HomeBleaching GigiHarga Bleaching Gigi

Harga Bleaching Gigi: Pengertian, Prosedur, dan Efek Samping

Harga Bleaching Gigi: Pengertian, Prosedur, dan Efek Samping

Daftar Isi

Harga bleaching gigi merupakan pertimbangan utama sebelum melakukannya. Pasalnya, dengan mengetahui harga standar untuk bleaching, pasien dapat memilih klinik yang tepat sesuai keinginan pasien. Anda juga akan mengerti seberapa vital melakukan teknik bleaching. Sebab, pada dasarnya bleaching gigi bertujuan untuk estetika, bukan persoalan kesehatan gigi dan mulut.

Mengetahui tarif bleaching gigi terkini bertujuan menghindari harga yang tidak sesuai. . Biaya yang terlalu rendah dari standar, mungkin patut dipertanyakan pelayanannya dan bahan yang digunakan. 

Sedangkan biaya yang terlalu tinggi dari standar, membuahkan pertanyaan apakah layanan yang diberikan dokter gigi memang sebaik itu. Pada kesempatan kali ini, Anda akan memahami lebih dalam terkait bleaching gigi dan rincian harga yang berlaku.

Bleaching yang profesional di dokter gigi memiliki alat lebih lengkap. Bleaching menjadi pilihan kebanyakan orang karena dapat mengembalikan warna gigi kuning menjadi putih natural alami.

Namun tidak sedikit orang yang memilih veneer, sama-sama sebagai cara untuk gigi terlihat lebih putih, tetapi menggunakan metode yang berbeda. Mari kita kupas semuanya, termasuk risiko dan pertimbangan biaya bleaching gigi yang sudah termasuk dengan layanan profesional.

Harga Bleaching Gigi di Dokter Spesialis

Bleaching gigi harus dilakukan oleh tenaga profesional yang sudah terverifikasi, dalam hal ini merupakan dokter gigi. Untuk menemui dokter gigi, Anda bisa datang ke rumah sakit, klinik gigi, atau bahkan puskesmas yang menyediakan layanan bleaching.

1. Pengertian Bleaching Gigi 

Sebelum lebih jauh lagi, penting kiranya kita samakan pemahaman tentang apa itu bleaching gigi. Bleaching gigi secara sederhana adalah proses pemutihan gigi, semula gigi kuning menjadi putih kembali.

Harga bleaching gigi atau pemutihan gigi antara satu klinik dengan klinik lainnya kemungkinan besar berbeda. Tergantung pada layanan yang diberikan, kelengkapan alat medis, dan produk yang direkomendasikan kepada Anda.

Alasan melakukan pemutihan gigi sepenuhnya karena estetika, ya, tidak ada unsur kesehatan yang menjadi dasarnya. Berbeda dengan meratakan gigi atau cabut gigi bungsu, yang notabene masih ada unsur kesehatan melakukan tindakan tersebut.

2. Pertimbangan sebelum Bleaching Gigi

Bleaching memang bisa Anda lakukan mandiri di rumah, hanya saja jika berada di tangan profesional, hasilnya akan lebih efektif. Sebelum memutuskan melakukan bleaching gigi, pertimbangkan beberapa kemungkinan berikut ini.

a) Warna Putih Gigi Sementara

Bleaching merupakan proses pemutihan gigi berulang dan berturut-turut. Artinya, warna putih yang Anda dapatkan tidak bersifat permanen. Sehingga untuk mempertahankan warna putih gigi, perlu bleaching ulang dalam kurun waktu tertentu, seperti per 6 bulan sekali.

Interval ketahanan warna putih antara 6 bulan sampai 3 tahun. Hal ini juga tergantung dari makanan dan minuman yang di konsumsi oleh anda, seperti banyak minum teh, kopi, soda, atau makanan dan minuman yang bewarna dapat menyebabkan gigi menguning lebih cepat. Begitu pula dengan konsumsi rokok pun dapat menyebabkan gigi menguning kembali .

Kontrol rutin ke dokter atau melakukan bleaching ulang sangatlah penting jika anda terganggu dengan warna gigi yang menguning 

b) Efek Samping Bleaching Gigi

Bleaching gigi memiliki beberapa efek samping, yaitu:

  1. Gigi menjadi lebih sensitif
  2. Iritasi pada gusi
  3. Berkurangnya ketahanan gigi

Efek samping di atas umumnya bersifat sementara, yaitu berlangsung sekitar 1 minggu setelah proses bleaching. Hanya saja, tindakan ini benar-benar tidak dianjurkan untuk anak-anak, terutama yang berada dalam proses pertumbuhan gigi.

c) Gigi Tertentu Tidak Bisa Mendapat Perlakuan Bleaching

Konsultasi dengan dokter gigi penting, guna mengetahui apakah jenis gigi Anda bisa mendapat perlakuan bleaching atau tidak. Beberapa contoh gigi yang tidak dapat dibleaching antara lain:

  1. Gigi yang menggunakan gigi palsu (crown gigi, implan gigi, gigi palau lepas pasang) 
  2. Tambalan pada gigi

Gigi dalam kategori di atas tidak akan mendapat perubahan warna menjadi lebih putih meskipun sudah bleaching. Justru dapat mengakibatkan risiko lebih lain, seperti tambalan atau gigi palsu rusak.

Harga Bleaching Gigi, Membersihkan Gigi Kuning

Sebelum melakukan bleaching, Ada baiknya Anda melakukan riset dengan mendatangi beberapa klinik atau rumah sakit untuk membandingkan harga bleaching gigi di dokter gigi.

1. Prosedur Pemutihan Gigi

Kabar baiknya, bleaching gigi termasuk dalam kategori prosedur dental konservatif non-invasif. Artinya, tindakan bleaching bebas dilakukan secara mandiri di rumah.

Namun alangkah lebih baik dan efektif jik prosedur bleaching dilakukan dengan tenaga professional.. Selain lebih ahli, alat di klinik gigi lebih lengkap dan hasil yang diinginkan lebih cepat tercapai. Secara garis besar berikut rincian prosedur bleaching gigi.

  1. Persiapan, meliputi proses klinis dan pencatatan warna gigi pasien.
  2. Proses, meliputi: 
    1. isolasi rongga mulut
    2. mengaplikasikan pelindung gusi
    3. mengoleskan bahan bleaching
    4. serta menyinari rongga mulut pasien dengan sinar khusus agar bahan bleaching dapat teraktivasi dan memberikan hasil yang maksimal.  

Berdasarkan prosedur pemutihan gigi di atas, kiranya Anda dapat mengambil kesimpulan sebaiknya dilakukan sendiri atau bersama tenaga profesional. Nah, jika anda melakukan di dokter gigi tersedia alat lengkap, hal ini untuk menghindari risiko fatal maupun gigi berubah warna yang tidak sesuai.

2. Mencari Klinik Bleaching Gigi

Harga bleaching gigi di klinik masih tergolong terjangkau, berikut merupakan tips mencari klinik yang tepat, Tujuannya agar apa yang Anda impikan, dalam hal ini memiliki gigi putih natural alami, bisa tercapai.

  1. Tempat yang Anda anggap nyaman;
  2. Dokter gigi memiliki kredensial valid dan lisensi resmi (bisa cek nomor registrasi dokter gigi di laman kki.go.id);
  3. Membaca ulasan/review dari pasien sebelumnya secara teliti;
  4. Mempertimbangkan harga bleaching gigi, asuransi, dan layanan yang Anda dapatkan;
  5. Klinik memiliki alat bleaching lengkap untuk semua kebutuhan pasien.

Pilih Bleaching Gigi atau Veneer Gigi?

Salah satu pertanyaan yang paling banyak yang diajukan adalah, pilih bleaching gigi vs veneer gigi? Mengingat keduanya punya satu benang merah: memutihkan gigi. Berikut adalah pertimbangannya.

Bleaching Gigi

Veneer Gigi

Memutihkan gigi untuk warna natural dan alami

Pemilihan warna veneer yang tidak tepat dapat terlihat gigi putih secara tidak natural. 

Tidak direkomendasikan untuk gigi yang memiliki masalah khusus, konsultasikan dengan dokter gigi lebih dulu

Bisa juga untuk memperbaiki masalah gigi seperti berlubang dan retak dan gigi yang memiliki celah antar gigi konsultasikan dengan dokter gigi lebih dulu

Menggunakan produk bleaching berupa zat pemutih khusus

Mengurangi  enamel gigi (tidak bisa tumbuh kembali), yang selanjutnya menjadi tempat untuk direkatkannya bahan veneer 

Waktu bleaching gigi cepat, sekitar 30 menit per gigi

Waktu veneer gigi lambat, hingga beberapa minggu

Dapat bertahan hingga 3 tahun

Dapat bertahan hingga 15 tahun

Bleaching gigi menjadi pilihan terbaik jika hanya untuk memutihkan gigi kembali ke warna putih alami. Hanya saja, jika ada masalah pada gigi pasien, biasanya dokter akan menyarankan melakukan veneer.

Veneer gigi dilakukan dengan cara mengurangi enamel gigi, yang notabene tidak dapat tumbuh kembali. Meski rentang waktu dapat bertahan antara 7 sampai 15 tahun (jika perawatan tepat), namun untuk melakukan veneer ulang cukup memakan waktu dan biaya. 

Rincian Harga Bleaching Gigi Terkini

Jika mendatangi klinik gigi, harga bleaching gigi bervariasi, mulai dari 300k sampai 5 juta. Ini sudah include dengan produk bleaching yang berkualitas sesuai dengan anjuran dokter gigi.

Sedangkan produk bleaching, jika ingin memutihkan gigi kuning sendiri di rumah, berkisar antara 30k sampai 1 juta per produk. Hanya saja, untuk melakukan bleaching mandiri membutuhkan kelengkapan alat.

Jika Anda masih pertama kali mencoba melakukan tindakan bleaching gigi, alangkah bijak mendatangi dokter gigi. Selain mendapat penanganan langsung dari tenaga profesional, juga meminimalisir terjadinya risiko yang tidak Anda inginkan.

Guna mendapat perkiraan harga bleaching gigi yang terkini, saran kami langsung bertanya ke klinik gigi, rumah sakit, atau Puskesmas di sekitar tempat tinggal Anda. Atau melakukan konsultasi dengan dokter spesialis gigi secara online.

Namun jika anda ingin melakukannya secara mandiri, pada umumnya biayanya lebih terjangkau, tetapi rata rata hasil yang dihasilkan tidak dapat secepat jika anda melakukannya ke dokter gigi.

Kesimpulan

Berdasarkan rangkaian informasi di atas, bleaching gigi adalah proses pemutihan gigi agar mendapatkan warna natural asli menggunakan zat khusus. Proses bleaching dapat dilakukan mandiri, atau menggunakan layanan dari dokter gigi profesional di klinik.

Selain bleaching gigi, veneer sama-sama bertujuan mendapatkan warna lebih putih. Hanya saja, veneer dilakukan dengan prosedur mengurangi enamel dan menambalnya dengan bahan veneer.

Tersedia produk zat bleaching mulai dari 30k sampai 1 juta per piece di marketplace. Sedangkan untuk menggunakan layanan bleaching di klinik berkisar antara 500k sampai 5 juta.

Bleaching gigi dapat dilakukan di klinik gigi, rumah sakit, hingga Puskesmas. Berhubung pemutihan gigi berkaitan dengan estetika atau tampilan, keseluruhan biaya tidak bisa ditanggung BPJS seperti saat melakukan operasi gigi bungsu.

Perhatikan juga efek samping yang dapat muncul setelah melakukan bleaching, seperti gigi sensitif, iritasi gusi, atau gigi menjadi rapuh. Guna mengantisipasi efek samping jadi lebih parah, penting untuk kontrol rutin ke dokter.

Demikian informasi tentang harga bleaching gigi dan hal lain yang perlu Anda ketahui sebelum melakukannya. Apakah tertarik mendapatkan warna gigi putih alami dengan bleaching? Atau lebih memilih untuk warna buatan seputih cat tembok dengan veneer?

Ditinjau oleh: drg. Sarah Putri Abellysa

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami