan rutin untuk memantau perkembangan dan kesehatan gigi Anda setelah perawatan saluran akar gigi selesai.

Apakah Perawatan Saluran Akar Harus Rontgen?

gambar rontgen gigi

Ya, dalam kebanyakan kasus, pemeriksaan rontgen adalah bagian penting dari perawatan saluran akar gigi. Rontgen digunakan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang struktur gigi, saluran akar, dan jaringan sekitarnya. Hal ini membantu dokter gigi untuk mendiagnosis masalah dengan lebih akurat dan merencanakan perawatan yang tepat.

Baca Juga Artikel: 6 Cara Menghilangkan Karang Gigi Hitam Secara Efektif

Apa Yang Terjadi Jika Tidak Dilakukan Perawatan Saluran Akar?

Jika tidak dilakukan perawatan saluran akar pada gigi yang memerlukan tindakan ini, beberapa konsekuensi serius dapat terjadi. Perawatan saluran akar diperlukan ketika infeksi atau kerusakan gigi telah mencapai akar dan jaringan dalam yang sensitif. Jika perawatan saluran akar diabaikan, berikut adalah beberapa hal yang dapat terjadi:

  • Nyeri yang Parah: Infeksi pada gigi yang mempengaruhi jaringan pulpa (jaringan dalam gigi yang mengandung saraf dan pembuluh darah) dapat menyebabkan nyeri yang parah dan konstan. Nyeri ini dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari Anda dan memerlukan pengobatan nyeri yang berkelanjutan.
  • Infeksi yang Menyebar: Infeksi pada gigi yang tidak diobati dapat menyebar ke jaringan sekitarnya, termasuk gusi, tulang rahang, dan bahkan ke area wajah dan leher. Infeksi yang menyebar dapat menyebabkan pembengkakan, pembentukan abses pada gigi, dan kondisi kesehatan yang lebih serius.
  • Kerusakan Gigi yang Lebih Parah: Kerusakan yang sudah ada pada gigi dapat menjadi lebih buruk seiring berjalannya waktu. Lubang dan retakan pada gigi dapat membesar dan merusak lebih banyak struktur gigi, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.
  • Kehilangan Gigi: Jika infeksi atau kerusakan gigi dibiarkan tanpa pengobatan yang tepat, gigi tersebut mungkin perlu ditarik (ekstraksi) untuk mencegah penyebaran infeksi dan masalah yang lebih besar.
  • Kerusakan Tulang Rahang: Infeksi yang tidak diobati dapat merusak tulang rahang di sekitar gigi yang terinfeksi. Hal ini dapat menyebabkan penipisan tulang rahang dan menyebabkan masalah kesehatan rahang yang serius.
  • Mengganggu Kesehatan Umum: Infeksi gigi yang tidak diobati dapat mempengaruhi kesehatan umum Anda. Infeksi dapat menyebar melalui aliran darah dan mempengaruhi organ lain dalam tubuh.
  • Biaya Perawatan Lebih Lanjut: Jika infeksi dan kerusakan gigi dibiarkan tanpa pengobatan, Anda mungkin akhirnya memerlukan perawatan yang lebih intensif, seperti operasi bedah atau pengobatan infeksi lebih lanjut.

Kapan Kita Harus Melakukan Perawatan Saluran Akar Gigi?

Perawatan saluran akar dilakukan jika bakteri pada gigi yang berlubang menyebar ke saluran akar gigi dan menyebabkan sakit yang terus menerus karena adanya infeksi di dalam saluran akar.

Dalam perawatan ini dokter gigi akan mengambil dan membersihkan semua jaringan yang terinfeksi pada saluran akar gigi.

Beberapa gejala sebagai indikasi bahwa gigi tersebut membutuhkan perawatan saluran akar antara lain:

  • Rasa sakit pada gigi dan berdenyut yang hebat
  • Rasa sakit pada gigi dan berdenyut yang terus menerus
  • Pembengkakan atau peradangan di jaringan lunak sekitar gigi
  • Tumbuh daging di lubang gigi (polip pulpa)
  • Warna gigi berubah menjadi hitam

Apabila anda mengalami salah satu dari gejala seperti di atas segera datang ke dokter gigi dan dokter gigi akan melakukan tindakan darurat (emergency) untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan.

Didukung oleh pemeriksaan radiologis (foto rontgen), dari  gejala tersebut dapat ditegakkan suatu diagnosa yang akurat sehingga perawatan nya pun tepat.

Jangan Lewatkan: Tips Memilih Dokter Gigi Spesialis Anak

Apakah Saat Perawatan Saluran Akar Gigi Sakit?

seorang perempuan terlihat sakit gigi

Proses perawatan saluran akar gigi biasanya dilakukan dengan pemberian anestesi lokal untuk memastikan Anda merasa minim atau tidak merasakan nyeri selama prosedur. Oleh karena itu, sebagian besar pasien tidak merasakan sakit saat proses perawatan saluran akar berlangsung. Namun, penting untuk diingat bahwa setiap individu dan situasi mungkin berbeda, dan pengalaman nyeri dapat bervariasi.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin Anda rasakan selama dan setelah perawatan saluran akar:

  • Anestesi: Dokter gigi akan memberikan anestesi lokal pada area sekitar gigi yang akan dikerjakan. Ini akan membuat area tersebut mati rasa sehingga Anda tidak akan merasakan nyeri selama prosedur.
  • Sensasi Tekanan: Selama proses pembersihan dan pengisian saluran akar, Anda mungkin akan merasakan sensasi tekanan saat dokter gigi menggunakan alat khusus untuk membersihkan dan mengisi saluran akar. Ini adalah sensasi fisik biasa dan bukan nyeri.
  • Sensitivitas Setelah Anestesi: Setelah anestesi mulai memudar setelah perawatan, Anda mungkin merasa sedikit sensitif pada area yang diperlakukan. Ini adalah respons normal dan umumnya akan mereda seiring waktu.
  • Sensitivitas Pasca Perawatan: Setelah perawatan selesai, beberapa pasien mungkin mengalami sedikit nyeri atau sensasi ringan selama beberapa hari. Dokter gigi Anda mungkin akan meresepkan obat pereda nyeri atau memberikan panduan untuk mengurangi ketidaknyamanan ini.
  • Pemulihan: Kebanyakan pasien merasa kembali normal dalam beberapa hari setelah perawatan. Namun, jika nyeri berlanjut atau semakin parah, penting untuk segera menghubungi dokter gigi Anda.

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang nyeri atau ketidaknyamanan selama perawatan saluran akar, jangan ragu untuk berbicara dengan dokter gigi Anda sebelum prosedur dimulai. Dokter gigi akan menjelaskan prosesnya, memberikan informasi tentang anestesi, dan menjawab pertanyaan Anda untuk membantu Anda merasa lebih nyaman selama perawatan.

Persiapan Sebelum Melakukan Perawatan Saluran Akar

Walaupun tidak membutuhkan persiapan khusus, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan sebelum melakukan PSA agar bisa lebih berjalan lebih lancar. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter gigi Anda untuk list lebih spesifik sesuai kebutuhan. 

Konsultasi Dengan Dokter Gigi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan konsultasi dengan dokter gigi. Dari sini akan diketahui mengenai proses perawatan saluran akar gigi atau root canal yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada tahap ini juga akan diketahui prosedur apa yang akan dilakukan kemudian apa yang harus dihindari secara spesifik.

Menghindari Konsumsi Alkohol dan Rokok

Kandungan yang ada di dalam alkohol dan juga rokok bereaksi kurang baik terhadap proses anestesi saluran akar. Hal ini bisa meningkatkan resiko inflamasi di dalam mulut dan di seluruh tubuh. 

Untuk hasil yang lebih optimal dengan pemulihan lebih cepat, biasanya dokter gigi akan menyarankan untuk tidak mengkonsumsi alkohol ataupun produk tembakau dalam bentuk apapun selama 24 jam sebelum melakukan perawatan saluran akar. 

Meminum Obat Yang Diintruksikan

Pada kasus tertentu, mungkin dokter akan memberikan resep obat antiinflamasi sebelum memulai proses perawatan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pembengkakan yang menimbulkan rasa sakit dan rasa tidak nyaman. Sekali lagi, konsultasikan dengan dokter gigi Anda untuk mengetahui prosedur yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan. 

Istirahat Yang Cukup

Istarahat yang cukup menjadi salah satu obat alami dalam setiap kesempatan. Jika kita bisa memiliki waktu cukup dalam beristirahat maka proses penyembuhan akan lebih cepat. Faktanya, penyembuhan terjadi saat kita tidur, jadi pastikan untuk memiliki waktu tidur yang cukup terutama sebelum dan sesudah melakukan PSA.

Setelah Perawatan Saluran Akar Gigi

ilustrasi gigi untuk root canal treatment

Setelah melakukan perawatan saluran akar gigi, Anda harus melakukan beberapa tindakan untuk memastikan pemulihan yang optimal dan menjaga kesehatan gigi Anda.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan setelah perawatan saluran akar gigi:

  • Makanan dan minuman: Hindari makan makanan keras atau lengket setelah perawatan saluran akar. Cobalah untuk menghindari menggigit atau mengunyah dengan gigi yang baru saja dirawat agar tidak membebani gigi tersebut. Selain itu, hindari makanan atau minuman yang sangat panas atau sangat dingin karena gigi yang dirawat mungkin lebih sensitif untuk sementara waktu.
  • Penghilang rasa sakit: Paska perawatan saluran akar, Anda mungkin mengalami sedikit ketidaknyamanan atau nyeri. Dokter gigi biasanya akan memberikan obat penghilang rasa sakit atau rekomendasi penghilang rasa sakit yang aman untuk membantu meredakan rasa sakit. Jika obat yang diresepkan habis, hubungi dokter gigi Anda untuk mendapatkan penggantinya.
  • Kebersihan gigi yang baik: Pastikan untuk menjaga kebersihan gigi yang baik dengan menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan daerah antara gigi menggunakan benang gigi. Kebersihan yang baik akan membantu mencegah infeksi dan masalah gigi lebih lanjut. Hindari menyikat gigi terlalu keras di area yang dirawat untuk menghindari iritasi.
  • Hindari tekanan berlebih: Usahakan untuk menghindari tekanan berlebih pada gigi yang baru saja dirawat. Misalnya, hindari mengigit benda-benda keras atau menggunakan gigi Anda untuk membuka benda-benda seperti tutup botol.
  • Pantau perkembangan dan gejala: Perhatikan bagaimana gigi Anda bereaksi setelah perawatan saluran akar. Jika Anda mengalami pembengkakan, rasa sakit yang parah, atau gejala lain yang tidak biasa, segera hubungi dokter gigi Anda. Gejala ini mungkin menandakan adanya komplikasi atau infeksi yang memerlukan penanganan lebih lanjut.
  • Hindari makan dari sisi gigi yang dirawat: Setidaknya sementara waktu, hindari mengunyah makanan dengan sisi gigi yang telah dirawat. Lebih baik menggunakan gigi di sisi lain untuk mengurangi risiko merusak gigi yang baru saja dirawat.
  • Kunjungan tindak lanjut: Penting untuk mengikuti jadwal kunjungan tindak lanjut yang ditentukan oleh dokter gigi. Dalam beberapa kasus, lebih dari satu kunjungan mungkin diperlukan untuk menyelesaikan perawatan saluran akar dengan sempurna.

Ingatlah bahwa perawatan saluran akar biasanya berhasil dalam menyelamatkan gigi dan mencegah hilangnya gigi. Tetapi tetap penting untuk mengikuti instruksi dokter gigi Anda dan menjaga kebersihan gigi dengan baik untuk memastikan pemulihan yang optimal dan mencegah masalah gigi yang lebih serius di masa depan.

Manfaat Melakukan Perawatan Saluran Akar Gigi

PSA atau perawatan saluran akar memiliki beberapa manfaat, yaitu antara lain sebagai berikut:

  • Mempertahankan gigi dalam rongga mulut: walaupun gigi dengan karies gigi atau lubang yang besar tetap dapat dipertahankan.
  • Dengan tetap mempertahankan gigi dalam rongga mulut maka kemungkinan gigi harus dicabut akan berkurang.
  • Mencegah penyebaran infeksi: yaitu penyebaran infeksi dari saluran akar ke jaringan lunak sekitarnya.
  • Menghilangkan rasa sakit yang hebat yang terjadi terus menerus.

Dengan adanya beberapa manfaat di atas, perawatan saluran akar dapat menjadi pilihan perawatan bagi masalah kesehatan gigi dan mulut, namun tentu tetap ada indikasi medis nya sebelum diputuskan akan dilakukan suatu perawatan.

Perawatan Bersama Mydents

perawatan saluran akar gigi di mydents

Rasa sakit pada gigi memang sangat sulit untuk ditahan sehingga pemeriksaan lebih lanjut saat sakit gigi memang perlu segera untuk dilakukan. Mydents memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin melakukan Root Canal Treatment atau berkonsultasi seputar masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.

Dengan didukung tehnologi terbaru dalam pengerjaan perawatan saluran akar (PSA), mydents siap melayani dan menjadi solusi dari permasalahan gigi anda.

Ilmu serta skill tim dokter gigi umum dan dokter gigi spesialis kami senantiasa ditingkatkan, juga telah berpengalaman dalam bidangnya masing-masing, profesional serta ramah dan bersahabat.

Jangan menunda datang ke dokter gigi untuk melakukan check-up rutin setiap 6 bulan sekali atau melakukan perawatan segala permasalahan gigi dan mulut anda.

Kami tunggu kehadiran semua teman mydents di cabang terdekat…..

Informasi Terkait Lain

Referensi

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami

Hubungi Kami disini...