HomeKesehatan GigiObat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil

Obat Sakit Gigi yang Aman untuk Ibu Hamil

Aman! Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil Ditinjau Dokter Gigi

Daftar Isi

Seringkali muncul kekhawatiran saat mencari obat sakit gigi yang aman untuk ibu hamil. Kekhawatiran yang sering terjadi seperti, apakah obat itu memberi pengaruh ke janin atau tidak?

Nyeri yang muncul dapat menjadi salah satu faktor berkurangnya nafsu makan. Mengingat seorang ibu hamil harus memenuhi kebutuhan nutrisi, tidak hanya untuk dirinya sendiri, melainkan juga untuk si jabang bayi, karena secara tidak langsung ibu juga sedang menjaga kesehatan janin di dalam kandungannya.

Maka dari itulah, jika muncul rasa nyeri sebaiknya untuk segera diatasi. Baik dengan mencari obat untuk mengatasi sakit gigi pada ibu hamil atau mendatangi klinik gigi terdekat. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai obat sakit gigi yang aman untuk ibu hamil.

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil di Apotek

Penyebab sakit gigi yang paling umum adalah gigi berlubang, ya, gigi berlubang (karies) memang secepatnya harus dirawat  agar tidak menyebabkan masalah baru. Gigi yang berlubang bisa dilakukan penambalan, perawatan saluran akar, maupun pencabutan, tergantung dari kondisi gigi saat dilakukan pemeriksaan oleh dokter gigi. Selain gigi berlubang, masalah yang sering muncul pada ibu hamil adalah masalah gusi. Untuk meredakan nyeri yang muncul akibat penyakit pada gigi dan mulut, pemberian obat sakit atau obat nyeri akan disesuaikan dengan masalah nyeri itu masing-masing.

Berikut ini adalah beberapa obat sakit gigi yang aman untuk ibu hamil yang bisa Anda peroleh di apotek berdasarkan kategorinya.

1. Obat Tablet

Penting untuk diperhatikan oleh ibu hamil bahwa mengonsumsi sembarang obat  dapat mengakibatkan risiko untuk janin, seperti cacat lahir maupun komplikasi kehamilan.

Maka dari itulah, dokter gigi akan menyarankan obat yang dikategorikan aman untuk ibu hamil. Kandungan  obat sakit gigi yang aman untuk ibu hamil adalah paracetamol (acetaminophen) Paracetamol merupakan obat golongan analgesik non opioid yang dapat menjadi pilihan pertama bagi ibu hamil untuk di seluruh trimester. Selain memiliki efek meredakan nyeri ringan hingga sedang, paracetamol juga memiliki fungsi meredakan demam (antipiretik).

Berikut adalah beberapa daftar merk obat tablet yang aman ibu hamil konsumsi untuk mengurangi gejala nyeri sakit gigi selama kehamilan.

  1. Paracetamol 500 mg
  2. Sanmol Paracetamol 500 mg
  3. Dumin Paracetamol 500 mg
  4. Biogesic Paracetamol 500 mg
  5. Sumagesic Paracetamol 600 mg
  6. Panadol Paracetamol
  7. Pamol Paracetamol
  8. Lanamol Paracetamol 500 mg

Obat yang mengandung bahan paracetamol di atas dapat Anda konsumsi 1 tablet sebanyak 2 – 3x sehari. Namun, alangkah bijak jika Anda bertanya ahli medis, apoteker, maupun dokter gigi Anda berapa dosis yang dianjurkan.

Sayangnya, obat di atas hanya sekadar mengurangi gejala nyeri, dan sama sekali bukan solusi menghilangkan sakit gigi karena karies (lubang gigi). Untuk mengantisipasi sakit gigi kambuh di kemudian hari, lakukan tindakan seperti pemeriksaan dan penambalan gigi di cabang Mydents terdekat.

2. Obat Sirup

Ada kalanya pada saat sebelum hamil sang ibu bisa makan semua jenis makanan, dan mudah menelan obat berbentuk tablet, namun ketika hamil, ibu justru anti dengan makanan kesukaan, mengalami mual yang berlebihan dan mungkin kesulitan menelan obat tablet.

Untuk itu selain obat dalam bentuk tablet cara mengatasi sakit gigi saat hamil dapat menggunakan obat dalam bentuk sirup, seperti: Paracetamol Sirup 120 mg/5 ml. Pastikan untuk tidak mengonsumsinya melebihi dosis yang dokter perbolehkan

3. Obat Oles 

Obat sakit gigi untuk ibu hamil dalam bentuk oles umumnya digunakan untuk meredakan nyeri pada gusi. Obat oles biasanya digunakan untuk meredakan nyeri sariawan, nyeri pada gusi yang mengalami infeksi, atau pengobatan gingivitis. Beberapa ibu hamil memang lebih rentan mengalami radang gusi, karena terjadi perubahan hormon. Kondisi ini disebut dengan Gingivitis Gravidarum. 

Untuk area luka atau nyeri yang dapat dijangkau dan tidak terlalu banyak (lesi tunggal), maka pemberian obat oles dapat diberikan. Obat oles yang biasanya diberikan kepada ibu hamil memiliki kandungan alami yang memiliki efek mendinginkan/menenangkan peradangan, sehingga meredakan rasa sakit akibat peradangan tersebut.

Beberapa merk obat oles yang aman dan dapat digunakan oleh ibu hamil :

  1. Gengigel gel
  2. Alocalair Plus gel

4. Obat Kumur

Obat kumur dapat digunakan oleh ibu hamil sebagai antiseptik, manfaat lainnya untuk menyegarkan mulut, mengurangi rasa mual karena memberikan sensasi menyegarkan, membersihkan sela sela gigi dan gusi, dan dapat juga mengurangi bau mulut. 

Berikut beberapa obat kumur yang aman untuk ibu hamil : 

  1. Mama’s Choice Mouthwash
  2. Enkasari Herbal
  3. Listerine Multiprotect Zero

Menurut American Academy of Pediatric Dentistry (AAPD), berkumur dengan obat kumur selama hamil dapat mencegah penyakit dan radang gusi, serta mencegah terjadinya gigi berlubang. Karena seperti yang kita tahu, ibu hamil itu sangat rentan terkena penyakit gigi, gusi, dan mulut. Hormon yang berubah saat hamil juga memengaruhi kondisi kesehatan gusi dan gigi ibu hamil itu sendiri.

Obat Sakit Gigi Tradisional untuk Ibu Hamil

Sakit gigi saat hamil trimester 1 umumnya disebabkan oleh perubahan hormon, penurunan sistem imun tubuh, hingga kekurangan kalsium. Tetapi jika bumil memang memiliki karies atau gigi berlubang, mungkin itulah yang menjadi penyebab utama.

Hal serupa juga menjadi penyebab sakit gigi pada saat hamil trimester 3, maka dari itulah tetap membutuhkan konsultasi ke dokter spesialis kandungan dan dokter gigi untuk mendapatkan tindakan yang tepat dan professional. 

Bagi Anda yang cenderung menggunakan bahan alami, ada beberapa obat sakit gigi tradisional untuk ibu hamil yang dapat anda gunakan, berikut daftarnya : 

  1. Cengkeh
  2. Lidah buaya
  3. Kunyit
  4. Bawang putih
  5. Air garam
  6. Susu
  7. Minyak pohon teh

Cara kerja bahan di atas berperan sebagai antiseptik alami untuk membasmi bakteri jahat di mulut. 

Jika setelah menggunakan obat sakit gigi tradisional untuk bumil selama kurun waktu tertentu namun tidak kunjung ada perubahan sama sekali. Jangan tunda lagi untuk konsultasi ke tenaga profesional yang tepat!

Cara Sederhana Mengatasi Sakit Gigi selama Kehamilan

Menahan sakit gigi saat hamil memang sebuah perjuangan luar biasa yang hanya dirasakan sang ibu, rasa sakit gigi sewaktu hamil yang tidak tertahankan, dapat segera Anda ambil tindakan sederhana untuk mengurangi gejalanya. Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan di rumah, antara lain:

1. Mengoleskan Ekstrak Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh merupakan pilihan pertama untuk mengatasi sakit gigi. Jika tidak ada minyak cengkeh, dapat menggunakan cengkeh asli dari warung kelontong sekitar rumah.

Cukup oleskan tepat di bagian gigi yang sakit menggunakan cotton bud atau kapas. Oleskan dan diamkan selama beberapa menit di area gigi yang sakit. Setelah dirasa gejala nyeri berkurang, segera berkumur sampai bersih, disarankan untuk berkumur dengan air hangat. Namun, perlu diingat untuk hanya menggunakan minyak cengkeh dengan dosis yang sedikit dan tidak terlalu sering. Sebab dosis tinggi bisa menyebabkan efek samping seperti kerusakan gusi. Maka dari itu, penggunaannya harus hati-hati. 

2. Menggunakan Air Garam sebagai Obat Kumur

Jika tidak ada cengkeh, Anda dapat menggunakan garam sebagai media untuk mengurangi rasa sakit gigi sementara dirumah, segera ambil satu (1) sendok makan garam, campur ke setengah cangkir kecil air hangat, aduk hingga merata, lalu gunakan untuk berkumur. Ini adalah cara sederhana di rumah sebagai obat sakit gigi untuk ibu hamil.

Berapa lama waktu untuk berkumur? Perkiraan sampai mulut terasa bersih, yaitu sekitar 30 detik s/d 1 menit. Anda tidak disarankan menelan larutan ini karena dapat menimbulkan rasa yang sangat asin.

Setelah berkumur, jangan membilas (berkumur lagi) dengan air bersih. Biarkan terlebih dulu sampai kandungan anti bakteri di dalam garam membasmi bakteri jahat penyebab sakit gigi.

Jika setelah penggunaan rasa sakit tidak kunjung membaik, hentikan dan segera konsultasikan ke dokter.

3. Mengoleskan Bawang Putih sebagai Antibakteri

Cara sederhana di rumah untuk mengatasi sakit gigi berikutnya adalah menggunakan bawang putih 1 siung. Haluskan terlebih dulu bawang putih, langsung oles dan tempel tepat ke bagian gigi yang sakit.

Tunggu sekitar 5 menit sampai senyawa allicin di dalam bawang putih bekerja membasmi bakteri jahat, lalu bersihkan dengan cara berkumur menggunakan air bersih, Anda dapat mengulangi proses pengolesan beberapa kali sehari.

Cara kerja senyawa allicin sebagai anti bakteri sama seperti obat kumur air garam, hanya saja bawang putih langsung ditempelkan di titik nyeri. Cara ini bisa Anda coba jika berfokus pada meredakan sakit gigi saja (tidak ada sariawan atau sakit tenggorokan).

4. Mengoleskan Gel Lidah Buaya Alami

Masih dengan bahan alami, sekarang menggunakan lidah buaya yang mungkin ada di halaman rumah Anda. Cara menggunakan lidah buaya untuk sakit gigi sewaktu hamil sangatlah mudah, ikuti langkah berikut:

  1. Potong lidah buaya lalu kelupas sedikit sampai memperlihatkan bagian dalam.
  2. Oleskan gel yang keluar dari lidah buaya ke titik gusi bengkak atau gigi sakit.
  3. Biarkan gel bekerja selama kurang lebih 5 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Mengapa gel lidah buaya dapat mengurangi peradangan dan nyeri gigi karena karies? Sebab, di dalam gel lidah buaya terhadap kandungan antibakteri, antijamur, dan antimikroba.

5. Kompres Dingin untuk Antisipasi Radang/Bengkak

Sebagai langkah tambahan, terutama kalau terjadi radang atau bengkak. Anda bisa mempertimbangkan menggunakan kompres dingin untuk mengatasinya.

Sebagaimana obat tradisional dan obat sakit gigi, cara sederhana ini bersifat sebagai tindakan sementara. Untuk menghilangkan penyebab secara tuntas, seperti karies/gigi berlubang, konsultasikan ke dokter gigi spesialis di Mydents Dental Care. 

Selain itu hal yang tidak kalah pentingnya selama kehamilan pastikan gigi dan mulut Anda dijaga kebersihannya, dengan menyikat gigi 2 kali sehari pagi dan malam sebelum tidur, serta scaling 6 bulan sekali untuk membersihkan karang gigi.

Demikian daftar obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman dan sudah ditinjau oleh dokter gigi. Jangan biarkan sakit gigi menghalangi ibu hamil untuk memberi nutrisi yang baik untuk janin di kandungan ya, yuk segera tangani dengan tindakan yang tepat!

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami