HomeTambal GigiCara Menghilangkan Gigi Hitam di Tengah

Penyebab dan Cara Menghilangkan Gigi Hitam di Tengah

Penyebab dan Cara Menghilangkan Gigi Hitam di Tengah

Daftar Isi

Cara menghilangkan gigi hitam di tengah, tepat berada di antara dua gigi yang mengganggu penampilan, akan kami bahas secara lebih lengkap dan mendalam di sini.

Pada dasarnya, lokasi kemunculan noda hitam di gigi tidak selalu berada di antara dua gigi. Namun, noda hitam itu bisa juga muncul di tengah-tengah gigi, di antara gigi dan gusi, atau yang paling umum di permukaan gigi geraham.

Gigi hitam selain bisa mengganggu penampilan, juga berpengaruh pada kesehatan. Jika tidak segera ditangani dengan tepat, karies gigi yang membuat gigi berwarna hitam memicu infeksi yang berbahaya untuk kesehatan gigi dan mulut.

5 Cara Menghilangkan Gigi Hitam di Tengah

Karang gigi hitam umumnya terbentuk karena penumpukan plak sebagai sarang bakteri buruk. Membersihkan gigi dan kontrol rutin ke dokter sangatlah penting. Misalnya dengan kontrol di cabang Mydents yang menyediakan tenaga profesional dan spesialis.

Tujuannya, untuk berkonsultasi tindakan terbaik cara menghilangkan gigi hitam di tengah maupun keadaan gigi menghitam lainnya. Termasuk pencegahan terhadap infeksi yang menjadi masalah lebih serius.

1. Tambal Gigi sebagai Cara Menghilangkan Gigi Hitam di Tengah

Tindakan pertama yang juga sebagai solusi gigi berlubang hitam adalah tambal gigi. Dokter akan memasukkan bahan tambalan khusus sesuai dengan masing-masing keadaan gigi pasien.

Sebab, penyebab gigi hitam tidak hanya karena lubang gigi dan bakteri. Bisa juga karena gigi patah yang tentu memberi rasa tidak nyaman bagi seseorang. Nah, penambalan gigi merupakan tindakan tanpa operasi, jadi Anda tidak perlu khawatir terkait hal itu.

Meski begitu tambal gigi harus dilakukan oleh tenaga yang profesional. Sebelum ditambal, proses pembersihan lubang di gigi sangatlah penting. Proses ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran tinggi supaya tidak menyimpan bakteri di dalamnya.

2. Scaling untuk Karang Gigi Hitam

Jika gigi hitam di tengah karena karang gigi, maka tindakan scaling merupakan langkah yang tepat. Scaling menggunakan alat ultrasonic scaler dapat merontokkan karang yang berwarna kuning, coklat, bahkan hitam.

Karang gigi terbentuk dari plak-plak yang menumpuk tanpa pernah dibersihkan. Atau saat menggosok gigi tidak menyeluruh, jadi tidak bisa menjangkau bagian plak tersebut hingga pada akhirnya menjadi karang gigi.

Plak gigi hitam apalagi lokasinya berada di depan, tentu sangat mengganggu. Dengan scaling gigi Anda juga akan terbebas dari masalah gigi dan mulut, contohnya bau mulut. Karang gigi merupakan penyebab utama munculnya aroma tidak sedap.

3. Veneer Gigi, Memperbaiki Sekaligus Memperindah

Cara menghilangkan gigi hitam di tengah yang efektif berikutnya adalah veneer. Ya, tindakan veneer dilakukan dengan melapisi gigi dengan bahan khusus. Ini memang berkaitan dengan estetika atau keindahan, tetapi juga bisa diterapkan untuk mengatasi masalah gigi berlubang, patah, tergores, dan menghitam.

Cocok sebagai cara menghilangkan noda hitam pada gigi depan, sebab penerapan veneer untuk semua deretan gigi baik atas maupun bawah. Begitu pula jika sela-sela gigi hitam, veneer dapat menjadi solusi pertama yang Anda ambil.

Berbeda dengan veneer, bleaching tidak melapisi gigi, melainkan hanya untuk mengembalikan warna putih natural. Jadi, tindakan bleaching gigi bukan solusi untuk mengatasi masalah gigi hitam yang berlubang.

4. Crown Gigi untuk Kerusakan Lebih Parah

Jika kerusakan sudah parah, misalnya gigi geraham hitam di tengah, maka bisa menambahkan crown atau mahkota gigi. Crown gigi disebut juga dental crown atau mahkota gigi, adalah selubung gigi palsu untuk menutupi kerusakan parah gigi asli.

Crown cocok untuk melindungi supaya kerusakan tidak melebar, mencegah pembusukan fatal, serta mengembalikan fungsi gigi. Jika yang rusak adalah gigi geraham, fungsi mengunyah akan kembali normal berkat pemasangan crown.

Cobalah untuk membawa ke dokter gigi untuk melihat seberapa parah keadaan lubang gigi geraham Anda. Pada titik tertentu yang jauh lebih parah, gigi geraham membutuhkan tindakan pencabutan dengan operasi odontektomi.

5. Cara Menghilangkan Gigi Hitam di Tengah Berdasarkan Penyebab

Selanjutnya selain tindakan medis di atas, Anda perlu menghindari penyebab mengapa bisa muncul noda hitam atau kerusakan hitam di gigi. Contohnya, anak-anak yang memakan makanan lengket dan manis (seperti permen). Biasanya mengalami sela-sela gigi hitam di depan. Maka sebaiknya berhenti mengkonsumsi makanan itu terlebih dulu, sebelum maupun sesudah tindakan medis di klinik gigi terbaik.

Atau kalau penyebabnya adalah minum minuman seperti kopi, soda, atau alkohol. Sebaiknya juga menghindari minuman berwarna yang berpotensi merusak gigi serta menghilangkan kekuatan enamel.

Bintik hitam di gigi geraham umumnya muncul karena makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Perhatikan baik-baik apakah ada jenis makanan dan minuman yang mengakibatkan perubahan warna, pengeroposan lapisan enamel, atau membuat lubang di gigi.

Untuk mengetahui penyebab pasti, Anda bisa konsultasi ke dokter spesialis di Mydents Dental Care. Sebab, Anda akan memperoleh hasil dari konsultasi, rontgen gigi dan rekomendasi tindakan yang paling tepat.

Penyebab Umum Gigi Hitam di Tengah

Sebagaimana yang sudah kami sampaikan sebelumnya, cara menghilangkan gigi hitam di tengah dapat dilakukan dengan pencegahan. Yaitu dengan mengetahui penyebabnya terlebih dulu, lalu menghentikan penyebab supaya kerusakan tidak lebih parah.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab kemunculan noda hitam di gigi yang berakibat pada fungsi maupun tampilan seseorang.

  1. Plak gigi, menjadi penyebab yang bersumber dari jarang membersihkan gigi atau saat menyikat gigi tidak menjangkau sisi tersebut.
  2. Lebih lanjut untuk plak gigi, yang menjadi karang gigi hitam. Mengakibatkan bau mulut, merusak tampilan, serta penurunan fungsi gigi.
  3. Minuman yang mengandung zat berwarna gelap seperti kopi juga dapat memicu noda hitam serta mengubah warna gigi putih jadi kuning.
  4. Kebiasaan merokok harus dihindari, karena kebiasaan ini juga turut andil mengubah warna gigi.
  5. Mengalami karies gigi atau gigi berlubang, terutama di bagian geraham yang memiliki fungsi mengunyah.
  6. Lebih lanjut tentang gigi berlubang, dapat mengakibatkan lubang sampai pulpa, dan pada akhirnya kematian jaringan pulpa (pulpa nekrotik) yang mengakibatkan perubahan warna di sekitar karies.
  7. Gigi patah, bisa karena kecelakaan, hantaman, dan sebagainya. Gigi yang patah menyebabkan terbukanya jaringan pulpa seringkali menjadi sarang bakteri yang dapat membuat warna di sekitarnya menjadi gelap.
  8. Efek samping konsumsi obat-obatan, faktor usia, dan sebagainya.

Konsultasi ke Dokter sebagai Cara Menghilangkan Gigi Hitam di Tengah secara Medis

Perlu Anda ketahui, masalah gigi hitam dapat sangat bervariasi tergantung keadaan masing-masing pasien. Dokter gigi telah menangani berbagai keadaan tersebut, sehingga dapat memberikan solusi paling tepat untuk menangani masalah Anda.

Beberapa cara di atas merupakan gambaran, apa saja tindakan yang mungkin Anda dapatkan. Faktor yang menentukan tindakan adalah tingkat keparahan, lokasi bintik hitam, serta potensi kerusakan lainnya.

Jika gigi hitam berada di sela dua gigi depan, biasanya tambal gigi sederhana yang paling sering disarankan. Namun kalau keadaan berlubang hitam parah di geraham yang mengganggu fungsi kunyah, tindakan lebih lanjut akan disarankan.

Gigi geraham manusia memiliki fungsi yang sangat penting. Tindakan khusus seperti pencabutan dengan operasi odontektomi mungkin menjadi pilihan. Atau melapisi gigi geraham dengan crown jika saluran akar tidak rusak, infeksi, atau busuk.

Masalah dan Menghilangkan Hitam di Gigi Geraham

Satu hal yang perlu Anda garis bawahi terkait perlakuan khusus untuk si geraham. Yaitu terjadinya lubang (bisa dari makanan alot dan keras, manis, plak/bakteri, dan sebagainya). Kemudian, lubang yang terbentuk seiring berjalannya waktu semakin membesar dan parah karena tidak mendapat tindakan segera.

Lubang gigi yang terlanjur besar, memicu radang pulpa. Lantas, dampak lebih lanjutnya adalah kematian jaringan pulpa (pulpa nekrotik).

Masalah karies gigi geraham dan jaringan lunak pulpa itulah yang menjadikan pembusukan, hingga pada akhirnya gigi berwarna hitam. Ini bukan hanya soal tampilan (warna), tetapi juga kesehatan secara menyeluruh. 

Cara menghilangkan gigi hitam di tengah yang sudah terkena jaringan pulpa kemungkinan membutuhkan perawatan saluran akar yang tepat. Mydents Dental Care menyediakan layanan kesehatan gigi dan mulut lengkap dengan tenaga medis spesialis yang profesional. Yuk, mulai sekarang perhatikan kesehatan gigi Anda, agar bebas menebar senyum indah yang amazing!

Ditinjau oleh: drg. Sarah Putri Abellysa

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami