HomeKesehatan GigiGigi Berlubang Tumbuh Daging

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Tumbuh Daging (Polip Pulpa)

Gigi Berlubang Tumbuh Daging (Polip Pulpa), Bagaimana Mengatasi

Daftar Isi

Mengalami masalah gigi berlubang tumbuh daging di dalam lubangnya? Kondisi tersebut mengakibatkan rasa khawatir dan tidak nyaman di sekitar bagian gigi yang berlubang. Sehingga membutuhkan tindakan medis yang tepat sesuai dengan standar prosedur.

Alasan bisa tumbuh daging di tengah-tengah lubang gigi kemungkinan besar lantaran gigi berlubang yang tidak mendapat penanganan segera. Alhasil, seolah-olah tumbuh daging dari dalam lubang gigi.

Oleh karenanya, sangat penting melakukan kontrol rutin ke dokter gigi spesialis di klinik terbaik, seperti Mydents Dental Care, guna mengantisipasi infeksi seperti itu. Kontrol tidak hanya mengobati masalah gigi dan mulut yang sudah terjadi, tetapi kontrol juga sebagai tindakan preventif atau pencegahan masalah yang lebih besar.

Lantas, bagaimana perawatan medis hingga penanganan dengan obat tradisional untuk mengatasi daging tumbuh di gigi berlubang?

Gigi Berlubang Tumbuh Daging (Polip Pulpa)

Pertumbuhan daging di tengah gigi berlubang disebut sebagai polip pulpa. Polip pulpa merupakan jaringan pulpa yang mengalami inflamasi hiperplastik pada rongga gigi berlubang yang terbuka karena adanya invasi bakteri yang terjadi.

Metode medis untuk mengatasi polip pulpa yang paling umum antara lain: menggunakan prosedur perawatan akar gigi, restorasi gigi, pencabutan gigi, dan sebagainya. Namun sebelum membahas tentang perawatan, alangkah baik untuk tahu apa yang menjadi penyebab polip pulpa tersebut.

1. Penyebab Tumbuh Daging di Gigi Berlubang

Ada beberapa penyebab polip pulpa, kondisi di mana daging seolah-olah keluar atau tumbuh dari dalam lubang gigi. Penyebab yang paling umum antara lain:

a) Gigi Berlubang

Penyebab polip pulpa pertama karena gigi berlubang, struktur yang menyusun gigi menghilang. Sehingga terdapat bagian yang terbuka hingga lapisan jaringan ikat yang merupakan tempat saraf dan pembuluh darah pada gigi yang disebut pulpa.

Gigi berlubang bisa terjadi karena banyak faktor, seperti jarang membersihkan gigi, sisa makanan yang menempel pada gigi, makan makanan yang keras, hingga faktor usia. Penanganan gigi berlubang segera sangat penting guna mengantisipasi terjadinya infeksi dan masalah yang lain.

b) Gigi Patah

Selain dari gigi berlubang, penyebab polip pulpa lebih khusus karena cedera, kecelakaan, atau hal lainnya yang membuat gigi patah. Dampaknya sama seperti gigi berlubang, membuat pulpa terbuka.

Seiring berjalannya waktu, jaringan yang mestinya berada di dalam mahkota gigi, mendapat rangsangan dari luar menjadikannya meradang.

c) Tindakan Terlambat

Mengalami gigi berlubang maupun gigi patah kalau segera mendapat tindakan yang tepat, tidak akan mengalami polip pulpa. Namun, lantaran tindakan terlambat, lubang menjadi rumah bakteri yang menghasilkan infeksi.

Jaringan ikat pulpa yang mengalami infeksi menjadi radang dan bengkak. Bagian daging tersebut lantas menonjol seperti tumbuh melalui lubang di gigi.

2. Gejala Daging Tumbuh di Gigi Berlubang (Polip Pulpa)

Faktanya, pulpa adalah satu-satunya jaringan gigi yang memiliki pembuluh darah. Sehingga infeksi kronis yang terjadi di sana dapat menimbulkan jaringan hiperplastik yang muncul seperti benjolan. Lantas, apa gejala awal jika seseorang mengalami polip pulpa?

a) Ada Benjolan

Gejala yang awal dan bisa pasien rasakan sendiri adalah merasakan adanya benjolan. Kemudian saat dilihat, muncul seolah-olah daging tumbuh di lubang gigi.

Seringkali kasus benjolan daging tumbuh di gusi belakang atau gigi geraham, Lantaran gigi tersebut mempunyai permukaan yang paling lebar daripada jenis gigi lain. Hanya saja tidak menutup kemungkinan polip pulpa muncul di gigi lain dan bagian jaringan gusi.

b) Rasa Sakit

Selain benjolan, terkadang pasien akan merasakan rasa sakit, bengkak, dan adanya perdarahan. Apalagi ketika bagian daging pulpa yang menonjol bersentuhan dengan makanan. Nah, rasa sakit itu lebih sering terasa ketika mengunyah makanan tepat di bagian gigi yang berlubang.

Ada banyak cara menghilangkan polip pulpa tanpa operasi, sekaligus untuk mengatasi rasa sakit yang muncul. Jika tidak makan pun terasa sakit, infeksi yang terjadi pada pulpa sudah kronis. Maka membutuhkan penanganan ke dokter spesialis perawatan akar gigi secepatnya.

c) Radang Gusi

Gejala lainnya berupa radang gusi, atau gusi yang berada di sekitar gigi berlubang bengkak. Berdasarkan gejala ini, sebenarnya gusi bengkak bukan hanya karena gigi berlubang, melainkan bisa jadi gejala polip pulpa.

Bahayakah gigi berlubang tumbuh daging? Ya, gejala yang lebih parah dapat berpengaruh pada berbagai aktivitas. Misalnya radang dan infeksi ke jaringan di sekitarnya, gangguan mengunyah, sampai masalah baru di gigi yang sehat.

d) Pendarahan

Pendarahan dapat terjadi karena jaringan pulpa memiliki pembuluh darah. Jika mengalami gejala ini, sebaiknya tidak menunggu untuk datang ke klinik gigi. Penanganan secepatnya dapat mengantisipasi terjadinya masalah yang jauh lebih serius.

Risiko dan Bahaya Gigi Berlubang Tumbuh Daging

Jika tetap dibiarkan begitu saja, polip pulpa dapat mengakibatkan bahaya dan komplikasi. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Radang gusi atau bengkak di gusi
  2. Sakit dan nyeri di sekitar gigi
  3. Pendarahan gusi dan pulpa
  4. Gigi sehat di sekitarnya menjadi rusak/berlubang
  5. Rusaknya jaringan peridontal  (jaringan sekitar gigi)

Perawatan Medis Polip Pulpa, Gigi Berlubang Tumbuh Daging

Dalam pandangan medis, khususnya kesehatan gigi dan mulut, polip pulpa dapat ditangani dengan beberapa prosedur berikut.

1. Perawatan Saluran Akar Gigi

Pertama dengan perawatan saluran akar gigi (root canal treatment) yang bekerja dengan cara membersihkan saluran akar. Untuk mengatasi polip pulpa yang sudah kronis, dokter akan melakukan prosedur bedah kecil dengan mengangkat pulpa dan mematikan saraf gigi berlubang, kemudian menutupnya dengan tambalan.

2. Penambalan Gigi Berlubang

Penambalan biasanya akan dilakukan setelah perawatan saluran akar selesai, setelah imfeksi sudah hilang dan tidak adanya keluhan maka akan dilakukan dengan membersihkan gigi berlubang sampai benar-benar steril. Mengingat penyebab radang pulpa karena infeksi bakteri, penambalan memiliki fungsi menutup lubang gigi agar tidak terjadi infeksi berulang. 

3. Pencabutan Gigi Berlubang

Pencabutan gigi memunginkan mengatasi polip pulpa secara instan. Pasalnya, radang pulpa juga akan terangkat jika melakukan pencabutan. Hanya saja, metode pencabutan ada yang tanpa operasi, ada juga yang mengharuskan operasi odontektomi apabila tejadi pada gigi bungsu.

4. Pemberian Obat Analgesik

Guna mengantisipasi rasa sakit yang tidak tertahankan, pemberian obat analgesik dapat meredakan gejala tidak nyaman itu. Penting Anda perhatikan bahwa, obat telan pereda nyeri (analgesik) tidak mengatasi penyebab utama polip pulpa, ini hanya menghilangkan gejala rasa sakit yang muncul sementara.

Dengan konsultasi gratis ke dokter spesialis di Klinik Mydents, Anda akan memperoleh arahan sesuai prosedur medis yang tepat. Tujuannya untuk mengatasi gigi berlubang tumbuh daging berdasarkan masing-masing keadaan spesifik pasien.

Pengobatan Alami Gigi Berlubang Tumbuh Daging

Sayangnya, tidak ada cara mengobati polip pulpa secara alami karena polip pulpa hanya akan hilang bila dilakukan perawatan gigi yang telah di jelaskan di atas. 

Mengingat hingga sekarang tidak ada obat alami yang efektif untuk mengatasi polip pulpa, sebaiknya langsung mendatangi dokter spesialis kesehatan gigi dan mulut. Demikian penjelasan polip pulpa atau gigi berlubang tumbuh daging, semoga membantu, ya!

Ditinjau oleh: drg. Latifa Zahara

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami