HomeBehel GigiHarga Pasang Behel

Harga Pasang Behel Berdasarkan Jenis di Dokter Spesialis Ortodonti

Harga Pasang Behel

Daftar Isi

Harga pasang behel di klinik dokter spesialis kesehatan gigi dan mulut berbeda-beda. Perlu mempertimbangan pemilihan jenis behel gigi berdasarkan karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan, layanan yang diberikan dokter ortodonti, dan tingkat fasilitas kesehatan.

Secara umum, harga pasang behel di Puskesmas merupakan yang termurah. Apakah pasang kawat gigi di Puskesmas jelek? Tentu tidak, fasilitas kesehatan ini mendapat subsidi dari pemerintah sehingga biaya layanan terjangkau.

Di sisi lain, Anda juga bisa mempertimbangkan biaya pasang behel di klinik gigi atau rumah sakit besar. Klinik gigi memiliki alat lengkap, begitu pula rumah sakit di bagian spesialis kesehatan gigi dan mulut.

Dalam dunia medis, behel atau kawat gigi disebut sebagai dental braces atau orthodontic braces. Semua jenis behel mempunyai fungsi yang sama: memperbaiki susunan gigi yang semula tidak teratur menjadi rapi.

Apakah pasang behel gigi bisa pakai BPJS? Tidak, sebagaimana persyaratan BPJS Kesehatan, behel gigi masuk dalam kategori estetik, sehingga tidak masuk dalam cangkupan pembiayaan dengan BPJS. Layanan lain terkait gigi dan mulut yang tidak bisa pakai BPJS adalah bleaching gigi.

Nah, pada kesempatan kali ini, Anda akan memahami berapa perkiraan biaya pasang behel gigi. Lengkap dengan alasan melakukannya, risiko setelahnya, prosedur, hingga estimasi harga berdasarkan jenis-jenis behel yang umum digunakan.

Harga Pasang Behel Gigi Terkini di Dokter Spesialis Ortodonti

Spesialis ortodonti adalah dokter yang memiliki fokus dalam kelainan susunan gigi dan rahang. Termasuk proses diagnosis, pencegahan, hingga pengobatan agar kembali berfungsi secara normal.

Dokter spesialis ortodonti akan memberikan rekomendasi pengobatan yang paling sesuai dengan keadaan pasien. Pun jika diperlukan menggunakan kawat atau behel gigi.

1. Pengertian Behel Gigi (Kawat Gigi)

Fungsi pasang behel gigi selain untuk tujuan estetika membuat gigi rapi, ternyata juga berkaitan dengan kebersihan. Di mana gigi yang tumbuh tidak rapi memiliki risiko penumpukan plak, yang dapat mengakibatkan gigi kuning, berlubang, bau mulut, dan karang gigi.

Pengertian behel gigi merupakan alat untuk merapikan gigi sehingga susunan gigi teratur dan terletak pada lengkung rahang yang baik . Cara kerja behel gigi dengan memberi tekanan yang diperlukan secara bertahap sehingga dapat mengubah arah tumbuh gigi ke posisi idealnya.

Jangan hanya tergiur dengan harga pasang behel gigi yang terlampau murah tidak wajar. Proses pemasangan tidak serta-merta langsung bisa dilakukan, karena dokter gigi akan melakukan pemeriksaan serta menegakan diagnosis berdasarkan keadaan pasien dan jenis gigi.

Pun setelah pemasangan, terdapat beberapa prosedur dan cara untuk membersihkan mulut. Anda tidak lagi bisa menggunakan sikat gigi pada umumnya, serta harus menghindari beberapa jenis makanan tertentu. Dokter gigi akan memberi arahan yang tepat supaya tidak merusak behel yang sudah terpasang.

2. Alasan Pasang di Klinik Behel Gigi Terdekat

Berapa lama behel gigi dilepas? Sayangnya, setelah pemasangan tidak langsung membuahkan hasil seperti Bandung Bondowoso membangun 1.000 candi dalam semalam. Setiap orang memiliki keadaan kompleks, sehingga waktu menggunakan behel gigi berbeda-beda.

Umumnya, behel bisa dilepas setelah 6 bulan jika keadaan gigi sudah berubah ke posisi ideal. Pada kasus tertentu, penggunaan behel bisa berlangsung lebih lama hingga bertahun-tahun.

Apa sebenarnya alasan yang melatarbelakangi dibutuhkannya waktu bertahun-tahun dalam pemasangan kawat gigi?

  1. Posisi gigi sama sekali tidak ideal (berantakan), yang jika dibiarkan mengakibatkan penumpukan plak atau sisa makanan sehingga menyebabkan radang di rongga mulut.
  2. Struktur gigi yang tidak rata sehingga terganggunya fungsi fonetik atau berbicara. Sehingga perlu merapikan gigi supaya dapat memberikan kejelasan sewaktu berbicara.
  3. Struktur gigi yang menganggu Estetika dan keindahan gigi, di mana seseorang akan merasa lebih percaya diri ketika memiliki gigi rapi, putih, dan bersih.
  4. Alasan pemasangan behel gigi berkaitan dengan kebersihan mulut, gigi yang rata lebih mudah dibersihkan. Dalam arti lain, hal ini sebagai langkah pencegahan (preventif) untuk masalah lebih serius pada rongga mulut.

Mungkin pada beberapa kasus, seseorang memasang behel untuk alasan spesifik dan pribadi. Di atas adalah alasan umum yang dianjurkan untuk menggunakan alat kawat gigi.

3. Risiko Menggunakan Behel Gigi secara Medis

Senyum behel gigi belakangan menjadi tren anak muda zaman sekarang. Padahal, mereka tidak memiliki masalah estetika maupun kesehatan yang berkaitan dengan itu. Jika hanya untuk mengikuti tren terkini, sebaiknya tidak menggunakan kawat gigi, sebab ada efek samping di antaranya:

  1. Tekanan yang dihasilkan oleh kawat gigi seringkali mengakibatkan rasa nyeri dan tidak nyaman;
  2. Untuk beberapa kasus, dapat terjadi  sariawan karena adanya kondisi yang tidak diinginkan seperti ; kawat yang berlebih, lepasnya bracket dari gigi, dan lain lain.  antara behel dan bibir, dapat menjadi sariawan atau luka;
  3. Resorpsi akar jika tekanan dan pemasangan yang diberikan tidak sesuai dengan kondisi gigi sehingga terburuknya yaitu berakibat goyangnya gigi  karena melemahkan jaringan penyangga;
  4. Pemilihan jenis behel yang tidak tepat bisa menjadi alasan kemunculan alergi kepada pasien;
  5. Jika tidak kontrol rutin ke dokter gigi, posisi ideal gigi dapat berubah kembali ke posisi semula;
  6. Jika tidak dibiasakan untuk menyikat gigi dengan benar, dapat terjadi penumpukan plak dan sisa makanan pada sela sela bracket gigi sehingga Mengakibatkan gigi berlubang
  7. Deklasifikasi gigi, yaitu keadaan di mana rusaknya enamel dan berkurangnya kalsium di gigi;
  8. Radang gusi hingga penyakit periodontal.

Tenang, risiko pada setiap tindakan medis selalu ada, itu merupakan hal wajar. Tidak perlu khawatir jika Anda konsultasi di tenaga profesional, resiko dapat diminimalisir, meski harga pasang behel sedikit lebih mahal namun hasil perawatannya jauh lebih optimal.

Harga Pasang Behel Berdasarkan Jenis Kawat

Jenis behel gigi adalah salah satu faktor yang menentukan berapa biaya yang dibutuhkan. Terlepas dari biaya pelayanan dokter gigi spesialis ortodonti, obat, atau yang lainnya. Berikut merupakan jenis behel berdasarkan karakteristiknya.

1. Behel Logam Konvensional

Bahan metal braces merupakan logam yang paling umum sebagai kawat gigi. Pada jenis konvensional ini, menggunakan karet untuk memberikan gaya terhadap gigi anda agar rapi sesuai lengkung rahang, pada jenis behel ini Anda bebas memilih warna karet sesuka hati, tersedia beberapa pilihan warna supaya lebih menarik.

Apakah behel logam bisa lepas-pasang? Tidak, behel ini terpasang permanen, artinya Anda tidak boleh malas untuk membersihkannya. Jangan sampai di sela bracket atau kawat ada sisa makanan.

2. Behel Transparan

Behel transparan atau yang dikenal dengan invisalign merupakan terobosan baru  di dunia medis khususnya dalam kesehatan gigi dan mulut. Jenis ini lebih cocok untuk Anda yang tidak ingin tampil terlalu mencolok dengan adanya kawat gigi. Alih alih menggunakan kawat gigi, pada jenis perawatan ortodonti ini pasien akan menggunakan beberapa cetakan (nampan) gigi transparan yang berbeda beda secara bertahap untuk membantu gigi kembali ke lengkung rahang yang baik.  

Biasanya, alat ortodonti ini bisa lepas-pasang. Anda bisa melepaskan behel ketika makan dan gosok gigi. Kemudian memasang kembali ketika beraktivitas lainnya.

3. Behel Keramik

Bracket gigi adalah bagian yang menempel di gigi, berfungsi sebagai alat untuk mentransfer gaya dari kawat yang diaktifkan ke gigi untuk memfasilitasi pergerakan gigi. Nah, pada jenis ini, bagian yang menggunakan keramik adalah bracket.

Sedangkan untuk kawat tetaplah logam yang sudah terbukti ketahanan serta durabilitasnya. Kabar baiknya, Anda bisa memilih bracket yang sesuai dengan warna gigi atau warna lain.

4. Behel Lingual

Sesuai dengan namanya, behel lingual berkaitan dengan lidah. Artinya, behel lingual dipasang di bagian belakang gigi, bukan di depan seperti jenis behel logam konvensional.

Risiko pemasangan behel lingual membuat artikulasi bicara tidak jelas dan iritasi di lidah. Meski begitu, behel lingual menjadi pilihan kaum muda yang ingin tampil modis dan trendi.

5. Behel Damon

Selain behel lingual, jenis behel damon (self-ligating) juga sangat populer di kalangan kaum muda. Pasalnya, jenis behel ini membutuhkan waktu kontrol yang lebih sedikit dibandingkan dengan behel keramik dan konvensional, sehingga pasien tidak terlalu sering ke dokter gigi.

Behel damon menggunakan klip khusus untuk mengunci dan menarik bracket gigi. Jadi pada jenis ini tidak menggunakan karet untuk memberikan gaya untuk pergerakan gigi. 

Secara umum dari jenis behel di atas, harga pasang behel termahal adalah jenis damon dikarenakan behel jenis ini menggunakan bracket yang lebih canggih untuk merapikan gigi Serta lebih dapat meminimalisir rasa sakit. Perbandingan Harga Pasang Behel di  Berbagai Klinik Gigi

Biaya pasang behel di dokter gigi spesialis ortodonti berkisar mulai 4 sampai 20 juta. Harga pasang behel konvensional pada umumnya lebih terjangkau dibandingkan behel tipe lain, mulai 4 juta rupiah, hal ini disebabkan bahan yang digunakan lebih mudah didapat. Sedangkan untuk behel keramik rata rata dimulai dari harga 6 juta rupiah, di mana bahan yang digunakan lebih mahal daripada behel konvensional atau behel metal.

Biaya merapikan gigi menggunakan behel transparan cukup mahal, mulai 15 juta rupiah. Dan untuk behel lingual bisa tembus 20 juta tergantung klinik tempat Anda memasangnya.

Sebuah klinik gigi seringkali memiliki situs web masing-masing, Anda dapat mengecek harga di klinik tersebut. Untuk pasang behel gigi di Puskesmas, ada baiknya bertanya ke pusat informasi dengan langsung mengunjunginya.

Pasang behel gigi juga bisa dilakukan di Rumah Sakit (RS) maupun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), yang ditangani langsung oleh dokter spesialis ortodonti. Dengan perkiraan harga pasang behel sesuai dengan jenis yang Anda inginkan.

Harga Pasang Behel Berdasarkan Prosedur Pemasangan Kawat Gigi

Sudah menentukan ingin pasang behel jenis apa? Maka perhatikan bagaimana prosedur pemasangan di dokter gigi berikut ini. Secara garis besar, prosedur pemasangan behel gigi ada 3 langkah: pra, proses, dan pasca.

1. Pra

Meliputi konsultasi dengan dokter gigi untuk menentukan tingkat urgensi pemasangan behel. Dokter akan menjelaskan serba-serbi terkait dengan behel gigi, seperti biaya/harga, jenis, perawatan, dan hal lainnya. Lebih lanjut lagi, dokter spesialis ortodonti akan melakukan rontgen dan mencetak gigi geligi anda guna melihat struktur gigi pasien dengan rinci.

Dalam proses pra pemasangan ini, Anda dapat memilih jenis kawat sesuai keinginan, atau yang paling aman mengikuti rekomendasi dokter gigi. Dengan begitu, hasil yang optimal nantinya Anda dapatkan setelah pemasangan dalam kurun waktu tertentu.

2. Proses

Kalau pra pemasangan sudah tuntas, dokter akan memulai proses pemasangan sesuai prosedur. Sebenarnya, proses pemasangan behel gigi tidak lama tergantung seberapa kompleks kasus yang ada pada rongga mulut pasien. Setelah dipasang, kawat gigi tersebut akan tetap berada di gigi pasien dalam kurun waktu selambat-lambatnya 6 bulan. Namun tidak jarang bisa memakan waktu sampai 3 tahun lamanya.

3. Pasca

Pasca pemasangan berkaitan dengan kegiatan kontrol dan pemantauan, serta perawatan kebersihan gigi dan mulut setelah menggunakan behel. Kontrol rutin sangat penting untuk melihat perkembangan, apakah gigi sudah berubah ke posisi ideal atau belum.

Pada akhirnya, harga pasang behel gigi di tenaga profesional memang cukup mahal daripada tindakan medis yang berkaitan dengan gigi dan mulut lainnya. Biaya yang sebaiknya Anda siapkan antara 4 sampai 20 juta, belum termasuk biaya lain yang mungkin dibutuhkan.

Ditinjau oleh: drg. Sarah Putri Abellysa

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami