Home • Cabut Gigi • Pasca Operasi Gigi Bungsu

Perawatan dan Pemulihan Pasca Operasi Gigi Bungsu sesuai Prosedur

Pemulihan Pasca Operasi Gigi Bungsu Sesuai Prosedur

Daftar Isi

Pasca operasi gigi bungsu ada 2 tindakan: perawatan dan pemulihan. Tindakan pemulihan dilakukan setelah operasi berhasil, sedangkan tindakan perawatan dilakukan setelahnya dan seterusnya. Misalnya memilih makanan dan minuman yang boleh atau tidak boleh pasien konsumsi, kontrol ke dokter gigi, serta hal lainnya.

ada beberapa alasan yang mengharuskan seseorang mencabut gigi geraham bungsu. Seperti gigi bungsu yang tumbuh miring akan membuat ruang antara gigi graham lainnya sebagai tempat terjadi nya penumpukan sisa makanan pada celah antara gigi yang membuat gigi bungsu atau pun gigi di sampingnya berlubang. Hal ini perlu di hindari agar infeksi pada gigi tidak semakin parah. Pada beberapa kasus, tumbuhnya gigi bungsu yang miring dan tidak memiliki ruang yang cukup dapat menimbulkan bengkak dan rasa sakit. Rasa sakit yang dirasa biasanya menjalar ke leher dan kepala. Impaksi pada geraham bungsu dapat mengakibatkan hal yang lebih buruk terkait kesehatan gigi dan mulut.

Faktanya, tidak semua orang menyadari pentingnya memperhatikan pertumbuhan setiap gigi. Dan mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa si bungsu mendapat perlakuan dan perhatian lebih daripada gigi-gigi lainnya?

Gigi bungsu adalah gigi yang tumbuh paling terakhir di antara lainnya, alasan itu pula yang membuatnya dikenal demikian. Umumnya, gigi manusia akan tumbuh sempurna pada usia  5-6 tahun pada gigi susu dan 12-13 tahun pada gigi dewasa / permanen. Sedangkan gigi yang merupakan salah satu gigi permanen, baru mulai tumbuh setelah manusia berusia antara 17 sampai 25 tahun.

Tindakan operasi pencabutan gigi bungsu terjadi karena alasan kesehatan. Setelah melakukan operasi, dokter akan memberi saran dan rekomendasi, secara lebih rinci berikut perawatan serta pemulihan pasca operasi gigi bungsu sesuai prosedur.

Pemulihan Pasca Operasi Gigi Bungsu

Pemulihan adalah proses penyembuhan gusi pasca operasi gigi bungsu seperti semula. Setelah menjalani operasi gigi bungsu, Anda mungkin tidak bisa, berolahraga berat dan makan makanan yang terlalu keras Pemulihan ini juga penting guna mengantisipasi terjadinya infeksi dan risiko pasca operasi yang lebih fatal. Beberapa langkah pemulihan pasca operasi gigi bungsu antara lain:

1.  Menggigit tampon/kassa steril

Pasien setelah operasi pencabutan gigi bungsu akan di intruksikan menggigit kain kasa steril di daerah pasca pencabutan. Tujuannya agar rembesan darah yang mungkin masih keluar dapat diserap kasa tersebut dan dapat membantu mengurangi perdarahan yang terjadi.

Berapa lama? Anda akan menggigit kasa sekitar 30 menit sampai 1 jam. Dalam rentang waktu itu, jika kasa sudah terasa penuh darah dapat menggantinya dengan kain kasa steril baru.

Manfaat lain dari proses ini adalah membuat bagian luka bekas operasi tetap kering. Mempercepat proses pembekuan darah di dalam mulut, luka tertutup, dan Anda secepatnya bisa kembali beraktivitas sebagaimana mestinya.

2. Kompres Dingin dan kompres hangat

Biasanya, setelah dilakukan operasi pencabutan gigi bungsu pasien di anjurkan untuk mengkonsumsi minuman atau makanan yang dingin untuk mengurangi perdarahan.

Selain itu, salah satu risiko pasca operasi gigi bungsu adalah terjadinya bengkak di sekitar gusi dan pipi. Guna mengantisipasi bengkak ini, Anda dapat melakukan kompres dingin pada 24 jam pertama untuk mengurangi perdarahan dan mengurangi bengkak. Kompres dingin dapat di lakukan dengan cara melapisi es batu dengan kasa dan di letakkan di daerah gusi pasca operasi gigi ataupun dengan handuk dingin pada bagian luar pipi.

Apabila dalam kurun waktu lebih dari 48 jam bengkak tak kunjung mereda kompres dengan handuk hangat dapat di lakukan pada bagian pipi di daerah pasca operasi gigi bungsu.  

3. Tidak Memainkan Luka Pasca Operasi Gigi Bungsu

Memegang dengan jari atau memainkan luka dengan lidah pasca operasi sama sekali tidak dianjurkan!

Mungkin di ujung jari Anda ada kuman, jika memegang bekas operasi berpotensi menjadi infeksi. Memainkan luka pasca operasi gigi dengan jari atau lidah Anda tanpa sengaja membuka kembali luka yang mestinya sudah tertutup. Sehingga penyembuhan luka pasca operasi akan semakin lama

Perawatan Pasca Operasi Gigi Bungsu

Perawatan adalah proses menjaga dan merawat, dalam hal ini menjaga luka bekas operasi cabut gigi tidak kembali terbuka. Serta merawat supaya luka tersebut segera sembuh. Proses ini berkaitan dengan apa yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan. 

1. Sikat gigi perlahan setelah 24 jam pasca operasi gigi bungsu

Sikat gigi tetap di anjurkan tetapi di lakukan setelah 24 jam pasca operasi gigi bungsu. Sikat gigi dilakukan secara perlahan dan menghindari daerah pasca operasi gigi bungsu untuk beberapa hari. Anda dapat menyikat gusi pasca operasi gigi bila gusi sudah terlihat menutup yang umum nya terjadi kurang lebih 4-7 hari setelah operasi pencabutan gigi bungsu. Sebelum terjadinya gusi yang berangsur menutup kembali, pembersihan daerah gusi pasca operasi gigi bungsu dapat di lakukan dengan kumur perlahan terutama apabila ada makanan yang terperangkap didalamnya. Pembersihan sisa makanan tidak boleh di congkel dengan lidah atau menggunakan tusuk gigi karena justru berakibat melukai gusi.

2.  Minum Air Putih

Air putih atau air mineral, jauh lebih baik untuk orang yang baru saja menjalani operasi cabut gigi Apabila baru saja melakukan operasi gigi bungsu, minum menggunakan sedotan tidak di anjurkan karena gerakan menghisap dengan sedotan dapat menghambat penyembuhan gusi.

Hindari juga minuman berkafein (kopi dan teh), minuman bersoda, dan minuman beralkohol. Meski dalam keadaan pasca operasi, mencukupi kebutuhan air tubuh tetap menjadi prioritas.

  1. Konsumsi Makanan Lunak

Selama kurun waktu sekitar 3 hari, alangkah bijak memilih makanan yang lunak. Bisa Anda telan tanpa mengunyah yang terlalu keras. Hindari makanan alot dan keras, termasuk makanan yang asam dan pedas.

Contoh makanan yang boleh seperti bubur, yogurt, puding, telur, atau sayuran rebus. Salah satu contoh makanan keras yang perlu anda hindari adalah keripik karena cenderung tajam dan dapat melukai daerah gusi pasca operasi gigi, ataupun yang keras seperti daging karena dengan mengunyah makanan yang keras, tekanan yang di timbulkan terlalu banyak sehingga juga dapat melukai gusi. 

4. Berkumur dengan Air Garam Hangat untuk Meredakan Peradangan

Kandungan dalam larutan air garam hangat dapat membantu mengatasi peradangan setelah operasi pencabutan gigi. Kumurlah dengan perlahan Tanda luka mengalami peradangan ketika muncul bengkak, kemerahan, serta rasa tidak nyaman dan sakit yang tidak tertahankan. Selain berkumur dengan air garam, Konsultasikan segera keadaan Anda ke dokter gigi bila muncul gejala tersebut.

5.  Kontrol Pasca operasi gigi bungsu

Setelah di lakukan operasi gigi bungsu, kontrol bekas luka operasi sebaiknya di lakukan.

Nantinya, dokter melihat hasil perawatan dan pemulihan bekas luka pasca operasi. Serta memberikan solusi atau anjuran yang dapat membantu mempercepat prosesnya. Apabila di lakukan penjahitan pada daerah pencabutan biasanya dalam kurun waktu 7 hari jahitan akan di lepas. Sehingga kontrol pasca operasi gigi bungsu harus di lakukan.

Informasi Pemulihan Pasca Operasi Gigi Bungsu

Pada saat tindakan operasi gigi bungsu, akan di lakukan anastesi sebelumnya sehingga proses operasi gigi bungsu tidak akan terasa sakit. Namun pasca operasi gigi bungsu rasa nyeri, dan rasa tidak nyaman dapat terjadi. Rasa nyeri dapat terjadi karena adanya luka terbuka yang terjadi karena proses pengambilan gigi yang dilakukan. Setelah dilakukan pencabutan,biasanya dokter gigi akan meresepkan obat anti nyeri yang dapat anda konsumsi.  Berikut informasi lainnya yang perlu Anda ketahui pasca operasi gigi bungsu.

1. Berapa Lama Operasi Gigi Bungsu?

Operasi gigi bungsu dilakukan kurang lebih 45 menit – 60 menit pada kasus yang sederhana namun dapat memakan waktu lebih lama pada kasus yang kompleks. Lama nya proses operasi gigi bungsu tergantung pada posisi gigi dan kompleksitas kasusnya. Semakin kompleks posisi impaksi gigi bungsu, otomatis semakin lama proses operasinya.

2. Durasi Pemulihan Pasca Operasi Gigi Bungsu

Konsumsi makanan lembut dan menghindari minuman tertentu selama 3-4 hari. Proses pemulihan akan terjadi dalam kurun waktu 10-14 hari Namun jika selama proses pemulihan ini terjadi kendala seperti infeksi, pendarahan, bengkak atau peradangan yang tidak kunjung ditangani akan memakan waktu lebih lama. 

3. Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pasca Operasi Cabut Gigi Bungsu

Apa yang tidak boleh dilakukan setelah cabut gigi bungsu dengan operasi? Ada beberapa, dan sebaiknya Anda ikuti supaya proses pemulihan pasca operasi semakin cepat.

  1. Makan makanan keras, alot, renyah, dan lengket;
  2. Mengunyah makanan menggunakan bagian luka bekas operasi cabut gigi;
  3. Makanan pedas dan panas, ini dapat memperlama proses pembekuan darah di sekitar luka;
  4. Minum minuman berkafein, bersoda, dan beralkohol;
  5. Mengangkat beban berat, dapat memicu jantung memompa darah lebih cepat;
  6.  merokok ; kandungan dalam rokok menyebabkan pasokan oksigen berkurang dan menghambat terbentuknya bekuan darah pada soket pasca tindakan operasi gigi bungsu. Risiko terjadinya dry socket pada perokok lebih besar 20% dibandingkan bukan perokok.
  7. Menyentuh luka dengan lidah ataupun jari

Informasi tentang apa pantangan pasca operasi cabut gigi, akan dokter jelaskan kepada pasien. Supaya proses pemulihan lebih cepat, sebaiknya tetap menahan diri untuk melakukan hal-hal yang memang dilarang.

Menilik Kembali Pasca Operasi Gigi Bungsu

Faktor melakukan operasi pencabutan geraham bungsu karena alasan kesehatan.

1. Pengertian Operasi Gigi Bungsu

Operasi gigi atau odontektomi adalah sebuah proses gigi yang mengalami impaksi atau tidak tumbuh sempurna keluar dari gusi, dalam hal ini adalah geraham bungsu. Tindakan medis seperti operasi diperlukan sejak sebelum gigi impaksi memberi masalah untuk gusi dan gigi di sebelahnya.

2. Efek Samping Cabut Gigi Bungsu

Efek samping melakukan operasi cabut gigi antara lain:

  1. Pembengkakan
  2. Pendarahan
  3. Dry socket
  4. Sakit dan nyeri
  5. Bibir kering
  6. Mual dan muntah
  7. Sakit tenggorokan
  8. Rasa tidak nyaman
  9. Trismus
  10. Cedera saraf

Jika operasi dilakukan dengan prosedur yang tepat, dokter dapat meminimalisir terjadinya berbagai risiko di atas.

3. Alasan Gigi Bungsu yang Harus Dicabut

Sedangkan untuk alasan mengapa gigi bungsu harus segera mendapat tindakan operasi pencabutan, antara lain:

  1. Impaksi gigi
  2. Infeksi
  3. Rasa sakit
  4. Nyeri gusi
  5. Merusak gigi sekitarnya
  6. Merusak gusi sekitarnya
  7. Masalah mulut

Demikian bagaimana proses pemulihan dan perawatan pasca operasi gigi bungsu sesuai dengan prosedur medis. Segera konsultasikan gigimu ke klinik Mydents untuk mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat dengan dokter gigi yang berpengalaman.

Ditinjau oleh: drg. Latifa Zahara

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami