HomeKesehatan GigiBiaya Rontgen Gigi

Estimasi Biaya Rontgen Gigi Berdasarkan Jenisnya Lengkap

Biaya Rontgen Gigi

Daftar Isi

Istilah lain rontgen gigi adalah radiografi gigi atau dental x-ray, yang bertujuan untuk mengidentifikasi masalah gigi dan mulut.

Selain itu, rontgen gigi  juga dapat dilakukan sebagai langkah persiapan awal sebelum melakukan tindakan, seperti pada perawatan saluran akar, penambalan, perawatan orthodonti atau behel, hingga odontektomi atau operasi gigi geraham bungsu. Oleh karena itu, biaya rontgen gigi dapat bervariatif tergantung kebutuhan dan perawatan gigi apa yang akan dilakukan.

Secara lebih rinci, tujuan melakukan rontgen gigi antara lain:

  1. Mengetahui kondisi serta susunan gigi keseluruhan
  2. Memeriksa keadaan tulang hingga jaringan lunak pendukung gigi
  3. Sebagai identifikasi dini jika terjadi masalah pada gigi dan mulut
  4. Rontgen gigi untuk persiapan melakukan tindakan odontektomi
  5. Menentukan tingkatan perlu atau tidaknya menggunakan behel gigi atau kawat gigi
  6. Mengecek secara detail bagaimana tingkat kerusakan dalam tulang maupun akar gigi
  7. Memantau tahap pertumbuhan gigi tetap untuk menggantikan gigi sementara dengan intensif pada anak-anak
  8. Rontgen gigi untuk indikasi terjadinya impaksi

Berdasarkan beberapa tujuan di atas, sebenarnya rontgen gigi tidak hanya dilakukan ketika mengalami masalah kesehatan. Melainkan juga perlu dalam hal pemantauan pertumbuhan gigi geligi, kontrol, dan sebagainya.

Biaya Rontgen Gigi Berdasarkan Jenis

Garis besar biaya rontgen gigi dapat dilihat dari jenis tindakan dental x-ray yang dilakukan.

Ada 2 kategori besar rontgen gigi, yaitu intraoral dan ekstraoral. Intraoral berkaitan dengan masalah di dalam gigi dan gusi. Ekstraoral dapat berkaitan dengan masalah di luar gigi maupun di dalam rongga gigi dan mulut,gusi, tengkorak, misalnya di rahang atau bagian mulut lainnya.

Dalam kategori intraoral rontgen, meliputi: periapical, bitewing, dan occlusal x-ray. Sedangkan dalam kategori ekstraoral rontgen, meliputi: panoramic, cephalometric, sialografi, dan computed tomography x-ray.

Berikut ini perkiraan biaya rontgen gigi berdasarkan rincian kategori jenis rontgen tersebut.

1. Jenis Rontgen Gigi Bitewing X-ray

Bitewing x-ray atau rontgen gigitan dilakukan dengan pasien menggigit film sinar-x untuk menemukan sumber yang mengakibatkan area gigi merasa tidak nyaman.

Hasilnya cukup detail, dapat memberi informasi susunan gigi atas dan bawah, evaluasi karies dan penambalan gigi. Harga rontgen ini terjangkau mulai Rp 150.000 dan prosesnya terbilang cepat.

2. Jenis Rontgen Gigi Periapical X-ray

Ibaratnya, rontgen bitewing hanya melihat permukaan, untuk menembus ke lapisan gusi lebih dalam perlu jenis rontgen periapical x-ray. Rontgen ini akan menangkap gambaran keseluruhan gigi, menembus melewati garis gusi dan akar gigi.

Rontgen periapical x-ray tidak hanya melihat adanya masalah gigi berlubang, dan penyakit pada gusi, melainkan juga mendeteksi kerusakan akar gigi hingga masalah tulang pemyangga gigi geligi. Harga rontgen gigi jenis ini mulai dari Rp 300.000 tergantung fasilitas kesehatan yang menyediakannya.

3. Jenis Rontgen Gigi Occlusal X-ray

Selanjutnya ada rontgen gigi occlusal, yang akan menangkap keseluruhan dari langit sampai dasar mulut. Sehingga dokter gigi dapat melihat secara lengkap bagaimana susunan lengkungan gigi.

Misalnya, untuk evaluasi benih gigi pada kasus pertumbuhan gigi ekstra atau supernumerary. Apakah pertumbuhan gigi ekstra tersebut berpotensi merusak susunan lengkungan gigi permanen yang sehat atau tidak. Biaya rontgen gigi occlusal mulai dari Rp 300.000.

4. Jenis Rontgen Gigi Panoramic X-ray

Masuk dalam kategori rontgen ekstraoral, panoramic x-ray sangat populer. Pasalnya, dengan sekali pemindaian akan memberi hasil 2D sangat detail seluruh keadaan rongga mulut. Mulai dari informasi gigi, rahang, hingga jaringan di dalam mulut pasien.

Harga rontgen gigi panoramic umumnya masih di kisaran Rp 300.000, rontgen ini juga dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan perawatan gigi. Contohnya seperti pemeriksaan sebelum tindakan, kontrol pasca-tindakan, maupun pemeriksaan jangka panjang.

5. Jenis Rontgen Gigi Cephalometric Projections X-ray

Selanjutnya ada rontgen gigi cephalometric projections atau proyeksi sefalometri, yang akan memindai satu bagian utuh di kepala. Jadi, rontgen ini tidak hanya menangkap rongga mulut, melainkan juga rongga tenggorokan, kerongkongan, dan jaringan di sekitarnya.

Merupakan rontgen yang mencangkup jaringan lebih luas, sehingga rontgen cephalometric projections juga dapat mengindikasi masalah selain di gigi dan mulut. Rontgent Cephalometri ini juga sering digunakan untuk diagnosis kasus orthodonsia sebelum dilakukan pemasangan behel untuk melihat keadaan tulang wajah. Harga rontgen gigi jenis ini mulai dari Rp 400.000 tergantung rumah sakit atau klinik.

6. Jenis Rontgen Gigi Sialografi X-ray

Rontgen ekstraoral ini berfokus pada radiografi untuk pemeriksaan pada kelenjar ludah atau air liur. Prosesnya dengan melalui penyuntikan liquid kontras ke jaringan kelenjar ludah tersebut. Kemudian akan menghasilkan gambar sialogram untuk melihat apakah ada masalah di jaringan itu atau tidak.

Berhubung fokus pada jaringan lunak, biasanya rata-rata biaya rontgen gigi sialografi x-ray mulai dari Rp 500.000. Untuk hasil yang akurat dan aman untuk pasien, sebaiknya memilih fasilitas kesehatan yang menyediakan alat lengkap.

7. Jenis Rontgen Gigi Computed Tomography X-ray

Punya ruang lingkup lebih luas lagi, Computed Tomography atau yg sering disebut dengan CT Scan akan memberi gambaran lengkap pemindaian penampang tubuh. Gambar yang dihasilkan meliputi organ dalam manusia, pembuluh darah, jaringan lunak, tulang, dan sebagainya.

Sehingga, CT Scan dapat mengindikasi masalah spesifik dalam seluruh organ yang dipindai. Misalnya cedera kepala, pada bagian mana masalah utama terjadi, serta apakah masalah tersebut dapat mengindikasikan penyakit mematikan.

Biaya CT Scan berkisar mulai Rp 600.000 hingga Rp 2.000.000 tergantung pada organ, bagian atau lokasi yang dipindai, dan tempat atau fasilitas kesehatan melakukan rontgent tersebut.

Biaya Rontgen Gigi secara Umum di Fasilitas Kesehatan

Berdasarkan jenis foto rontgen gigi di atas, kiranya Anda sudah memiliki gambaran berapa kisaran biaya yang diperlukan. Misalnya untuk kebutuhan sederhana, seperti untuk mengetahui gigi berlubang bisa menggunakan metode bitewing x-ray atau dengan periapikal x-ray.

Nah, kemudian apakah biaya rontgen gigi dari setiap fasilitas kesehatan juga berbeda? Ternyata ya, harga masing-masing jenis rontgen kemungkinan tidak sama tergantung fasilitas kesehatan dan lokasinya.

1. Biaya Rontgen Gigi di Rumah Sakit

Ada banyak jenis rontgen di rumah sakit, seperti rontgen paru, kaki, perut, tulang, hingga gigi. Harga rontgen gigi dan mulut di rumah sakit, seperti RSUD berkisar mulai Rp 300.000 sampai Rp 1.000.000.

Setelah hasil rontgen keluar, dokter akan melakukan analisis untuk menjawab apakah perlu dilakukan tindakan atau tidak. Kabar baiknya, nyaris semua rumah sakit menyediakan ruangan radiologi untuk rontgen gigi.

2. Biaya Rontgen Gigi di Klinik Terbaik

Di klinik gigi, biaya rontgen masih terjangkau, yaitu berkisar Rp 300.000 sampai Rp 1.000.000 tergantung jenis rontgen, namun tidak semua klinik gigi memiliki fasilitas rontgen.

Di klinik gigi, pasien dapat melakukan konsultasi intensif guna menentukan apa solusi terbaik untuk masalah yang sedang dialami sekaligus melakukan rontgen gigi yang dibutuhkan untuk menentukan diagnosis atau tindakan perawatan. Misalnya klinik Mydents Dental Care yang tersedia di berbagai kota di Indonesia.

Setiap cabang Mydents memiliki spesialisasi  yang kredibel. Artinya, masalah Anda ditangani oleh tenaga profesional yang tepat. Tentu dengan mempertimbangkan biaya rontgen terjangkau sesuai kebutuhan pasien.

3. Biaya Rontgen Gigi di Fasilitas Kesehatan Lain

Sedangkan di fasilitas kesehatan lainnya, misalnya biaya rontgen gigi di puskesmas laboratorium khusus rontgen, harga berkisar mulai Rp 120.000 sampai Rp 500.000. Penting Anda perhatikan, apakah fasilitas kesehatan itu memiliki alat memadai dalam melakukan pemindaian x-ray.

Jika tidak pernah rontgen gigi sebelumnya, ada baiknya mendatangi fasilitas kesehatan untuk mendapatkan informasi. Misalnya informasi tentang harga/biaya layanan, jenis rontgen yang tersedia, kesediaan alat, atau rekomendasi ke fasilitas kesehatan rujukan.

Kapan Waktu Terbaik Melakukan Rontgen Gigi?

Sebelum menjawab kapan waktu terbaik melakukan rontgen gigi, ada sebuah pertanyaan penting yaitu, kapan terakhir kali Anda konsultasi atau kontrol ke dokter gigi?

Kalau sebelumnya sudah pernah melakukan kontrol, dan ternyata setiap kontrol tidak ditemukan masalah atau kendala gigi dan mulut, dokter gigi biasanya akan menyarankan rontgen satu tahun sekali untuk observasi dan memastikan lebih detail.

Rentang waktu rontgen gigi akan menjadi lebih sering kalau pasien sedang melakukan perawatan, dalam masa pemulihan, atau persiapan sebelum tindakan. Ya, kontrol ke dokter gigi sebenarnya salah satu langkah awal, jika ditemukan masalah pada gigi dan mulut supaya tidak menjadi semakin parah dan berbahaya.

Lain cerita kalau Anda tidak pernah kontrol ke dokter gigi sama sekali. Rontgen biasanya akan disarankan untuk mengetahui kondisi gigi geligi, apalagi kalau anda sedang mengalami sakit gigi. Tenang, rontgen bukanlah sesuatu yang menakutkan. Apakah rontgen gigi sakit? Tidak, rontgen tidak sakit sama sekali. 

Dari penjelasan di atas, sebenarnya dapat kita tarik sebuah benang merah bahwa melakukan pemeriksaan ke dokter gigi sangatlah penting. Bukan hanya datang sewaktu terjadi masalah pada gigi, melainkan datang untuk konsultasi, kontrol rutin dan rontgen untuk memastikan tidak ada masalah pada rongga mulut. Pun kalau ditemukan masalah, dapat di indentifikasi sedini mungkin supaya masalah tersebut segera bisa diatasi sebelum menjadi fatal.

Biaya Rontgen Gigi, Membuat Janji di Klinik Terdekat

Anda ingin konsultasi dan kontrol ke dokter gigi, namun sebelumnya belum pernah melakukannya. Lantas, bagaimana cara membuat janji di klinik gigi terdekat?

  1. Hubungi kontak salah satu cabang Mydents Dental Care terdekat di kota Anda.
  2. Utarakan maksud dan tujuan, atau masalah yang berkaitan dengan gigi dan mulut.
  3. Tanyakan jadwal praktik dokter gigi ataupun dokter spesialis berdasarkan masalah yang Anda alami.
  4. Buat janji pada hari atau jam praktik dokter gigi atau dokter spesialis yang dituju tersebut, dalam hal ini sebaiknya Anda ingat nama dokter yang akan memberi penanganan.
  5. Berangkat ke cabang Mydents Dental Care sesuai dengan jadwal janji temu di klinik gigi yang sudah Anda buat.

Demikian informasi lengkap perkiraan biaya rontgen gigi berdasarkan jenis rontgen dan fasilitas kesehatan. Konsultasi gratis masalah gigi dan mulut Anda di Mydents, we create healthy and beautiful smile!

Ditinjau oleh: drg. Ni Wayan Asti Saraswati

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami