HomeCabut GigiBiaya Cabut Gigi

Perbandingan Biaya Cabut Gigi di Klinik, Rumah Sakit, dan Puskesmas

Biaya Cabut Gigi

Daftar Isi

Ternyata, biaya cabut gigi sangat terjangkau, baik di fasilitas kesehatan Puskesmas, rumah sakit, maupun klinik gigi terbaik. Pada kesempatan kali ini, Mydents Dental Care akan memberi estimasi harga cabut gigi, lengkap beserta keadaan khusus yang mungkin terjadi.

Seringkali, mencabut gigi menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Banyak isu yang mengatakan kalau cabut gigi itu sakit, nyeri, bahkan menimbulkan masalah saraf yang jauh lebih serius.

Padahal kalau penanganan benar, cabut gigi sama sekali tidak sakit. Serta tidak terjadi risiko dan efek samping pasca pencabutan. Dalam hal ini peran dokter gigi resmi dan profesional sangat penting, supaya pasien memperoleh manfaat setelah cabut gigi.

Jadi mulai sekarang jangan takut kontrol ke dokter gigi, setidaknya enam (6) bulan sekali. Untuk mengantisipasi terjadinya masalah gigi dan mulut, yang mengakibatkan gigi harus dicabut atau bahkan dioperasi.

Perbandingan Biaya Cabut Gigi di Fasilitas Kesehatan Spesialis

Fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan pencabutan gigi antara lain: Puskesmas, rumah sakit/rumah sakit umum daerah, dan tentunya klinik gigi. Berikut merupakan perbandingan estimasi biaya cabut gigi di masing-masing fasilitas kesehatan tersebut.

1. Biaya Cabut Gigi di Puskesmas

Ingin mendapatkan penawaran harga cabut gigi termurah? Mungkin mendatangi Puskesmas adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, mencabut gigi di Puskesmas sangat terjangkau, bahkan tidak jarang puskesmas mematok biaya di bawah Rp. 100.000 per gigi.

Estimasi biaya yang perlu Anda siapkan adalah Rp. 40.000 s/d Rp. 200.000 saja per gigi yang akan dicabut. Biaya cabut gigi berlubang parah sama dengan cabut gigi biasa, asalkan tidak ada penyulit dalam pencabutan atau posisinya tidak di paling belakang (geraham bungsu).

Harga layanan di Puskesmas sangat terjangkau lantaran fasilitas kesehatan ini memang disubsidi oleh pemerintah. Anda dapat mempertimbangkan untuk datang ke Puskesmas untuk harga yang terjangkau dan gigi yang akan ditangani tidak mengalami masalah serius.

Contohnya, Anda mengeluh sakit gigi bagian depan atas. Gigi itu sudah goyang/gerak, dan tinggal sedikit lagi untuk lepas. Nah, keadaan yang begitu sederhana, namun tetap membutuhkan penanganan profesional supaya tidak merusak saraf gigi. Maka bisa datang ke Puskesmas terdekat untuk mencabut gigi.

Lain cerita kalau Anda mengeluh sakit gigi bagian belakang (geraham bungsu). Di mana gigi mengalami impaksi, terkunci kuat ke tulang, dan sakit tak tertahankan. Bagian gigi itu perlu penanganan lebih lanjut, yaitu operasi odontektomi.

Sayangnya, tidak semua Puskesmas menyediakan alat lengkap untuk melakukan operasi odontektomi. Biasanya pihak Puskesmas akan memberi rujukan ke fasilitas kesehatan tingkat atasnya yang memiliki alat lebih lengkap.

2. Biaya Cabut Gigi di Rumah Sakit

Apakah tarif cabut gigi di rumah sakit mahal? Sebenarnya tidak, harga standar per gigi adalah Rp. 150.000 sampai 1,5 juta tergantung keadaan gigi itu sendiri. Pada umumnya, harga  cabut gigi geraham bungsu di rumah sakit yang lebih  mahal, seringkali membutuhkan tindakan lanjut untuk melakukannya.

Jika keadaan gigi tidak ada penyulit dan gigi sudah goyang/gerak, harga pencabutan bisa jadi lebih terhangkau. Posisi gigi bisa berpengaruh pada tarif pencabutan. Kalau posisinya di belakang, geraham maupun geraham bungsu, biasanya akan lebih mahal. Gigi geraham memiliki akar lebih dari 1 dan erhubung kuat ke tulang rahang.

Faktor lainnya adalah keadaan gigi itu sendiri, normal atau mengalami impaksi. Gigi impaksi adalah keadaan di mana gigi tidak tumbuh sempurna, contohnya gigi tumbuh ke samping, gigi tumbuh ke arah pipi atau ke arah belakang, kalau dibiarkan akan merusak susunan gigi sehat di sebelahnya.

Kalau gigi normal dan memang sudah waktunya dicabut, tarif pencabutan di rumah sakit terjangkau. Berbeda kalau gigi impaksi, yang kemungkinan membutuhkan tindakan lebih lanjut.

Nah, di rumah sakit terdapat tenaga spesialis yang umumnya menyediakan alat lengkap. Jadi meski butuh tindakan lebih lanjut, pasien tidak perlu khawatir, bisa langsung dilakukan di sana sesuai anjuran dan rekomendasi dokter gigi.

3. Biaya Cabut Gigi di Klinik Gigi

Orang-orang mayoritas memilih datang ke klinik gigi untuk mendapatkan solusi terbaik dan paling tepat untuk masalah mereka. Pasalnya, klinik gigi mempunyai tenaga spesialis, alat lengkap, dan harga yang relatif terjangkau.

Pasien dapat membuat janji temu dengan dokter gigi di klinik, melakukan konsultasi online gratis, hingga mempertimbangkan apa saja kebutuhan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Harga cabut gigi di klinik terbaik berkisar mulai Rp. 300.000 saja. Tersedia juga layanan lengkap yang bisa Anda ambil sesuai kebutuhan, seperti:

  1. Perawatan gigi spesialis
  2. Perawatan gigi anak
  3. Perawatan Ortodonti/pemasangan behel gigi
  4. Scaling gigi
  5. Bleaching gigi
  6. Veneer gigi
  7. Penambalan gigi
  8. Operasi odontektomi
  9. Gigi palsu atau gigi tiruan
  10. Cabut gigi bungsu

Mendapat pelayanan lengkap yang resmi dan profesional di satu tempat langsung dengan dokter spesialis, menjadi alasan utama banyak mengapa orang memilih ke klinik gigi.

Selain itu, cabut gigi di klinik bisa untuk semua gigi, tidak hanya gigi bagian depan, tetapi hingga gigi geraham yang mengalami masalah. Jika ternyata pencabutan gigi membutuhkan penanganan khusus berupa tindakan lebih lanjut, klinik gigi terbaik juga menyediakan alat lengkap.

Tabel Perbandingan Biaya Cabut Gigi di Puskesmas, Rumah Sakit, dan Klinik Gigi

Puskesmas

Rumah Sakit

Klinik Gigi

Mulai 40k s/d 250k

Mulai 250k s/d 1,5 juta

Mulai 300k s/d 2 juta

Ketersediaan alat minim

Ketersediaan alat lengkap

Ketersediaan alat sangat lengkap

Tenaga profesional

Tenaga spesialis

Tenaga spesialis profesional

Cocok untuk mencabut gigi depan normal

Cocok untuk mencabut gigi semua posisi

Cocok untuk mencabut gigi semua posisi

Layanan konsultasi

Layanan konsultasi

Layanan konsultasi

Tindakan lanjut berupa rujukan ke rumah sakit

Bisa melakukan tindakan lanjut

Bisa melakukan tindakan lanjut

 

Perbandingan Biaya Cabut Gigi BPJS dan Non-BPJS

Apakah cabut gigi bisa pakai BPJS? Kabar baiknya, cabut gigi berkaitan dengan kesehatan mulut, dapat menggunakan BPJS Kesehatan. Hanya saja, BPJS tidak bisa digunakan cabut gigi untuk tujuan estetik (bukan kesehatan).

1. Biaya Cabut Gigi dengan BPJS

Jika menggunakan BPJS, maka biaya yang perlu pasien bayarkan adalah nol (0) rupiah. Semua proses pencabutan hingga obat berada dalam ruang lingkup BPJS Kesehatan. Perlu Anda perhatikan bahwa mungkin ada berapa jumlah maksimal gigi yang bisa dicabut menggunakan program ini.

Selain itu, BPJS hanya bisa pasien gunakan di fasilitas kesehatan yang sudah terdaftar. Pasien bisa mengecek fasilitas kesehatan pertama, misalnya Puskesmas A yang tertera di aplikasi JKN Mobile.

Maka untuk menggunakan program BPJS cabut gigi, harus mendatangi Puskesmas A itu. Pasien tidak bisa langsung datang ke rumah sakit, kecuali dengan surat rekomendasi rujukan dari fasilitas kesehatan pertama, yaitu Puskesmas A.

Apakah BPJS bisa digunakan di klinik gigi? Sayangnya, jika fasilitas kesehatan tersebut tidak terdaftar untuk sistem BPJS, maka tidak bisa digunakan. Namun jika klinik gigi sudah terdaftar sesuai data peserta, bisa menggunakannya untuk cabut gigi di klinik.

2. Biaya Cabut Gigi Non-BPJS

Sedangkan tarif cabut gigi non-BPJS, sesuai dengan estimasi biaya berdasarkan fasilitas kesehatan seperti Puskesmas, rumah sakit atau rumah sakit umum daerah, dan klinik gigi di atas.

Tanpa BPJS pun sebenarnya tarif cabut gigi normal yang goyang itu terjangkau. Berbeda jika gigi bungsu (geraham bungsu) yang mengalami impaksi, umumnya harus dilakukan pencabutan dengan operasi odontektomi.

Masih ada pertanyaan? Jangan ragu untuk menghubungi dokter gigi Anda guna melakukan konsultasi di awal. Kalau rutin konsultasi, Anda akan mendapat rekomendasi paling tepat.

Mydents Dental Care siap memberi solusi terbaik dengan biaya affordable. Yuk cek, apakah sudah ada cabang Mydents terdekat di kota Anda. Kalau ada, Anda bisa datang langsung ke cabang kami atau menghubungi customer support melalui nomor yang tersedia.

Faktor Biaya Cabut Gigi Menjadi Mahal

Berdasarkan estimasi perkiraan harga cabut gigi di berbagai fasilitas kesehatan tersebut, biaya dapat membengkak hingga jutaan rupiah. Sebenarnya, apa faktor yang membuat biaya mencabut gigi menjadi mahal?

  1. Jenis gigi yang akan dicabut, umumnya gigi bungsu atau gigi dengan penyulit seperti akar bengkok, gigi rapuh, gigi sisa akar.  memiliki tarif paling tinggi.
  2. Kompleksitas prosedur, apakah gigi mudah diakses oleh dokter atau tidak, makanya gigi depan tanpa penyulit pada umumnya biayanya lebih murah.
  3. Perawatan tambahan pasca pencabutan atau operasi, khususnya untuk mencegah risiko maupun efek samping yang berakibat fatal.
  4. Pembedahan gusi dan pengangkatan tulang penyangga akar gigi, yang notabene membuat biaya cabut gigi menjadi mahal.
  5. Jumlah gigi yang dicabut, umumnya harga cabut gigi per biji, semakin banyak gigi yang dicabut maka biaya semakin tinggi.
  6. Faktor eksternal dari dokter gigi, seringkali dokter gigi spesialis berpengalaman dan memiliki reputasi sangat baik menetapkan biaya lebih tinggi.
  7. Lokasi fasilitas kesehatan tempat melakukan pencabutan. Ini merupakan faktor yang sangat penting, pasalnya, antara satu klinik dengan klinik lainnya –meski berada dalam satu daera– biaya yang dibebankan kepada pasien seringkali tidak sama.

Untuk mendapatkan informasi harga cabut gigi terjangkau di klinik terbaik, ada baiknya langsung konsultasi dengan cabang Mydents Dental Care terdekat di kota Anda.

Prosedur Cabut Gigi di Fasilitas Kesehatan

Ternyata, prosedur pencabutan gigi sangat cepat. Terutama untuk jenis gigi normal yang tidak membutuhkan tindakan lebih lanjut. Secara garis besar, berikut ini prosedur cabut gigi yang dilakukan dokter di fasilitas kesehatan.

  1. Pemberian anestesi lokal, hal ini untuk menghindari rasa sakit dari  pencabutan gigi.
  2. Awal pencabutan menggoyangkan gigi dengan alat pengungkit khusus.
  3. Proses pencabutan dengan penjepit khusus.

Itulah garis besar bagaimana proses pencabutan gigi normal. Penting juga pasien mengetahui perawatan  pasca pencabutan supaya tidak mengalami efek samping seperti sakit, ngilu, nyeri, atau bengkak.

Dokter gigi akan menyarankan kepada pasien untuk beristirahat di hari itu. Kemudian melarang pasien berkumur terlalu kencang, meludah,, atau merokok. Pasca pencabutan, pasien sebaiknya juga menghindari minum menggunakan sedotan.

Demikian informasi perbandingan biaya cabut gigi di Puskesmas, rumah sakit, dan klinik gigi. Jangan takut ya, cabut gigi tidak sesakit putus cinta, prosesnya juga cepat dengan biaya yang relatif terjangkau.

Ditinjau oleh: drg. Sarah Putri Abellysa

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami