layanan gigi tiruan palsu mydents

Hasil Perawatan

Apa Itu Gigi Tiruan?

Gigi yang tidak lengkap memang mengganggu proses mengunyah makanan. Namun, tenang saja, masalah tersebut bisa diatasi dengan menggunakan gigi tiruan. Gigi Tiruan adalah alat bantu untuk menggantikan gigi yang hilang dan jaringan gusi di sekelilingnya. Penggunaan gigi tiruan dapat mengatasi keluhan yang muncul akibat gigi hilang, seperti gangguan makan dan berbicara, serta menurunnya rasa percaya diri. Gigi tiruan dibagi menjadi dua jenis, yaitu gigi tiruan permanen dan gigi tiruan yang dapat dilepas sewaktu-waktu.
foto ilustrasi mencintai gigi

Manfaat Menggunakan Gigi Tiruan

Berikut manfaat yang bisa diperoleh dari pemakaian gigi tiruan bagi orang yang giginya hilang:

Kenapa Harus Pasang Gigi Tiruan di Mydents?

kenapa harus pasang gigi tiruan di mydents?
kenapa harus pasang gigi tiruan di mydents?

Jenis-Jenis Gigi Tiruan di Mydents

Jenis gigi tiruan yang ada di mydentˢ terbagi menjadi dua kelompok utama, yaitu :

1. Gigi Tiruan Lepasan

Gigi tiruan lepasan kadang disebut sebagai gigi tiruan lepas pasang. Gigi tiruan lepasan merupakan gigi tiruan yang mudah dilepas dan dipasang sendiri oleh penggunanya. Biasanya pengguna gigi tiruan ini melepas gigi tiruannya sebelum tidur untuk disikat dan mereka akan memakai kembali esok paginya.

Gigi tiruan lepasan bisa berupa gigi tiruan penuh atau hanya sebagian. Secara umum, ada tiga jenis bahan gigi tiruan lepasan, yaitu Akrilik, Valplast (Flexi Denture), dan Thermocent. Berikut penjelasannya!

gigi palsu lepasan akrilik

Akrilik

Dapat dikatakan gigi tiruan lepasan berbahan akrilik paling murah dibanding jenis bahan lainnya. Gigi tiruan ini menggunakan plat akrilik yang sewarna gusi dan kawat untuk mengaitkan gigi palsu dengan gigi asli.

gigi palsu valplast

Valplast (Flexi Denture)

Seperti bahan akrilik, gigi tiruan plat valplast juga sewarna gusi tetapi bersifat sangat lentur dan tipis sehingga nyaman digunakan. Gigi tiruan jenis ini tidak membutuhkan kawat sebagai penyangga ke gigi asli. 

gigi palsu thermosens

Thermocent

Gigi tiruan lepasan plat thermocent termasuk salah satu jenis gigi tiruan terbaru dan terfavorit. Mirip dengan valplast karena cukup fleksibel, tetapi sangat kuat dan bisa menggantikan kehilangan banyak gigi.

2. Gigi Tiruan Permanen

Selain gigi palsu lepasan, ada juga gigi palsu permanen yang tidak bisa dilepas karena pada pemasangannya direkatkan menggunakan semen gigi. Sejauh ini ada 3 macam gigi palsu permanen yang sudah dikenal yaitu implant, crown, dan bridge. Berikut penjelasannya!

ilustrasi gigi palsu tiruan implan

Dental Implant

Pemasangan Dental Implant (Implan Gigi) dilakukan dengan menanam gigi tiruan permanen ke gusi. Prosesnya dilakukan dalam 2 tahap, yaitu tahap pertama implant dan tahap kedua crown dan abutment. Diperlukan waktu minimal 1-2 bulan untuk pemasangan hingga selesai. Kelebihan gigi tiruan ini adalah tampilannya yang seperti gigi asli.

ilustrasi dental bridge gigi tiruan

Dental Bridge

Gigi tiruan jembatan (Dental Bridge) diperuntukkan bagi orang yang kehilangan satu gigi atau lebih. Dental bridge biasanya dipasang dan disangga oleh gigi-gigi di sebelahnya. Oleh karena itu, gigi-gigi tersebut perlu diperkecil dan dipasangkan crown.

crown gigi atau gigi tiruan crown

Dental Crown

Dental Crown bisa menjadi alternatif bagi orang dengan gigi keropos. Itu karena crown bisa dipasang untuk menggantikan mahkota gigi yang rusak akibat keropos, berlubang, dan sebagainya. Perlu diketahui bahwa crown hanya mengganti mahkota gigi sehingga akar giginya harus tetap ada.

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami ...