Rekomendasi Makanan dan Minuman untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Ilustrasi Makanan untuk Menjaga Kesehatan Gigi
Date

Gigi dan mulut yang sehat bukan hanya memberikan tampilan yang menarik, namun juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selain rutin menggosok gigi dan membersihkan lidah, kita juga perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut :

1. Keju

Keju mengandung kalsium dan fosfat yang baik untuk memperkuat struktur gigi dan tulang dan mengurangi resiko kerusakan gigi. Mengunyah keju dapat menstimulasi produksi air liur yang dapat menetralisir pH rongga mulut dan mengurangi suasana asam dalam rongga mulut.

2. Buah dan sayuran renyah

Buah dan sayur merupakan asupan yang kaya serat. Mengunyah makanan berserat dapat menstimulasi aliran air liur. Alir liur dapat menetralisir suasana  asam dalam rongga mulut penyebab kerusakan gigi. Hal ini tentunya berdampak untuk mengurangi risiko gigi berlubang.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kenari, dan kacang tanah, mengandung kalsium, fosfor dan vitamin D yang membantu menghilangkan plak dan sisa-sisa makanan pada gigi.  Kacang-kacangan dapat dijadikan sebagai camilan sehat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

4. Teh hijau

Teh hijau memiliki ‘polifenol‘ yang bersifat anti bakteri sehingga bisa menjadi salah satu cara perawatan gigi berlubang dengan mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab penyakit mulut. Teh hijau juga dikatakan dapat mencegah bau mulut, loh.

Baca Juga: Berapa Biaya Perawatan Gigi Berlubang?

5. Sayuran berdaun hijau

Kaya akan vitamin dan mineral, sayuran berdaun hijau seperti kangkung, brokoli, bayam, pakcoy dan lainnya sangat baik untuk kesehatan mulut. Kalsium dan asam folat dalam jumlah tinggi yang ditemukan dalam makanan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mulut Anda.

Selain kelima rekomendasi makanan dan minuman di atas, minum air putih setelah makan atau juga ngemil dapat membantu menghilangkan sisa-sisa makanan dari gigi dan mencegah mulut menjadi kering, yang nantinya dapat menyebabkan masalah gigi dan mulut. Air putih membantu mengatur pH rongga mulut mulut dan melarutkan asam yang dapat merusak gigi. Disarankan mengkonsumsi air putih yang cukup sepanjang hari.

Sangat perlu mengurangi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi seperti permen, kue, dan minuman bersoda. Makanan dan minuman yang berkadar gula tinggi mengandung tinggi asam yang dapat melarutkan mineral penyusun enamel gigi. Jangan lupa juga untuk tidak merokok!

Jika Anda menginginkan gigi dan mulut yang lebih sehat dan bersih, Anda dapat melakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin di klinik dokter gigi terdekat. Kami di Mydents dental care memiliki staf yang andal dan profesional untuk memenuhi kebutuhan perawatan gigi semua anggota keluarga Anda. Kunjungi klinik dokter gigi kami untuk melakukan pemeriksaan gigi Anda.  Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!

Referensi:

  • “Buku Pedoman dan Tatalaksana Praktik Kedokteran Gigi: Andrianto Soeprapto”.
  • “Aktivitas Antioksidan dan Antimikrobial pada Polifenol Teh Hijau”. Unila.ac.id. Diakses pada 2023.http://repository.lppm.unila.ac.id/12899/1/2116-2835-1-PB.pdf.
  • “Mengintip Berbagai Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan”. yankes.kemkes.go.id. Diakses pada 2023. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/977/mengintip-berbagai-manfaat-teh-hijau-untuk-kesehatan.
  • “The effect of cheese on dental caries: a review of the literature”. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/. Diakses pada 2023. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/1877906/.

Informasi Terkait Lain:

Konsultasikan Kesehatan Gigi & Mulut Anda

Ke klinik dokter gigi terpercaya dan profesional mydents.

INFO
artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo mydents dental care

Klinik mydentˢ dental care merupakan klinik dokter gigi keluarga dan estetika sejak tahun 2010. Dengan pelayanan profesional, klinik mydents dental care telah dipercaya oleh puluhan ribu pasien di wilayah Bintaro, Pamulang, Ciledug, Pesanggrahan dan Bekasi. Tim dokter gigi umum dan spesialis unggulan dari universitas ternama indonesia membuat klinik mydentˢ dental care yakin dapat menemukan solusi kesehatan gigi terbaik untuk anda dan keluarga. Biaya yang terjangkau dengan kualitas pelayanan ramah didukung dengan peratalan yang steril dan terupdate menjadikan mydents dental care sebagai klinik gigi yang dapat diandalkan dan dekat dihati.

Lokasi
Mydents Pamulang
Mydents Ciledug
Mydents Bekasi
Mydents Bintaro Sektor 9
Mydents Pesanggrahan
Social Media
© PT Mydents Medina Indonesia 2022. All Right Reserved
Hubungi Kami disini...