HomeGigi PalsuHarga Gigi Palsu

Standar Harga Gigi Palsu Berdasarkan Jenis di Klinik Profesional

Harga Gigi Palsu

Daftar Isi

Berapa standar harga gigi palsu atau gigi tiruan di klinik profesional? Pada kesempatan kali ini, Mydents Dental Care akan menyajikan informasi lengkap yang Anda butuhkan tentang gigi palsu.

Memasang gigi palsu memiliki tujuan utama untuk menggantikan fungsi gigi yang hilang. Tujuan sampingan lainnya adalah memperbaiki tampilan seseorang, bisa percaya diri menebar senyum tanpa khawatir!

Kehilangan gigi asli dapat terjadi akibat beberapa faktor seperti gigi yang berlubang besar dan tidak dirawat, karang gigi yang tidak dibersihkan hingga gigi menjadi goyang, bisa juga lantaran insiden seperti kecelakan. Gigi asli yang tanggal, baik itu gigi depan maupun belakang akan memberi pengaruh signifikan pada fungsi gigi dan penampilan.

Orang dengan gigi tanggal/copot pasti menjadi kurang percaya diri dan mengalami masalah dalam pengunyahan dan berbicara. Kembalikan kepercayaan diri dengan memilih jenis gigi palsu yang paling sesuai dengan keadaan Anda.

Konsultasi ke klinik profesional, atau layanan kesehatan lain seperti Puskesmas dan rumah sakit sangat penting.

Mengenal Gigi Palsu: Pengertian, Harga, dan Jenis

Sebelum lebih jauh, perlu kiranya kita sama-sama menyamakan pemahaman tentang apa itu gigi palsu, estimasi biaya pasang gigi palsu, serta jenis gigi palsu yang populer digunakan masyarakat Indonesia.

1. Pengertian Gigi Palsu Adalah

Gigi palsu disebut juga gigi tiruan, adalah sebuah alat bantu guna menggantikan fungsi utama gigi asli yang tanggal/copot/lepas/hilang.

Menurut sejarah, bukti arkeolog menunjukkan bahwa penggunaan gigi palsu sudah ada sejak tahun 700 sebelum masehi. Di zaman dulu, gigi tiruan terbuat dari bahan tulang dan gading hewan.

Lantas memasuki abad ke-19 sudah mulai menggunakan bahan sejenis besi. Untuk meningkatkan estetika dan strata sosial pada waktu itu, orang menggunakan bahan dari emas atau perak.

Pada abad ke-20, bahan yang lebih ekonomis bisa dijangkau semua pihak, seperti akrilik. Bahan ini notabene memberi kenyamanan yang lebih baik untuk gigi palsu, tentu dengan harga lebih terjangkau.

Seiring berkembangnya zaman, ada banyak sekali jenis gigi palsu yang beredar di klinik kesehatan gigi dan mulut.

2. Jenis Gigi Palsu

Sebelum membahas tentang harga gigi palsu perlu kita kenali terlebih dahulu jenis-jenis gigi palsu. Saat ini sudah banyak pilihan jenis dan bahan gigi palsu yang umum dipakai. Secara umum gigi tiruan dibagi menjadi 2, yaitu gigi tiruan permanen/cekat dan gigi tiruan lepasan. Gigi tiruan permanen/cekat adalah gigi tiruan yang tidak dapat dilepas-pasang, sedangkan gigi tiruan lepasan adalah gigi tiruan yang penggunaannya dapat dilepas-pasang.

  1. Gigi tiruan permanen/cekat 

Gigi tiruan cekat tidak dapat dilepas-pasang karena pemasangannya direkatkan dengan gigi menggunakan semen khusus atau tertanam di dalam tulang gusi, yang termasuk dalam jenis gigi tiruan ini adalah 

  1. Implan gigi
  2. Mahkota tiruan (crown)
  3. Gigi tiruan jembatan (bridge). 

Bahan-bahan yang digunakan oleh ketiga jenis gigi tiruan ini juga beragam, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Bahan yang digunakan diantaranya adalah bahan logam, porselen, resin, stainless steel, zirkonia, atau kombinasi dari bahan tersebut. Jenis gigi tiruan dan jenis bahan yang digunakan untuk membuat gigi tiruan Anda akan mempengaruhi harga gigi tiruannya.

1. Gigi Tiruan Lepasan

Gigi tiruan lepasan dapat dilepas dan dipasang sendiri oleh penggunanya. Gigi tiruan lepasan dilepas di malam hari untuk dibersihkan dan mengistirahatkan jaringan di dalam mulut, kemudian dipakai kembali esok paginya untuk beraktivitas. Gigi tiruan lepasan ini secara umum terbagi menjadi Gigi Tiruan Sebagian Lepasan untuk kehilangan satu atau beberapa gigi dan Gigi Tiruan Lengkap untuk kehilangan seluruh gigi. Umumnya jenis bahan yang digunakan untuk gigi tiruan lepasan adalah sebagai berikut 

2. Gigi tiruan akrilik

Bahan akrilik merupakan bahan yang paling ekonomis untuk sebuah gigi palsu, bila menggunakan gigi tiruan berbahan akrilik ini akan dipasangkan juga kawat sebagai pengait gigi tiruan pada gigi penjangkarnya. Namun kekurangan dari bahan ini adalah mudah patah sehingga penyimpanannya harus benar-benar diperhatikan.

3. Gigi tiruan kerangka logam

Gigi tiruan kerangka logam merupakan bahan yang ideal dan direkomendasikan untuk pasien dengan kehilangan beberapa gigi, karena jenis gigi tiruan ini dapat mendistribusikan beban kunyah lebih baik terhadap gigi yang tersisa dan jaringan penyangga gigi. Logam yang digunakan juga dibuat tipis sehingga lebih nyaman digunakan. Namun bahan ini relatif lebih mahal dibandingkan bahan lainnya. 

4. Gigi tiruan lepasan flexible (Valplast/Thermosens)

Gigi tiruan lepasan ini terbuat dari bahan yang fleksibel sehingga tidak mudah patah dan tidak menggunakan kawat sehingga terlihat lebih estetik. Namun penggunaan gigi tiruan ini juga memiliki indikasi tersendiri, kurang disarankan untuk pasien dengan kehilangan gigi yang cukup banyak dan bila sudah longgar sulit untuk dilakukan perbaikan (reline).

Setiap jenis dan bahan gigi tiruan memiliki indikasi masing-masing, sehingga pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter gigi di klinik sebelum memilih dan memutuskan gigi tiruan yang akan digunakan.

3. Estimasi Rentang Biaya Pasang Gigi Palsu di Klinik

Jenis dan bahan gigi palsu sangatlah beragam. Umumnya harga gigi palsu dihitung per gigi yang digantikan, jadi rentang biaya tersebut terhitung per buah, bukan per pemasangan. Hanya saja, ada juga tipe gigi tiruan lengkap, yang menggantikan semua gigi di deretan atas maupun bawah yang harganya dihitung per rahang.

  1. Estimasi biaya pemasangan dan harga gigi palsu permanen 1 biji adalah Rp 2.000.000 s/d Rp Rp 23.000.000 tergantung jenis yang dipilih.
  2. Estimasi biaya pemasangan gigi palsu lepasan lengkap (gigi tiruan lepasan lengkap) adalah mulai dari Rp 9.000.000 tergantung jenis yang dipilih.

Melihat estimasi harga di atas, jenis gigi palsu menjadi faktor yang paling berpengaruh terhadap biaya. Semakin bagus jenis dan tipe pemasangan, otomatis biaya yang perlu Anda siapkan semakin tinggi.

Gigi Palsu Permanen: Harga, Proses, dan Manfaat

Gigi palsu permanen adalah jenis gigi tiruan yang tidak dapat dilepas karena direkatkan pada gigi atau tertanam di dalam tulang gusi. Kehilangan gigi bisa dialami oleh siapapun akibat lubang gigi yang tidak dirawat, gigi goyang, ataupun patah/lepas karena kecelakaan.

1. Harga Pasang Gigi Palsu Permanen

Biaya pemasangan gigi palsu permanen umumnya lebih mahal daripada gigi lepasan. Gigi palsu permanen per 1 gigi mulai dari Rp 2.000.000 hingga lebih dari Rp 23.000.000 untuk metode implan.

Selain dari jenis metode dalam pemasangan gigi permanen, harga ini juga berdasarkan pada klinik tempat Anda melakukan tindakan. Perhatikan bahwa melakukan pemasangan gigi palsu permanen di klinik, rumah sakit, dan puskesmas seringkali harga berbeda.

Proses pemasangan tidak bisa sembarangan, sebab gigi palsu permanen membutuhkan alat lengkap dan skill operator yang baik. 

2. Proses Pemasangan Gigi Palsu Tanam Permanen

Sebenarnya, proses pemasangan gigi palsu permanen kompleks dan lama, namun secara sederhana sebagai berikut:

  1. Dokter gigi memeriksa rongga mulut keseluruhan;
  2. Melakukan foto rontgen guna melihat secara akurat posisi gigi dan tulang rahang;
  3. Melakukan preparasi atau pengeboran gigi yang akan dipasangkan gigi tiruan permanen sesuai dengan bentuk yang diperlukan;
  4. Proses pencetakan gigi sesuai dengan posisi dan ukurannya.
  5. Proses pemasangan di rongga mulut secara permanen.
  6. Kontrol, hal ini untuk memastikan pemasangan sudah baik dan tidak ada keluhan setelah pemasangan 

Persiapan di atas mungkin membutuhkan waktu antara 2 s/d 3 minggu, atau bahkan hitungan bulan.

3. Manfaat Gigi Palsu Permanen

Memiliki harga pasang gigi yang lebih mahal daripada gigi lepasan, ternyata gigi palsu permanen memiliki banyak manfaat antara lain:

  1. Manfaat utama, yaitu mengembalikan fungsi gigi asli yang hilang;
  2. Memperbaiki intonasi bicara sesuai dengan normalnya;
  3. Faktor estetika, yaitu mengembalikan penampilan gigi yang rapi untuk meningkatkan kepercayaan diri;
  4. Menjaga ketahanan gigi lainnya serta melindungi gusi dari iritasi;
  5. Mencegah tulang rahang supaya tidak turun karena resorbsi;
  6. Memberi manfaat pengunyahan dan mempertahankan keseimbangan rongga mulut.

Terlepas dari itu, memilih gigi palsu permanen atau lepasan tergantung pada kebutuhan individu Anda masing-masing. Atau konsultasikan dengan dokter gigi untuk mendapatkan rekomendasi medis paling tepat.

Harga Gigi Palsu Berdasarkan Jenisnya

Berikut adalah detail informasi harga gigi palsu berdasarkan kategori permanen dan tiruan, serta pertimbangan dari bahan pembuatnya secara umum.

1. Gigi Tiruan Lepasan Akrilik

Merupakan jenis gigi palsu termurah, mulai Rp 999.000 s/d Rp 1.500.000 per gigi. Gigi bahan akrilik memiliki kelebihan berupa bobot ringan, murah, dan mudah dipoles.

Hanya saja, Anda harus kompromi dengan kekurangan seperti rentan patah dan warna berubah.

2. Gigi Tiruan Lepasan Valplast (Flexi Denture)

Untuk jenis gigi tiruan ini, harga per 1 gigi mulai Rp 1.700.000 s/d Rp 2.100.000. Jenis ini memiliki tingkat kenyamanan penggunaan yang sangat baik, karena tidak membutuhkan kawat dalam pemasangan.

Tetapi gigi lepasan bahan valplast hanya bisa mengganti satu atau dua buah gigi saja, dan tidak bisa reline.

3. Gigi Tiruan Lepasan Thermocent/Thermosens

Harga gigi palsu ini mulai Rp 1.800.000 s/d Rp Rp 4.000.000 tergantung seberapa banyak gigi dan kualitas bahannya. Kekurangannya terletak pada proses adaptasi yang mungkin membutuhkan waktu dalam hitungan minggu, dan plat thermosens yang bisa berubah warna.

4. Gigi Palsu Permanen Dental Implant

Dental implant merupakan metode pemasangan gigi palsu permanen, dengan harga mulai Rp 8.000.000 s/d Rp 21.000.000 per 1 gigi. Biaya tersebut belum termasuk harga pencetakan gigi sekitar 500k.

Kelebihan metode ini seperti gigi asli Anda sendiri, kuat, nyaman, rasa makanan tidak berubah, daya tahan lama, dan memberi fungsi yang benar-benar prima. Kekurangannya hanya harga termahal di antara kategori dan jenis gigi palsu lain dan proses awal hingga pemasangan akhir yang membutuhkan waktu yang lama.

5. Gigi Palsu Permanen Dental Bridge

Harga pemasangan gigi palsu dental bridge lebih terjangkau, mulai Rp 2.500.000 s/d Rp 12.000.000 tergantung beberapa faktor seperti: jumlah gigi, bahan bridge, tingkat kompleksitas dan kesulitan, serta klinik profesional yang Anda pilih.

6. Gigi Palsu Permanen Dental Crown

Sedangkan untuk harga pemasangan gigi palsu dental crown yang termurah, mulai Rp 1.800.000 s/d Rp 6.000.000. Anda bisa memilih bahan dental crown seperti metal, porcelain, zirconia, atau sesuai rekomendasi dokter gigi.

7. Gigi Tiruan Palsu Lengkap

Rentang harga gigi palsu tiruan lengkap atas bawah mulai dari Rp 9.000.000, semakin bagus dan kokoh bahannya maka harganya semakin mahal. Gigi tiruan lengkap mudah dalam lepas-pasang dan deretan gigi rapat, meski harus kompromi dalam adaptasi di awal.

Apakah Anda sudah memiliki pandangan ingin memasang gigi palsu jenis apa berdasarkan harga di atas? Jika masih bingung, jangan ragu konsultasi gratis dengan spesialis kami di Mydents Dental Care!

Harga Gigi Palsu Berdasarkan Jenis Klinik dan Layanan

Harga pemasangan gigi tiruan belum termasuk biaya perawatan sebelum pemasangan gigi tiruan yang dibutuhkan masing-masing pasien, anastesi lokal, dan pencetakan gigi/rahang. Untuk jenis gigi tiruan permanen seperti dental implant membutuhkan kelengkapan alat serta tenaga profesional sehingga tidak semua fasilitas kesehatan melakukan pelayanan pemasangan implant gigi.

1. Harga Gigi Palsu di Puskesmas

Biaya pemasangan dan penggantian satu gigi palsu lepasan di Puskesmas berkisar mulai Rp 500.000 s/d Rp 1.500.000 untuk tarif non-bpjs, ini merupakan fasilitas kesehatan yang paling murah.

Namun sebelum itu, ada baiknya mencari informasi jenis gigi palsu seperti apa yang tersedia di Puskesmas sekitar tempat tinggal Anda.

2. Harga Gigi Palsu di Rumah Sakit

Sedangkan di rumah sakit, biaya pemasangan dan penggantian satu gigi palsu lepasan mulai Rp 500.000 s/d Rp 3.000.000, mengingat letak geografis rumah sakit dan kelengkapan fasilitasnya juga berpengaruh pada harga.

Untuk jenis gigi palsu yang lebih spesifik, seperti gigi tiruan permanen dental implant, tentu harganya akan lebih tinggi. Berkisar mulai Rp 8.000.000 s/d Rp 21.000.000 per satu gigi.

3. Harga Gigi Palsu di Klinik Profesional

Di klinik profesional seperti Mydents Dental Care, Anda dapat konsultasi pada Dokter Gigi atau Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia untuk menentukan jenis gigi tiruan yang paling sesuai dan tepat. Harga di klinik Mydents mulai Rp 1.800.000 per gigi. Yuk konsultasi gratis ke cabang Mydents terdekat di kota Anda!

Demikian informasi standar harga gigi palsu berdasarkan jenisnya dan fasilitas kesehatan yang memberi layanan. Keadaan pasien juga berpengaruh pada harga dan biaya, oleh sebab itulah konsultasi di awal adalah pilihan terbaik.

Ditinjau oleh: drg. Mediani Retno Putri, MARS

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami