HomeImplan GigiApakah Gigi Geraham Bisa Tumbuh Lagi setelah Rusak atau Tanggal?

Apakah Gigi Geraham Bisa Tumbuh Lagi setelah Rusak atau Tanggal?

Apakah Gigi Geraham Bisa Tumbuh Lagi setelah Rusak atau Tanggal

Daftar Isi

Apakah gigi geraham bisa tumbuh kembali setelah mengalami rusak, tanggal, dan hilang? 

Pada kesempatan kali ini, Mydents Dental Care akan membahas seluk beluk pertanyaan apakah gigi geraham yang rusak, dicabut, atau hilang bisa tumbuh lagi di kemudian hari atau tidak.

Gigi geraham umumnya memiliki struktur datar dengan ukuran yang lebih lebar daripada gigi lainnya Gigi geraham memiliki fungsi utama untuk menggiling, menghaluskan, dan mengunyah makanan. 

Sebelum membahas gigi geraham, perlu kita ketahui terlebih dahulu fase pertumbuhan gigi manusia secara umum.

Fase Pertumbuhan Gigi Manusia secara Umum

Fase pertumbuhan gigi manusia ada 2: fase gigi susu dan fase gigi permanen. Fase gigi susu terjadi ketika manusia masih bayi, dimulai pada usia sekitar 6 bulan dan akan lengkap di usia sekitar 3 tahun. Sedangkan fase gigi permanen akan menggantikan gigi susu yang tanggal, yaitu berkisar mulai usia 6 tahun s/d 13 tahun, kemudia disusul lagi dengan tumbuhnya gigi geraham ketiga atau yang sering disebut dengan geraham bungsu pada usia sekitar 17 s/d 25 tahun. 

Jika semua gigi geraham permanen sudah tumbuh, maka setidaknya secara normal manusia akan memiliki sebanyak 12 buah gigi geraham. Jumlah itu tersebar di bagian kanan kiri dan atas bawah yang masing-masing sisi rahang memiliki sebanyak 3 buah gigi geraham permanen. 

Untuk gambaran lebih jelasnya, Anda dapat melihat gambar urutan erupsi gigi sulung dan gigi permanen menurut American Dental Association (ADA).

Jadi, apakah gigi geraham bisa tumbuh lagi? Jawabannya adalah tergantung gigi geraham apa yang tanggal/rusak/dicabut. Bila gigi geraham adalah gigi susu maka ia akan digantikan dengan gigi permanen, bila gigi geraham tersebut adalah gigi permanen, maka tidak akan bisa tumbuh lagi bila sudah rusak/tanggal/dicabut.

Apakah Gigi Geraham Bisa Tumbuh Lagi setelah Lepas?

Manusia hanya mengalami 2 fase pertumbuhan gigi, yaitu fase gigi susu dan fase gigi permanen. Masing-masing gigi hanya muncul sekali saja dalam fase tersebut. Hanya gigi susu  sudah tanggal yang dapat digantikan dengan gigi permanen, sedangkang gigi permanen sudah tidak dapat tumbuh kembali bila sudah dicabut.

1. Apakah Gigi Geraham Bisa Tumbuh Lagi pada Anak?

Pada anak-anak yang masih berada dalam fase gigi susu, jika gigi geraham susu tanggal atau lepas akan digantikan dengan gigi geraham permanen sesuai dengan usia pertumbuhannya. Perlu diingat bahwa masing-masing gigi memiliki waktunya sendiri untuk lepas dan digantikan dengan gigi permanen. Oleh karena itu, sebelum waktunya gigi susu itu lepas, maka sangat penting kita menjaga gigi tersebut tetap sehat di dalam mulut. Bila gigi susu hilang sebelum waktunya,  pertumbuhan gigi permanen di bawahnya akan terhambat. Kemudian gigi susu yang rusak dan mengalami infeksi juga akan menyebabkan kelainan perkembangan gigi dan tertundanya pertumbuhan gigi permanennya.

Mengingat fungsi geraham untuk mengunyah makanan sangatlah penting, kemunculan masalah di sana harus segera ditangani segera. Contohnya, gigi geraham berlubang sewaktu masih anak-anak.

Untuk mendapatkan perawatan cepat, bisa datang ke klinik gigi untuk segera mendapat penanganan yang tepat untuk gigi tersebut sebelum terlambat. . 

Bagaimana Cara Mengganti Gigi Geraham yang Sudah Hilang? 

Bila gigi permanen Anda sudah dicabut/hilang, maka satu-satunya cara untuk menggantikan gigi tersebut adalah dengan menggunakan gigi tiruan. Terdapat berbagai macam jenis gigi tiruan yang tersedia untuk menggantikan gigi Anda, mulai dari implant gigi, gigi tiruan jembatan (bridge), hingga gigi tiruan lepasan.

Implan gigi merupakan pilihan terbaik dan ternyaman untuk menggantikan gigi yang hilang bila kondisi kesehatan pasien secara umum baik. Tidak hanya gigi geraham saja, namun berlaku juga untuk gigi lainnya. Kelebihannya benar-benar menyerupai gigi asli alami, kuat, dan tahan lama. Sehingga pada akhirnya mengembalikan fungsi pengunyahan, berbicara, dan penampilan..

Sebelum melakukan tindakan penggantian gigi, konsultasikan terlebih dahulu dengan tenaga profesional dan spesialis. Pasalnya, setiap orang memiliki keadaan yang kompleks dan berbeda-beda, oleh karenanya perlu penanganan yang kemungkinan tidak sama.

Masalah Umum Gigi Geraham Tumbuh

Geraham seolah menjadi gigi yang memang membutuhkan perawatan khusus, di mana perawatan itu berbeda dengan gigi lainnya. Sebagai gigi permanen yang membawa fungsi mengunyah, penting memperhatikan jika ada masalah muncul pada bagian ini.

Berikut beberapa masalah umum yang terjadi pada pertumbuhan gigi geraham.

1. Gigi Geraham Tumbuh Miring

Pertumbuhan miring sehingga gigi tidak keluar dari gusi sepenuhnya maupun seluruhnya. Alhasil, seiring pertumbuhan terus-menerus akan berpotensi merusak tatanan gigi di sebelahnya. Keadaan geraham seperti ini dikenal sebagai impaksi gigi.

Mengapa impaksi dan kelainan gigi seperti ini bisa terjadi? Seiring berjalannya waktu dan evolusi umat manusia, ukuran rahang manusia modern berdasarkan penelitian semakin mengecil.

Ukuran rahang yang kecil namun tidak dibarengi pengurangan jumlah gigi, mengakibatkan beberapa kasus di mana gigi tumbuh tidak pada tempatnya. Pada beberapa kasus gigi anak yang dicabut sebelum waktunya juga dapat menyebabkan gigi permanen menjadi tumbuh berjejal karena kurangnya ruang.

2. Gigi Geraham Berlubang

Selanjutnya terdapat masalah yang terbilang umum menyerang semua kalangan usia, yaitu gigi berlubang. Seorang anak yang sering mengemut makanan, makan makanan manis, dan tidak melakukan pembersihkan gigi yang baik memiliki potensi terkena masalah geraham berlubang.

Pun orang dewasa yang jarang membersihkan gigi setiap hari, plak yang menempel di geraham dapat mengakibatkan rumah bakteri. Alhasil gigi menjadi berlubang, menyebabkan sakit, ngilu, hingga memunculkan potensi nanah di gusi maupun gigi.

Pada keadaan geraham berlubang yang parah dan tidak dapat dilakukan perawatan lagi, tindakan pencabutan mungkin harus diambil. 

3. Gigi Geraham Patah

Gigi patah dapat terjadi karena beban kunyah yang berlebihan pada area gigi geraham tersebut. Contohnya adalah kebiasaan buruk orang yang membuka tutup botol dengan gigi geraham,  atau karena tindakan lain yang berpotensi mengelupas lapisan enamel gigi, juga membuat gigi rapuh kemudian rentan patah.

Keadaan patah tersebut bisa sangat mengganggu, dapat menyebabkan sakit, dan memberi kesempatan sangat besar untuk sisa makanan tersangkut di sela patahan. Pada akhirnya, lagi-lagi, menjadi sarang bakteri untuk berkembang biak merusak geraham secara keseluruhan.

Guna menghindari berbagai masalah umum yang mungkin terjadi pada geraham. Penting kiranya melakukan konsultasi rutin ke tenaga profesional, seperti klinik gigi maupun rumah sakit yang menyediakan poli kesehatan gigi dan mulut.

Konsultasi Masalah Gigi Anda di Klinik Gigi Terbaik

Perlu kami tekankan, jangan terlampau percaya bulat-bulat bahwa datang ke dokter gigi itu sakit. Pasalnya, dokter memiliki prosedur medis untuk setiap penanganan dengan cara painless, bahkan untuk tindakan odontektomi.

Konsultasi rutin ke dokter gigi penting, setidaknya 6 bulan sekali, untuk mengantisipasi terjadinya masalah yang jauh lebih serius. Artinya, untuk datang ke klinik gigi terbaik, tidak menunggu terjadinya masalah dan kendala. Tetapi keadaan normal sebagai langkah preventif munculnya masalah serius dalam kesehatan gigi dan mulut.

Mydents Dental Care sebagai salah satu klinik terbaik hadir di berbagai kota di Indonesia. Memberikan layanan tindakan lengkap, serta konsultasi gratis sebelum janji temu. Beberapa layanan Mydents antara lain:

  1. Perawatan spesialis gigi
  2. Perawatan gigi anak
  3. Ortodonti
  4. Scaling gigi
  5. Bleaching gigi
  6. Perawatan saluran akar
  7. Penambalan gigi
  8. Gigi tiruan
  9. Implan gigi
  10. Odontektomi

Dan masih banyak lagi layanan yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan setelah melakukan konsultasi. Yuk, mulai sekarang lebih care terhadap kesehatan gigi dan mulut Anda sendiri. Biar bisa memberi senyum percaya diri dalam semua keadaan.

Kesimpulan

Berdasarkan serangkaian penjelasan di atas, gigi geraham permanen yang mengalami rusak, tanggal (hilang) dan sudah dicabut tidak akan bisa tumbuh lagi. Membutuhkan beberapa tindakan medis untuk mengembalikan fungsi geraham.

Salah satu tindakan yang direkomendasikan adalah mengganti gigi yang hilang dengan gigi tiruan. Salah satu jenis gigi tiruan yang direkomendasikan adalah implan gigi, karena implan gigi memiliki keunggulan sebagaimana fungsi gigi asli pada umumnya. Yaitu kuat, durabilitas baik, nyaman, dan pastinya dapat memberi fungsi mengunyah yang optimal.

Untuk mencegah terjadinya masalah serius pada gigi dan mulut, penting kiranya konsultasi secara rutin ke klinik gigi, setidaknya 6 bulan sekali pada keadaan normal. Jika keadaan perlu tindakan segera, konsultasi secepatnya dalam rentang waktu lebih pendek menjadi pilihan.

Demikian informasi terkait apakah gigi geraham bisa tumbuh lagi. Cegah gigi geraham berharga yang hanya tumbuh sekali seumur hidup itu dengan perawatan rutin, jika mengalami masalah-masalah pada geraham seperti di atas, jangan ragu untuk menghubungi Mydents terdekat di kota Anda.

Ditinjau oleh: drg. Mediani Retno Putri, MARS

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami