HomeTambal GigiBiaya Perawatan Saluran Akar Gigi

Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi di Layanan Medis

Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi di Layanan Medis

Daftar Isi

Berapa biaya perawatan saluran akar gigi (PSA/endodontik) di berbagai fasilitas kesehatan yang harus Anda siapkan? Pada kesempatan kali ini, Mydents Dental Care akan membagikan informasi harga root canal treatment guna mengatasi masalah pada kesehatan gigi dan mulut.

Perawatan saluran akar adalah tindakan berupa prosedur yang bertujuan mengangkat jaringan pulpa yang merupakan jaringan berisi saraf yang telah rusak atau mengalami infeksi. Masalah umum pada pulpa seringkali didahului oleh keadaan gigi berlubang, selanjutnya pulpa mengalami infeksi dan radang yang biasa disebut sebagai polip pulpa.

Nah, itulah mengapa biasanya tumbuh daging di tengah gigi berlubang. Daging yang tumbuh adalah jaringan pulpa yang meradang. Lebih lanjut lagi, pulpa dapat mengalami kematian jaringan (pulpa nekrotik) yang membutuhkan tindakan perawatan PSA segera.

Estimasi Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi di Fasilitas Kesehatan

Perawatan akar gigi sangat dibutuhkan oleh pasien terutama ketika sudah berada dalam tingkat keparahan tertentu. Jika tidak segera ditangani oleh tenaga profesional dan spesialis, maka akan menghilangkan fungsi gigi.

Beberapa keadaan yang benar-benar membutuhkan perawatan syaraf gigi antara lain:

  1. Tumbuh daging di tengah gigi berlubang
  2. Rasa sakit dan nyeri yang tidak tertahankan di gigi berlubang
  3. Pipi sekitar saluran akar gigi yang bermasalah mengalami bengkak
  4. Gusi sekitar saluran akar gigi yang bermasalah mengalami bengkak atau abses
  5. Gigi berlubang atau gigi yang berubah warna menjadi hitam
  6. Gigi patah, retak, dan sensitif terhadap panas maupun dingin

Jika Anda mengalami masalah di atas, saran terbaik adalah membawa ke tenaga profesional di fasilitas kesehatan. Kabar baiknya, bisa menggunakan layanan perawatan saluran akar gigi BPJS, sebab masalah ini berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut.

Lantas, berapa harga perawatan saluran akar gigi di berbagai fasilitas kesehatan tersebut?

1. Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi di Puskesmas

Perawatan akar gigi BPJS di Puskesmas seringkali menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Sebagai fasilitas kesehatan (faskes) pertama, Puskesmas adalah rujukan paling dekat. Namun, perlu Anda perhatikan apakah tersedia alat untuk melakukan perawatan saluran akar?

Di Puskesmas, Anda cukup menyiapkan biaya sekitar 20.000 s/d 150.000 per satu kali kunjungan. Total biaya perawatan saluran akar gigi menjadi gratis sepenuhnya jika menggunakan BPJS Kesehatan dalam administrasi.

Jika di Puskesmas sekitar tempat tinggal Anda, atau Puskesmas yang menjadi faskes pertama tidak memiliki alat untuk PSA. Biasanya pasien memperoleh rujukan ke rumah sakit yang menyediakan layanan poli gigi.

Berdasarkan informasi di atas, biaya perawatan akar gigi di Puskesmas adalah yang paling terjangkau daripada faskes lainnya. Terutama untuk mengatasi masalah PSA ringan yang tidak membutuhkan tindakan pembedahan dan penambalan.

2. Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi di Rumah Sakit

Selanjutnya biaya PSA gigi di rumah sakit yang berkisar antara 200.000 s/d 1.200.000 per satu kali kunjungan. Mengapa rentang harga PSA gigi terpaut sangat jauh? Hal tersebut tergantung pada keadaan masing-masing pasien serta tingkat parahnya.

Perawatan pasca tindakan biasanya lebih murah. Namun jika pra-perawatan PSA membutuhkan tindakan yang lebih kompleks, seperti rontgen, pembedahan, pembersihan, hingga penambalan. Di mana semua proses memakan waktu cukup lama, maka harganya bisa lebih mahal.

Hanya saja, Anda juga perlu memperhatikan bahwa rumah sakit memiliki poli kesehatan gigi dan mulut. Karena tidak semua rumah sakit menyediakannya. Anda bisa cek terlebih dahulu melalui laman resmi rumah sakit itu atau menghubungi kontak yang tersedia.

Harga perawatan akar gigi di rumah sakit juga dipengaruhi oleh tenaga medis yang menangani. Semakin profesional dan spesialis tenaga tersebut, mungkin harganya bisa di atas 800.000 per satu kali kunjungan.

3. Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi di Klinik Gigi

Berapa biaya perawatan saraf gigi di klinik terbaik? Estimasi sekitar 200.000 s/d 1.500.000 per satu kali kunjungan. Meski tergolong lebih mahal jika dibandingkan Puskesmas maupun rumah sakit, klinik gigi tetap menjadi pilihan bagi pasien yang mengutamakan kualitas pelayanan.

Misalnya biaya necrosis of pulp (pulpa nekrotik) yang menjadi tahap terakhir kerusakan dan infeksi pulpa. Sudah include dengan prosedur bedah sampai penambalan, serta pemberian obat untuk mempercepat penyembuhan.

Di klinik gigi, Anda akan mendapat penanganan langsung oleh tenaga ahli dan berpengalaman, alat dental advanced lengkap, serta cara mematikan saraf gigi berlubang sesuai protokol kesehatan WHO.

Tentu saja, di klinik gigi seperti Mydents Dental Care, Anda bisa mendapatkan promo untuk membuat biaya semakin terjangkau tanpa mengurangi kualitas pelayanan.

Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi Mendapat Layanan Apa?

Penting kami sampaikan agar Anda rutin mengunjungi dokter gigi di fasilitas kesehatan pilihan. Baik itu kontrol gigi ke Puskesmas, rumah sakit poli gigi, maupun klinik gigi terbaik Mydents. Setidaknya dalam kurun waktu enam (6) bulan sekali jika tidak ada kendala.

Namun kalau ternyata saat kontrol terdeteksi masalah seperti PSA, jadwalnya mungkin menjadi lebih intensif. Terlebih ketika tindakan medis untuk menangani masalah polip pulpa hingga pulpa nekrotik yang parah.

Lantas, apa layanan dalam perawatan saluran akar gigi tersebut? Bagaimana prosedur perawatan saluran akar gigi?

1. Pra-Tindakan

Dokter gigi akan melakukan rontgen untuk mengetahui keadaan gigi berlubang apakah sudah mengenai pulpa atau belum, atau melihat kondisi saluran akar. Melalui proses pra-tindakan ini, dokter akan menarik kesimpulan seberapa parah infeksi maupun radang yang terjadi di sana.

Sebagai pertimbangan, tidak semua fasilitas kesehatan menyediakan layanan rontgen tersebut. Ada banyak jenis rontgen untuk mengetahui keadaan gigi, dan alat advanced yang lengkap seringkali hanya tersedia di rumah sakit besar atau klinik gigi spesialis.

2. Tindakan

Setelah mengetahui keadaan gigi pasien, dengan persetujuan pasien dokter akan melakukan tindakan. Pertama-tama dengan memberi bius lokal agar pasien tidak merasakan sakit atau rasa tidak nyaman.

Selanjutnya, dokter menempatkan dental dam untuk mengamankan lokasi gigi yang nantinya akan dibor/dilubangi. Tujuan melubangi gigi yang sakit atau berlubang adalah menjangkau saluran akar pulpa yang infeksi.

Proses tindakan inti yaitu pengangkatan saluran akar yang terinfeksi. Lalu membersihkan menggunakan antiseptik khusus untuk menghindari infeksi lebih lanjut.

Setelah serangkaian proses di atas, dokter akan menutup lubang menggunakan tambalan sementara. Nah, tambalan ini tidak permanen, karena pasien perlu kontrol untuk memastikan benar-benar tidak terjadi infeksi.

3. Pasca-Tindakan

Kontrol pertama umumnya satu minggu (7 hari) setelah tindakan. Dokter akan memeriksa keadaan gigi pasien; jika muncul infeksi maka perlu memberi pengobatan terlebih dulu, jika tidak muncul infeksi maka perawatan penyembuhan dengan penambalan gigi permanen maupun menggunakan crown gigi.

Agar mendapatkan perawatan akar gigi yang tepat untuk keadaan Anda masing-masing, sebaiknya konsultasi jauh hari sebelum pra-tindakan. Mengingat di zaman sekarang, menghubungi dokter spesialis hingga membuat janji temu sangatlah mudah, cukup menghubungi cabang Mydents terdekat di kota Anda untuk konsultasi gratis.

Manfaat Perawatan Saluran Akar Gigi di Klinik

Perawatan saluran akar gigi masuk dalam prosedur bedah, namun Anda tidak perlu khawatir sama sekali jika ditangani oleh tenaga ahli yang berpengalaman di klinik terbaik. Beberapa manfaat setelah menjalani tindakan perawatan yang akan Anda peroleh antara lain:

  1. Mengembalikan fungsi gigi asli, sebab prosedur endodontik tidak menghilangkan gigi asli.
  2. Mengatasi masalah gigi seperti nyeri, bengkak/radang, nanah, sensitif, dan sebagainya.
  3. Mempertahankan senyum alami, dengan perawatan yang tepat maka efek samping endodontik segera teratasi.
  4. Mengantisipasi perawatan gigi berkelanjutan atau terus-menerus.
  5. Sekali perawatan yang tepat untuk hasil yang maksimal.
  6. Teknik modern dengan alat dental advanced di klinik terbaik.
  7. Lebih hemat biaya jika dibandingkan dengan implan gigi.
  8. Hasil tambalan gigi permanen maupun crown gigi membuat tampilan menarik.
  9. Tenaga medis spesialis dan berpengalaman di klinik gigi terbaik.

Jangan tunggu masalah gigi berlubang sampai terjadi jaringan pulpa nekrotik! Segera tangani dengan tindakan medis di fasilitas kesehatan yang tepat.

Demikian informasi terbaru biaya perawatan saluran akar gigi di Puskesmas, rumah sakit, dan klinik gigi. Dengan perawatan yang tepat, Anda tidak lagi perlu mengalami masalah serupa di kemudian hari.

Ditinjau Oleh: drg. Latifa Zahara

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami