HomeVeneer GigiHarga Veneer Gigi

Ternyata Murah, Harga Veneer Gigi di Klinik Terbaik Hanya Segini

Harga Veneer Gigi di Klinik Terbaik Hanya Segini

Daftar Isi

Veneer adalah proses pelapisan gigi menggunakan cangkang tipis khusus sesuai bahan untuk tujuan estetika (keindahan) serta mengatasi masalah ketidaksempurnaan pada gigi.

Harga veneer gigi di berbagai klinik terbaik ternyata cukup affordable dan terjangkau. Berapa biaya veneer gigi? Perhitungan biaya tergantung pada jenis bahan veneer dan berapa buah gigi yang akan dilakukan tindakan.

Ya, biaya veneer gigi dihitung per gigi, bukan per melakukan veneer keseluruhan.

Mengingat salah satu tujuannya untuk memperbaiki estetika gigi. Maka banyak pertimbangan sebelum melakukannya, seperti memilih bahan veneer dan warna yang sesuai.

Pada kesempatan kali ini, Mydents Dental Care akan menjabarkan apa saja informasi tentang veneer gigi sebelum Anda melakukannya.

Harga Veneer Gigi, Persiapan dan Pertimbangan

Sama-sama bisa untuk memutihkan gigi, lantas apa bedanya veneer dengan bleaching gigi?

Veneer gigi dilakukan dengan cara menempelkan lapisan cangkang tipis berbahan porselen atau komposit.

Sedangkan bleaching gigi memutihkan gigi dengan cara mengaplikasikan bahan khusus bleaching (hidrogen peroksida) pada gigi sehingga terjadi reaksi oksidasi pada gigi yang dapat meningkatkan kecerahan warna gigi.

Warna putih veneer gigi bisa Anda modifikasi sesuai keinginan. biasanya dokter gigi akan memberikan rekomendasi warna yang sesuai dengan senyum Anda sehingga terlihat natural namun tetap cantik. 

Sedangkan warna putih bleaching gigi tidak dapat kita tentukan, karena bleaching hanya meningkatkan kecerahan warna gigi yang sesuai dengan warna dasar giginya, dan setelah bleaching bila pasien kurang menjaga makanan-minuman yang dikonsumsi dapat kembali ke warna semula.

1. Persiapan Veneer Gigi

Harga pasang veneer gigi bervariasi, dan berikut ini persiapan sebelum melakukan tindakan veneer untuk gigi Anda.

  1. Konsultasi dengan dokter gigi umum atau dokter gigi spesialis prostodonsia terlebih dulu..
  2. Memilih jenis veneer gigi yang tepat, umumnya ada 2 jenis yaitu veneer direct atau indirect. Harga veneer gigi juga dipengaruhi oleh jenisnya ini, di mana jenis porselen indirect sedikit lebih mahal karena material yang digunakan juga lebih bagus.
  3. Mempertimbangkan waktu melakukan veneer, jenis direct komposit bisa dikerjakan dalam 1 hari. Namun tidak semua kasus dapat menggunakan veneer direct. Waktu pengerjaan dalam 1 hari itu pun cukup lama sehingga pasien perlu meluangkan waktu lebih banyak untuk pengerjaan direct veneer. Sedangkan indirect porselen membutuhkan beberapa hari proses di lab sehingga pasien perlu datang dalam 2 hingga 3 kali pertemuan.
  4. Menyiapkan budget sesuai harga pasang veneer gigi di klinik dokter gigi 
  5. Merawat gigi veneer dengan baik pasca melakukan pemasangan. Veneer mampu bertahan hingga 15 tahun kalau perawatannya sesuai.

2. Pertimbangan Veneer Gigi

Berbicara tentang pertimbangan mau melakukan veneer atau tidak, alasan yang paling besar dan mendominasi adalah persoalan estetik. Ya, veneer gigi mayoritas dilakukan untuk memperbaiki tampilan gigi menjadi lebih putih dengan bentuk yang proporsional, namun veneer juga digunakan untuk alasan medis lain seperti karies yang meluas, gigi yang patah, atau kelainan struktur gigi.

Adapun pertimbangan tindakan veneer adalah dokter akan melakukan pengikisan pada lapisan enamel gigi. Lapisan alami tersebut tidak akan bisa tumbuh kembali bila sudah diambil dan memiliki efek samping yaitu gigi menjadi ngilu. Namun bila veneer sudah terpasang maka rasa ngilu itu akan hilang.

Sekali melakukan veneer, seterusnya harus melakukan perawatan secara rutin dalam jangka waktu tahunan agar tetap bersih dan veneer dapat bertahan lama.

Baca juga: Cara Memutihkan Gigi dengan Metode Alami di Rumah

Fungsi Veneer Gigi untuk Estetika

Berdasarkan penjelasan di atas, pada dasarnya veneer gigi dilakukan untuk tujuan estetika, keindahan, dan perbaikan tampilan. Dalam poin-poin ringkas, berikut adalah daftar apa saja fungsi dan manfaat veneer gigi.

  1. Membuat gigi berwarna putih dan cerah, tingkatan warna putih bisa Anda sesuaikan dengan keinginan atau sesuai rekomendasi dokter gigi;
  2. Membuat senyum orang yang melakukan veneer simetris, seimbang antara kiri dan kanan;
  3. Dapat membantu gigi menjadi rapi  . jika perlu sebelum veneer dokter akan menyarankan memasang kawat gigi terlebih dulu;
  4. Veneer adalah proses melapisi gigi, sehingga dapat membantu mengatasi gigi yang patah dan rusak;
  5. Veneer dapat dilakukan untuk gigi berlubang dan tergores, memberi ketahanan buatan yang cukup terjamin;
  6. Solusi untuk Anda yang memiliki warna gigi tidak merata, bisa memberi perlakuan veneer untuk satu atau beberapa gigi saja;
  7. Veneer juga mampu menutup ruang di sela gigi, cocok untuk pasien dengan gigi yang renggang;
  8. Dapat membantu memperbaiki gigi yang terlalu kecil, gigi terlalu runcing, atau gigi dengan bentuk luar biasa (tidak biasa);

Efek Samping Veneer Gigi

Terkait dengan efek samping atau risiko veneer gigi, dapat Anda tanyakan lebih detail ke dokter gigi atau dokter gigi spesialis saat konsultasi. Namun, secara umum efek samping tindakan veneer antara lain sebagai berikut:

  1. Tindakan mengikis enamel tentu membuat gigi asli lebih sensitif, mungkin Anda akan kurang nyaman minum dan makan yang panas atau dingin;
  2. Karena alasan yang sama, gigi juga lebih rentan terhadap rangsangan tertentu, yang dapat membuat rasa ngilu dan nyeri;
  3. Pada awal pemasangan, mungkin Anda merasa tidak nyaman, seolah gigi lebih tebal dan berat;
  4. Seringkali veneer satu atau dua buah gigi, menjadikan warna gigi tidak sama dengan gigi alami, oleh sebab itu pertimbangkan untuk veneer beberapa gigi sekaligus;
  5. Lapisan veneer gigi bisa lepas atau copot, terutama untuk Anda yang punya kebiasaan menggigit benda keras dan alot;
  6. Masalah yang mungkin terjadi pada gusi, seperti gusi bengkak dan berdarah bila kurang baik dalam pembersihan;

Harga Veneer Gigi di Klinik Spesialis

Kami sangat tidak menyarankan melakukan veneer dan tindakan medis lainnya di tenaga yang tidak resmi, tidak profesional, dan tidak terukur risikonya seperti tukang gigi. Untuk itu, sebelum melakukan perawatan veneer di dokter gigi disarankan untuk tahu terlebih dahulu rincian biayanya. Hal ini sangat membantu untuk mempermudah budgeting.

Lantas, berapa harga veneer gigi di dokter gigi? Berikut merupakan rincian perkiraan harga melakukan veneer.

1. Harga Veneer Gigi di Klinik Dokter Gigi

Saran paling aman adalah melakukan veneer gigi di dokter spesialis yang praktik di klinik terbaik. Misalnya di Klinik Mydents Dental Care, dengan harga mulai Rp 700.000 per gigi.

Anda dapat melakukan veneer oleh Dokter Gigi Umum berpengalaman maupun Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia (Sp.Pros). Selain itu untuk berbagai macam masalah gigi lainnya, Anda juga  langsung ditangani oleh tenaga medis profesional dan resmi yang lengkap, mulai dari Spesialis Bedah Mulut (Sp. BM), Spesialis Orthodonti (Sp. Ort), Spesialis Periodonsia (Sp. Perio), Spesialis Konservasi Gigi (Sp. KG), Spesialis Gigi Anak (Sp. KGA), Spesialis Prostodonsia (Sp. Pros), hingga Spesialis Penyakit Mulut (Sp. PM).

Informasi biaya veneer gigi di klinik bisa jadi berubah, apalagi ketika ada promo khusus yang memberi potongan harga menjadi lebih murah lagi.

Baca juga: Harga Bleaching Gigi: Pengertian, Prosedur, dan Efek Samping

Perbedaan Veneer dan Tambal Gigi

Jika veneer adalah menambah lapisan cangkang tipis khusus ke gigi, lantas apa bedanya dengan tambal gigi?

Satu poin penting yang menunjukkan perbedaan dengan jelas bahwa, veneer melapisi seluruh permukaan gigi yang terlihat, sedangkan tambal gigi yang menambal di bagian berlubang saja.

Veneer memiliki manfaat membuat tampilan gigi estetik dan indah, mengubah warnanya menjadi lebih putih sesuai dengan yang diinginkan atau sesuai analisis senyum yang dilakukan oleh dokter gigi.

Sedangkan pada proses tambal gigi tidak mengubah tampilannya. Tambal gigi menjadi tindakan yang bertujuan untuk menutup lubang gigi supaya sisa makanan tidak masuk ke dalam gigi dan menghilangkan bakteri yang menyebabkan lubang lebih besar, rasa ngilu dan nyeri, hingga infeksi.

Harga Veneer Gigi Berdasarkan Jenisnya

Nah, untuk memperoleh pertimbangan harga melakukan veneer gigi, penting kiranya tahu apa saja jenisnya. Secara umum ada 2 jenis veneer, yaitu veneer direct dengan bahan komposit dan veneer indirect dengan bahan porselen.

1. Jenis Veneer Gigi Direct Komposit

Veneer komposit disebut juga direct, merupakan pilihan praktis dan ekonomis, dan mampu bertahan antara 3 s/d 7 tahun lamanya. Sesuai dengan namanya, veneer ini menggunakan bahan resin komposit yang notabene lebih cepat dalam pemasangan. Namun resin komposit ini dapat menyerap warna makanan/minuman sehingga dapat terjadi diskolorasi (perubahan warna gigi). Oleh karena itu sangat penting menjaga makanan dan minuman yang kita konsumsi setelah melakukan direct veneer dengan bahan ini.

2. Jenis Veneer Gigi Indirect Porselen

Veneer porselen disebut juga indirect, dengan harga yang sedikit lebih mahal daripada jenis komposit, namun memberi durabilitas ketahanan antara 10 s/d 15 tahun lamanya.

Bahan porselen sebagai lapisan cangkang pada gigi tidak mudah menyerap warna seperti bahan komposit. Tak khayal, jenis veneer satu ini menjadi pilihan kebanyakan orang, meski prosesnya tergolong kompleks dan lebih lama.

Demikian informasi tentang harga veneer gigi di klinik terbaik. Ternyata tidak mahal, kan? Anda sudah mendapat update tampilan gigi putih sesuai dengan keinginan. Yuk konsultasi gratis di Mydents Dental Care dengan spesialis yang terakreditasi.

Ditinjau oleh: drg. Mediani Retno Putri, MARS

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami