Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

anak-anak-sedang-menyikat-gigi
Date

Beberapa dari Anda mungkin sering bertanya mengani cara yang tepat dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut anak di rumah. Misalnya saja, kapan sebaiknya menjadwalkan kunjungan pertama ke klinik dokter gigi anak? Bagaimana saya tahu jika anak saya membutuhkan kawat gigi?

Banyak orang tua masih mengalami kesulitan dalam merawat gigi dan mulut anak mereka. Orang tua mungkin saja tahu bahwa gigi anak mereka berlubang, tetapi mereka tidak selalu tahu cara terbaik untuk merawatnya. 

Oleh sebab itu, di bawah ini terdapat beberapa tips dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut anak Anda menurut laman Kidshealth.

Baca Juga: Perawatan Gigi Berlubang

Kapan Anak-Anak Harus Mulai Menyikat Gigi?

Perawatan gigi yang baik dimulai sebelum gigi pertama bayi muncul. Hanya karena Anda tidak dapat melihat giginya, bukan berarti gigi itu tidak ada. Gigi pada anak Anda sebenarnya mulai terbentuk pada trimester kedua kehamilan. Saat lahir, bayi Anda memiliki 20 gigi sulung, beberapa di antaranya tumbuh sempurna di rahang.

Berikut ini adalah waktu dan cara merawat gigi anak Anda:

  • Sebelum gigi bayi Anda tumbuh, Anda sudah dapat mengusapkan lap atau handuk kecil yang bersih dan lembab ke gusi untuk membersihkan bakteri berbahaya.
  • Saat bayi Anda tumbuh gigi, gosoklah dengan sikat gigi bayi. Gunakan air dan sedikit pasta gigi yang mengandung fluoride (seukuran sebutir beras). Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan sudah terbukti aman. (Jika Anda menggunakan pasta gigi bayi tanpa fluoride, gunakan dalam takaran yang sama demi meminimalisir pasta gigi tertelan).
  • Saat dua gigi bayi Anda mulai bersentuhan, Anda sudah dapat membersihkan gigi di antara keduanya.
  • Sekitar usia 2 tahun, anak Anda harus belajar meludah ketika menyikat gigi. Hindari memberi anak Anda air untuk berkumur dan meludah karena ini dapat membuat pasta gigi tertelan.
  • Anak-anak usia 3 tahun ke atas hanya boleh menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride seukuran kacang polong.
  • Selalu awasi anak-anak di bawah 8 tahun saat menyikat gigi karena mereka cenderung menelan pasta gigi.

Bahkan bayi pun dapat mengalami kerusakan gigi. Menidurkan bayi dengan botol atau dot dapat merusak gigi bayi. Gula dari jus, susu formula, atau susu yang tertinggal di gigi bayi selama berjam-jam dapat menggerogoti enamel (lapisan yang melindungi gigi dari kerusakan). 

Hal ini dapat menyebabkan “baby bottle tooth decay“. Jika ini terjadi, gigi depan dapat berubah warna, bopeng, dan berlubang. Karies atau gigi berlubang mungkin akan muncul dan dalam kasus yang parah, gigi dapat membusuk dan perlu dicabut.

Saat anak berusia 6 bulan, mereka dapat beralih dari botol ke sippy cup (tempat minum anak yang dilengkapi dengan sedotan). Tempat minum ini mencegah cairan menggenang di sekitar gigi anak. Pada ulang tahun pertama anak, mereka akan memiliki keterampilan motorik dan koordinasi untuk dapat menggunakan tempat minum itu.

Baca Juga: Memahami Perawatan Saluran Akar gigi Atau Root Canal Treatment

Kapan Anak Harus Dibawa ke Dokter Gigi?

Anda dapat membawa anak-anak menemui dokter gigi ketika menginjak usia satu tahun. Pada kunjungan pertama ini, dokter gigi akan menjelaskan teknik menyikat gigi dan flossing yang benar serta melakukan pemeriksaan saat anak duduk di pangkuan Anda.

Kunjungan ini dapat membantu Anda menemukan masalah dini pada gigi anak dan membantu anak-anak untuk terbiasa mengunjungi dokter gigi, sehingga nantinya mereka tidak terlalu takut pergi ke dokter gigi. 

Pertimbangkan untuk membawa anak Anda ke dokter gigi anak. Dokter gigi anak dilatih untuk menangani berbagai masalah yang terkait dengan kesehatan gigi anak. Mereka juga tahu kapan harus merekomendasikan Anda ke dokter spesialis yang berbeda, seperti ortodonti untuk mengoreksi bentuk gigi atau ahli bedah mulut untuk penataan rahang.

Jika anak Anda memiliki risiko gigi berlubang atau masalah lainnya, dokter gigi akan mengaplikasikan topikal fluoride bahkan sebelum semua gigi tumbuh. Fluoride dapat mengeraskan enamel gigi, membantu menangkal penyakit mulut pada masa kanak-kanak seperti gigi berlubang.

Nah, itu dia beberapa tips dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak. Jadi, kesehatan gigi dan mulut anak sudah harus diperhatikan bahkan sebelum gigi anak tumbuh guna mencegah bakteri berbahaya.  

Rekomendasi Klinik Gigi Anak

Bagi Anda para orang tua, tidak perlu bingung mencari dokter gigi terbaik untuk anak Anda. Mydents KIDS hadir sebagai solusi perawatan gigi anak Anda. Informasi masih selengkapnya silakan hubungi kontak yang tertera di website kami.

Informasi Terkait Lainnya:

Konsultasikan Kesehatan Gigi & Mulut Anda

Ke klinik dokter gigi terpercaya dan profesional mydents.

INFO
artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo mydents dental care

Klinik mydentˢ dental care merupakan klinik dokter gigi keluarga dan estetika sejak tahun 2010. Dengan pelayanan profesional, klinik mydents dental care telah dipercaya oleh puluhan ribu pasien di wilayah Bintaro, Pamulang, Ciledug, Pesanggrahan dan Bekasi. Tim dokter gigi umum dan spesialis unggulan dari universitas ternama indonesia membuat klinik mydentˢ dental care yakin dapat menemukan solusi kesehatan gigi terbaik untuk anda dan keluarga. Biaya yang terjangkau dengan kualitas pelayanan ramah didukung dengan peratalan yang steril dan terupdate menjadikan mydents dental care sebagai klinik gigi yang dapat diandalkan dan dekat dihati.

Lokasi
Mydents Pamulang
Mydents Ciledug
Mydents Bekasi
Mydents Bintaro Sektor 9
Mydents Pesanggrahan
Social Media
© PT Mydents Medina Indonesia 2022. All Right Reserved
Hubungi Kami disini...