HomeBleaching GigiCara Memutihkan Gigi

Cara Memutihkan Gigi dengan Metode Alami di Rumah

Cara Memutihkan Gigi Permanen dengan Metode Alami di Rumah

Daftar Isi

Siapa sih yang tidak ingin memiliki gigi putih dan bersih? Tentu semua menginginkannya, berikut cara memutihkan gigi menggunakan metode alami di rumah yang dapat menjadi pertimbangan anda.

Permasalahan gigi memang menjadi momok menakutkan bagi kebanyakan orang. Tidak rajin merawat gigi sejak kecil dapat membuat berbagai masalah pada kesehatan gigi dan mulut, lalu setelah muncul masalah kesehatan gigi kita cenderung jadi takut untuk berobat ke dokter gigi.

Jika sudah demikian, rasa percaya diri seseorang akan langsung menurun. Senyum atau tertawa tidak bisa leluasa karena tidak percaya diri, salah satu masalah yang sering terjadi adalah warna gigi yang kuning. 

Warna gigi yang kuning membuat orang tidak percaya diri dan khawatir jika suatu saat orang lain bertanya mengapa gigi kamu kuning? bayangkan Anda mendapat pertanyaan itu ketika sedang berkumpul bersama teman-teman, pasti rasanya ingin segera menghilang dari muka bumi ini.

Sebelum menjadi masalah menjadi besar, kalau kata orang Jawa, “kriwikan dadi grojogan.” Yuk, secepatnya mengatasi permasalahan warna gigi kuning dengan metode alami yang aman. 

8 Cara Memutihkan Gigi Permanen dengan Cara Alami di Rumah

Apakah Anda tahu, bahwa nenek moyang kita dahulu sudah menggunakan bahan alami untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut? Beberapa bahan alami yang terkenal memiliki kandungan ampuh secara ilmiah adalah siwak dan daun sirih.

Menghilangkan noda kuning yang menempel tahunan di gigi perlu ketelatenan rutin setiap hari. Berikut beberapa metode alami yang bisa Anda terapkan untuk memutihkan gigi dirumah.

1. Siwak

Siwak adalah batang atau ranting dari pohon yang memiliki nama ilmiah Salvadora persica, disebut juga sebagai Pohon Arak. Berbeda dengan sikat dan pasta gigi, siwak bisa Anda bawa ke mana-mana dan cukup untuk dimasukkan ke kantong baju. Menggunakan siwak untuk membersihkan gigi disebut dengan bersiwak.

Di dalam ranting dari pohon siwak ini terdapat kandungan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, seperti: vitamin C, kalsium, minyak atsiri, fluoride, dan sebagainya. Berikut tata cara membersihkan gigi dengan siwak : 

  1. Potong batang atau ranting pohon siwak
  2. Kupas ujungnya sekitar 1-2 cm saja
  3. Gigit pelan ujung yang sudah terkelupas sampai serat batang terbuka hingga menyerupai bulu sikat gigi kasar
  4. Rendam siwak ke dalam air, dan gunakan siwat seperti sikat gigi.

Bahkan dalam agama Islam, bersiwak menjadi sunnah atau anjuran untuk Muslim. Ada tata cara urutan gigi mana yang harus didahulukan, bagaimana doanya, hingga waktu yang dianjurkan untuk bersiwak.

2. Berkumur dengan Larutan Garam sebagai Antibakteri Gigi dan Mulut

Cara memutihkan gigi dengan garam bertujuan untuk menghilangkan bakteri, plak dan karang gigi. Berikut cara menggunakan larutan garam dirumah : 

  1. Menggunakan garam sebagai mouthwash atau obat kumur, dengan mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam setengah gelas air hangat.
  2. Berkumur setidaknya 15 sampai 20 detik, sebelum dan sesudah menyikat gigi.
  3. Lakukan secara rutin setiap kali menyikat gigi, biasanya 1 sampai 2 kali sehari.

Menekan pertumbuhan bakteri dan plak yang membuat gigi menjadi kuning, artinya meremajakan gigi agar putih kembali. Karang gigi yang dapat membuat napas bau, juga lambat laun berkurang jika rutin menggunakan larutan garam sebagai mouthwash karena larutan garam dapat membantu melepaskan partikel sisa makan pada sela sela gigi yang dapat menimbulkan plak, plak yang menumpuk tersebut akan terbentuk menjadi karang, jika karang gigi yang terbentuk sudah terlalu banyak hanya bisa dibersihkan dengan prosedur scalling atau pembersihan karang gigi di dokter gigi.

3. Arang Kayu dan Lemon

Bagaimana arang kayu yang berwarna hitam bisa membuat gigi justru menjadi putih?

Kalau Anda bertanya ke orang tua zaman dulu, pasti sudah tidak asing menggunakan bahan ini untuk memutihkan gigi. Ya, arang kayu secara ilmiah memang memiliki kandungan alkali yang terbukti mampu menghilangkan plak kuning di gigi.

Caranya sangat mudah, cukup ambil arang kayu yang sudah halus, campur dengan perasan air lemon. Kemudian oleskan merata pada gigi, tunggu 15 sampai 30 detik lalu bilas bersih.

Perhatikan bahwa kandungan arang bersifat merusak permukaan gigi, yang mana juga dapat mengikis enamel gigi. Sehingga alangkah lebih baik tidak menggunakan bahan ini terlalu sering, cukup pakai 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

4. Kulit Pisang, Cara Menghilangkan Gigi Kuning secara Alami

Ingin cara yang lebih simpel? Anda bisa menggunakan kulit pisang jenis apa saja. Kandungan mineral dan saponin dalam kulit pisang berdasarkan riset IOSR Journal of Dental and Medical Sciences, dapat membantu menghilangkan noda pada permukaan gigi. Berikut tatacara menghilangkan gigi kuning dengan kulit pisang : 

  1. Untuk mendapat kandungan saponin lebih banyak, pilih pisang yang baru saja matang.
  2. Gosok bagian dalam kulit pisang tersebut ke gigi setidaknya 1 menit.
  3. Diamkan hasil gosokan kulit pisang hingga 10 sampai 15 menit, lalu bersihkan dengan menyikat gigi tanpa odol.

Untuk hasil bersih yang maksimal, cara ini bisa Anda kombinasikan dengan praktik dasar menyikat gigi dengan odol. Baik sebelum dan sesudah menggosok kulit pisang ke gigi.

5. Biji Buah Pinang, Cara Membersihkan Gigi Kuning di Rumah

Daripada menggunakan kulit jeruk, nenek moyang kita justru mengenal biji buah pinang untuk membersihkan dan memutihkan gigi, caranya hanya dengan mengunyah (tanpa menelan), hingga kandungan dari biji itu meresap ke gusi dan gigi, jangan lupa untuk membilas dengan berkumur ya.

6. Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda dan Air

Campur baking soda dan air hingga teksturnya menyerupai pasta gigi. Setelah itu segera oleskan ke gigi, sikat perlahan sebagaimana ketika Anda menyikat gigi. Tidak perlu lama-lama, maksimal 1 menit, segera berkumur sampai bersih.

Menggunakan baking soda untuk menghilangkan warna kuning di gigi sama seperti arang, bersifat merusak enamel. Sehingga alangkah lebih baik tidak sering-sering melakukannya, cukup 1 sampai 2 kali seminggu.

7. Berkumur dengan Air Rebusan Daun Salam Alami

Belum ada bukti langsung yang menyatakan bahwa daun salam bisa memutihkan gigi. Oleh karena itu, cara memanfaatkan daun tumbuhan ini pun masih belum diketahui secara pasti.

Namun, daun ini banyak digunakan pada masyarakat jaman dahulu untuk membersihkan gigi. Ada dua cara memanfaatkan daun salam sebagai cara memutihkan gigi secara alami dan di rumah. Pertama, menjadikan daun salam sebagai pasta gigi alami. Kedua, menjadikan daun salam sebagai obat kumur (mouthwash).

  1. Daun salam sebagai pasta: siapkan 6 lembar daun salam yang sudah dijemur sampai kering, tumbuk, tambahkan sedikit air sampai bertekstur seperti pasta gigi.
  2. Daun salam sebagai obat kumur: rebut 6 lembar daun salam dengan 2 gelas air, surutkan sampai air tersisa 1 gelas, berkumur selama 15 sampai 30 detik menggunakan air rebusan itu.

Di sisi lain, Anda dapat memanfaatkan keduanya sekaligus, yaitu menjadikan daun salam sebagai pasta serta obat kumur.

Bagi yang belum tahu, daun salam adalah daun rempah yang umum dijadikan penyedap makanan. Anda bisa menemukan banyak daun salam di pasar tradisional, toko kelontong, atau di perkebunan desa-desa.

8. Daun Sirih, Cara Mengatasi Gigi Kuning Alami

Ada lagi satu bahan alami untuk memutihkan gigi kuning, juga dapat memperkuat gigi yang sudah dipercaya orang zaman dulu sejak lama, yaitu daun sirih.

Menyirih, dalam hal memutihkan gigi, adalah paket all in one. Di mana bahan yang sudah terbukti secara ilmiah punya kandungan yang bermanfaatkan memutihkan gigi, berada dalam satu kegiatan mengunyah.

Caranya cukup mudah, siapkan 1-2 helai daun sirih yang masih segar dan gosokan pada gigi secara merata. Atau siapkan 1-2 helai daun sirih kemudian rebus. Lalu, gunakan air tersebut untuk berkumur.

Perawatan Gigi Rutin di Rumah agar Tetap Putih

Memiliki gigi putih bersih adalah aset yang berharga untuk menjaga kepercayaan diri. Oleh sebab itulah penting melakukan perawatan yang dapat dimulai dirumah.

1. Mengatasi Penyebab Gigi Kuning sebagai Langkah Preventif

Asap ada karena api, hujan ada karena mendung, dan gigi kuning ada karena penyebab tertentu. Beberapa penyebab yang menjadikan gigi seseorang menjadi tampak kuning, rapuh, atau bahkan berlubang antara lain:

  1. Tidak terbiasa sikat gigi sejak kecil.
  2. Membiarkan sisa makanan terkumpul di gigi, menjadi plak atau karang gigi.
  3. Konsumsi berlebihan kafein (kopi, teh, dan minuman bersoda), atau nikotin (rokok).
  4. Konsumsi obat jenis tetracycline dan doxycycline, obat tekanan darah tinggi, atau obat anti alergi.
  5. Faktor usia, gajah pun kalau tua gadingnya tidak berwarna putih-putih amat, makanya ada istilah warna putih gading atau putih tulang.
  6. Konsumsi berlebihan permen atau makanan lengket tanpa pernah membersihkan sisanya di sela gigi.

Setiap manusia lahir tanpa gigi, gigi tumbuh seiring bertambahnya usia  dimulai dengan gigi susu lalu diganti dengan gigi permanen yang masih baru dan berwarna putih bersih. Lambat laun, kalau tidak dirawat sejak dini, gigi pun akan menjadi kuning dan juga dapat menyebabkan masalah gigi dan mulut lainnya.

Jadi, langkah pertama sebelum menerapkan satu dua cara memutihkan gigi di atas, alangkah bijak jika Anda mengatasi penyebabnya terlebih dahulu, yaitu mengubah kebiasaan yang membuat gigi berwarna kuning.

2. Tips dan Trik Menjaga Gigi Putih Permanen

Sedangkan kalau sekarang sudah mendapatkan gigi putih bersih, syukuri hal itu dengan cara menjaganya, seperti:

  1. Tidak malas sikat gigi untuk menghilangkan plak yang menempel;
  2. Rajin melakukan flossing atau menyikat lidah;
  3. Membatasi konsumsi makanan lengket dan terlalu manis;
  4. Memperbanyak makan sayur dan buah setiap hari;
  5. Mencukupi kebutuhan air putih harian;
  6. Konsumsi makanan tinggi kalsium hewani;
  7. Menggunakan siwak atau menyirih;
  8. Jika ada sisa makanan, segera gunakan benang gigi untuk membersihkannya;
  9. Murah senyum kepada orang lain, tidak hanya membuat gigi putih, tetapi juga seluruh wajah putih bersinar.

3. Konsultasi dengan Tenaga Profesional Jika Perlu

Konsultasi dengan tenaga profesional memang penting, terutama agar mendapat arahan medis yang tepat. Kemudian Anda bisa melanjutkan arahan dari dokter gigi itu di rumah, yaitu dengan menggunakan bahan alami untuk membuat gigi lebih putih dan menjaganya.

Di zaman sekarang, melakukan konsultasi tidak perlu datang ke klinik, puskesmas, atau rumah sakit. Bisa menggunakan aplikasi yang memungkinkan antara pasien dan dokter spesialis berkomunikasi dua arah.

Anda juga bisa bertanya tentang cara membersihkan gigi yang baik dan benar, atau risiko menggunakan baking soda sebagai pasta gigi. Maka dokter gigi akan menjawab berdasarkan riset ilmiah yang sudah terbukti.

Demikian itulah berbagai cara memutihkan permanen dengan metode alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Konsistensi dan ketelatenan merupakan kuncinya, seiring perawatan Anda akan melihat perubahan gigi yang semula kuning pisang berubah menjadi putih susu.

Ditinjau oleh: drg. Ni Wayan Asti Saraswati

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami