HomeBehel GigiBehel Self Ligating

Perbandingan Behel Self Ligating dengan Jenis Behel Gigi Lainnya

Perbandingan Behel Self Ligating dengan Jenis Kawat Gigi Lainnya

Daftar Isi

Behel self ligating atau self ligating braces, merupakan salah satu jenis kawat gigi yang saat ini populer dipilih dan digunakan untuk merapikan susunan gigi geligi. Hal ini dikarenakan behel self ligating diklaim memiliki lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan behel konvensional yaitu waktu perawatan yang lebih singkat dan kenyamanan pasien yang lebih baik. Sistem dan komponen pada behel self ligating memiliki perbedaan dibandingkan behel konvensional. Perbedaan itulah yang membuat jenis behel ini lebih unggul. 

Tentunya ada harga ada kualitas. Jenis behel self ligating memang awalnya lebih mahal dibandingkan jenis behel konvensional, tetapi karena durasi perawatannya yang bisa lebih singkat dan jumlah kunjungan kontrol yang lebih sedikit , behel self ligating perlu Anda pertimbangkan sebagai pilihan untuk merapikan susunan gigi Anda.

Guna mendapat penjelasan lebih lengkap, serta perbedaan self ligating dengan behel konvensional, Mydents Dental Care telah merangkum informasi pada artikel berikut ini.

Informasi Umum Behel Self Ligating

Lantas, apa itu kawat gigi self ligating serta perbedaan dengan behel jenis lainnya secara umum?

Penjelasan Behel Self Ligating dan Perbedaannya dengan Behel Konvensional

Behel self ligating berbeda dengan behel gigi konvensional, karena tidak memerlukan karet elastis untuk menahan kawat yang ada di dalam slot braket. Penempatan karet elastis pada behel konvensional memberikan tekanan yang berlebihan dan meningkatkan gesekan pada gigi Anda. 

Sistem behel Self-Ligating memiliki fitur gerbang geser yang dapat dibuka dan ditutup untuk memasang kawat. Masing-masing bracket pada behel self ligating sudah didesain sedemikian rupa yang memungkinkan gigi bergerak lebih cepat, lebih mudah, dan lebih nyaman daripada behel konvensional. 

Kekuatan ringan dari behel self-ligating lebih kompatibel dengan jaringan gigi dan penyangga gigi di sekitarnya. Sedangkan behel konvensional memberikan tekanan berkekuatan tinggi. Hal ini memungkinkan perawatan dengan behel self ligating lebih efisien dan meningkatkan kenyamanan pada pasien yang menggunakannya.

Kebersihan gigi dan mulut juga lebih terjaga karena pada behel self ligating tidak menggunakan karet elastis pada bracketnya. Karet elastis ini dapat menumpuk sisa-sisa makanan sehingga gigi menjadi lebih cepat kotor, oleh sebab itu juga pasien yang menggunakan behel konvensional harus rutin kontrol untuk mengganti karet elastisnya.

Jika behel konvensional umumnya diharuskan kontrol rutin 3 s/d 5 minggu sekali, maka behel self ligating perlu datang kontrol antara 2 s/d 3 bulan sekali saja. Namun Anda tetap dapat konsultasi atau datang ke dokter gigi saat itu juga bila memang ada keluhan.

Kelebihan dan Kekurangan Behel Self Ligating

Seperti setiap tindakan pemasangan behel jenis lainnya, memiliki kelebihan maupun kekurangan. Berikut merupakan apa saja kelebihan dan kekurangan self ligating secara umum.

1. Kelebihan

Dengan biaya pemasangan behel yang relatif mahal, Anda akan memperoleh berbagai macam kelebihan dan benefit self ligating. Di antaranya sebagai berikut ini:

  1. Lebih nyaman,  sistem behel self ligating memberikan  tekanan dan gesekan yang lebih kecil namun berkelanjutan, hal ini memungkinkan gigi bergerak secara optimal dengan rasa nyeri yang lebih minim h.
  2. Durasi perawatan dengan behel self ligating terbilang lebih cepat daripada behel konvensional.
  3. Kebersihan gigi dan mulut lebih terjaga karena tidak ada karet elastis yang membuat kotoran lebih mudah menumpuk Secara umum, behel self ligating hanya perlu kontrol sekitar 2-3 bulan sekali saja , namun hal ini tergantung pada keadaan masing-masing pasien.
  4. Dapat diterapkan pemasangan kawat gigi self ligating untuk semua rentang usia dan berbagai macam jenis kasus dari yang ringan hingga kompleks.

2. Kekurangan

Setiap jenis behel tentu memiliki kekurangan, namun untuk self ligating kami akui lebih banyak kelebihannya daripada kekurangannya. Kekurangan behel self ligating antara lain:

  1. Harga cenderung lebih mahal daripada behel konvensional, bahkan terpaut cukup jauh karena memang perbedaannya sangat mencolok.
  2. Bila salah satu bracket rusak atau hilang maka harga penggantian bracketnya juga lebih mahal
  3. Beberapa pasien mungkin masih merasakan ketidaknyamanan atau nyeri setelah pemasangan atau saat pergantian fase perawatan.

Mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan behel gigi seolah menjadi hal yang wajib dilakukan sebelum melakukan tindakan pemasangan. Jika sudah yakin dengan jenis behel ini, berikutnya akan kami beri promo menarik agar harga self ligating Anda sangat affordable.

Harga Behel Self Ligating

Lantas, berapa sih harga pemasangan jenis kawat gigi self ligating ini? Tentu dengan mempertimbangkan kenyamanan yang sangat baik ketika menggunakan, serta kemudahan merawat behel, harganya terbilang relatif mahal.

1. Informasi Harga Behel Self Ligating

Harga kawat gigi self ligating rata-rata Rp 8 juta s/d 30 juta. Bandingkan dengan behel metal simpel (metal braces) yang berkisar hanya Rp 2 juta s/d 7 juta. 

Di klinik terbaik, harga self ligating bisa berkisar 16 jutaan, seperti klinik Mydents Dental Care. Kabar baiknya, sekarang Mydents sedang ada promo, sehingga biaya pemasangan self ligating tinggal 8,99 juta saja!

Harga tersebut sudah include dengan dental check up untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Sekaligus memastikan self ligating yang akan dipasang dapat memberi manfaat yang optimal.

Tentu saja, Anda sudah memperoleh konsultasi gratis bersama dokter gigispesialis di Mydents. Yuk cek informasi lebih lanjut di sini, mumpung sangat murah, dan layanan lengkap terbaik.

2. Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pemasangan

Melihat interval harga self ligating sangatlah lebar, yaitu paling murah sekitar 8 juta dan paling mahal bisa tembus 30 juta. Kira-kira apa saja faktor yang berpengaruh pada biaya tersebut?

  1. Fasilitas kesehatan yang Anda pilih, kawat gigi self ligating membutuhkan penanganan tenaga spesialis dengan alat lengkap di fasilitas kesehatan yang kredibel, seperti klinik gigi.
  2. Tenaga dokter gigi spesialis juga berpengaruh pada harga, karena berkaitan dengan penanganan serta antisipasi risiko sewaktu pemasangan.
  3. Jenis dan merk behel self ligating itu sendiri, seperti damon self ligating braces.
  4. Prosedur persiapan sebelum pemasangan, yang mungkin membutuhkan tambahan biaya lagi.
  5. Adanya promo atau tidak untuk layanan pemasangan behel tersebut di klinik gigi. Perhatikan harga 8 juta (termurah) di Mydents adalah harga promo, di mana harga umum adalah 15 juta.

Memanfaatkan promo yang sedang berlaku akan memberi keuntungan besar berupa menghemat biaya yang Anda butuhkan. Maka dari itulah, jangan sampai ketinggalan atau mengabaikan promo yang ada, ya!

Behel Self Ligating sebagai Kawat Gigi Pilihan Terbaik

Banyak orang mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa yang lebih memilih investasi dengan self ligating daripada behel konvensional. Sebagai versi yang menawarkan lebih banyak keunggulan , behel ini menawarkan painless, durasi perawatan yang lebih cepat dibandingkan behel konvensional, dan minim rasa  sakit.

Bahkan untuk menambah kemantapan dalam keyakinan, Anda dapat melihat bagaimana pengalaman pakai self ligating dari orang lain. Atau langsung konsultasi dengan dokter gigi spesialis di klinik terbaik Mydents.

Demikian informasi perbandingan antara behel self ligating dengan konvensional pada umumnya. Harga yang relatif mahal ternyata memang membawa kualitas, kenyamanan, dan fungsi yang benar-benar optimal.

Ditinjau oleh: drg. Mediani Retno Putri, MARS

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami