HomeKesehatan GigiObat Kalmethasone

Obat Kalmethasone: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Obat Kalmethasone Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Daftar Isi

Obat Kalmethasone tergolong dalam kategori kortikosteroid, yaitu kelompok obat yang mengandung hormon steroid sintetis dengan fungsi menurunkan kerja sistem kekebalan (imun).

Kalmethasone obat untuk penyakit apa? Dalam setiap tablet obat ini, mengandung 0,5 mg bahan aktif dexamethasone yang bekerja dengan mengurangi respons sistem imun pemicu peradangan.

Dengan kata lain, fungsi obat kalmethasone berfokus pada pengurangan gejala peradangan, bengkak, nyeri, dan ruam.

Meski begitu, kalmethasone masuk dalam obat resep, artinya tidak bisa dibeli dengan bebas dan harus sesuai resep dokter. Selain itu setiap gejala peradangan setiap orang berbeda, jadi juga perlu menyesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien.

Kaitannya dengan kesehatan gigi dan mulut, dokter gigi akan memberikan kalmethasone jika pasien mengalami radang gusi. Atau pencegahan peradangan setelah melakukan tindakan, seperti odontektomi, dental crown, implant gigi, perawatan saluran akar, dan sebagainya.

Manfaat Obat Kalmethasone

Sebagai disklaimer, dalam kesempatan kali ini Mydents Dental Care sekadar memberi informasi kalmethasone dan sama sekali bukan menyarankankan penggunaan tanpa resep dokter.

Berikut adalah detail kalmethasone meliputi manfaat, kandungan, dan peringatan sebelum mengkonsumsi obat ini.

1. Mengenal Obat Kalmethasone

  1. Bahan aktif: Dexamethasone
  2. Kategori: Kortikosteroid
  3. Golongan: Obat resep
  4. Pasien: Dewasa dan anak-anak
  5. Kalmethasone untuk ibu hamil: Pertimbangan manfaat lebih besar daripada risiko terhadap janin.
  6. Kalmethasone untuk ibu menyusui: Sesuai anjuran dokter.
  7. Bentuk: Tablet.

2. Peringatan Mengkonsumsi Kalmethasone

Sebelum mengkonsumsi kalmethasone, berikan informasi kepada dokter jika Anda sedang atau memiliki riwayat penyakit berikut ini.

  1. Riwayat penyakit khususnya alergi.
  2. Penyakit infeksi (seperti jamur, herpes, TBC, dll).
  3. Lambung, ginjal, liver, jantung, epilepsi, osteoporosis, katarak, diabetes.
  4. Penyumbatan aliran darah (stroke atau serangan jantung).
  5. Gangguan mental (gangguan kecemasan, depresi, psikosis).
  6. Obat kalmethasone dapat menurunkan efektivitas jika sedang atau akan melaksanakan vaksin tertentu.
  7. Menghindari minuman beralkohol.
  8. Informasikan kepada dokter jika mengkonsumsi obat herbal dan suplemen.

3. Manfaat Kalmethasone

Secara umum, ada banyak manfaat obat kalmethasone sesuai dengan keadaan pasien. Berangkat dari fungsi bahan aktif dexamethasone dalam setiap tablet, berikut manfaat atau kegunaan obat ini.

  1. Mengatasi alergi
  2. Mengurangi gejala peradangan
  3. Mengatasi asma
  4. Meringankan radang sendi
  5. Mengurangi gejala penyakit kulit
  6. Hiperplasia adrenal kongenital
  7. Mengantisipasi radang gusi dan gigi

Penjelasan Obat Kalmethasone untuk Sakit Gigi

Melihat manfaat di atas, kegunaan kalmethasone dapat diterapkan sebagai anti radang atau anti inflamasi yang kaitannya dengan sakit gigi. Oleh karenanya, kalmethasone dianggap sebagai obat multifungsi, memiliki beberapa fungsi atau kegunaan sesuai kondisi pasien masing-masing.

Gigi berlubang yang infeksi parah, menyebabkan radang atau bengkak di gusi sekitarnya. Fungsi kalmethasone sebagai pencegah dan mengurangi gejala peradangan tersebut.

Apakah hanya dengan mengkonsumsi obat ini sakit gigi seketika sembuh? Tidak, sakit gigi yang diakibatkan oleh lubang yang terinfeksi, tetap membutuhkan perawatan medis di klinik gigi.

Pasien tetap harus datang ke dokter gigi, membersihkan gigi berlubang lalu melakukan penambalan gigi. Atau jika penambalan langsung sudah tidak bisa dilakukan harus dilakukan dengan perawatan saraf gigi.

Perhatikan bahwa kalmethasone bukan sebagai penyembuh sakit gigi, melainkan hanya mengurangi respons imun yang menyebabkan radang! Jadi, jangan sampai salah kaprah menganggap obat ini adalah obat gigi berlubang, ya!

Dosis Obat Kalmethasone

Tidak disarankan mengkonsumsi obat ini dengan sembarangan. Dosis ditentukan oleh dokter sesuai dengan usia dan kondisi gejala kompleks yang dialami.

a) Kondisi Peradangan

Dewasa dosis awal 0,5 s/d 9 mg, sedangkan untuk anak dosis awal 0,02 s/d 0,3 mg.

b) Kondisi Alergi

Dewasa dosis awal 0,75 s/d 1,5 mg dikonsumsi 1-2 kali sehari.

c) Kondisi Gangguan Saraf

Dewasa dosis awal 30 mg sekali sehari dalam minggu awal, kemudian dosis naik 4 s/d 12 mg sekali sehari dalam satu bulan.

d) Kondisi Nyeri Tulang

Dewasa dosis awal 40 mg sehari sekali dalam minggu awal.

Perhatikan bahwa akan ada dosis yang berbeda-beda, tergantung dari saran dokter yang menangani masalah pasien. Anda tidak diizinkan meminum obat ini tanpa saran dokter, segera sudahi jika sudah mengkonsumsi mandiri lebih dari 2 minggu.

Efek Samping Obat Kalmethasone

Jika setelah mengkonsumsi selama lebih dari 2 minggu mengalami gejala-gejala efek samping kalmethasone di bawah ini. Segera hentikan minum obat, lalu konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

  1. Mual/muntah
  2. Sakit perut
  3. Pusing
  4. Mudah lelah
  5. Demam
  6. Jerawat
  7. Ruam di kulit
  8. Nafsu makan meningkat
  9. Detak jantung tidak teratur
  10. Kram/sembelit/mati rasa
  11. Pandangan kabur/mimisan/hipertensi
  12. Sesak napas
  13. BAB berdarah
  14. Batuk berdarah
  15. Kejang

Beberapa efek samping ringan seperti mual, muntah, pusing, atau demam mungkin muncul di awal. Jika setelah muncul efek samping tersebut masih terus melanjutkan pengonsumsian, maka dapat mengakibatkan gejala yang lebih parah seperti mimisan, BAB berdarah, batuk berdarah, hingga kejang.

Begitu pula jika setelah mengkonsumsi dalam jangka waktu lama, namun peradangan belum kunjung membaik (atau malah menjadi lebih parah). Seperti radang gusi, segera datang ke dokter gigi yang memberikan resep obat kalmethasone agar memperoleh solusi medis.

Pembelian Obat Kalmethasone

Untuk membeli kalmethasone obat radang, Anda bisa membelinya secara online maupun offline. Tentunya dengan menunjukkan resep dokter sebelum melakukan pembelian.

1. Online

Cara membeli kalmethasone secara online sebagai berikut:

  1. Mengunjungi marketplace apotek atau distributor obat-obatan official. Jangan memilih toko yang tidak kredibel, tidak terjamin keasliannya, atau yang mendapat review buruk.
  2. Menghubungi seller dengan menunjukkan resep dokter untuk membeli kalmethasone.
  3. Melakukan check-out sesuai dengan resep tersebut.

Dalam membeli secara online, Anda harus kompromi dengan waktu pengiriman obat. Jika obat dibutuhkan darurat, alangkah lebih baik langsung mencarinya di apotek offline.

2. Offline

Cara membeli kalmethasone secara offline sebagai berikut

  1. Mengunjungi apotek terdekat dan menunjukkan resep dokter untuk membeli kalmethasone.
  2. Melakukan pembayaran sesuai dengan resep tersebut.
  3. Selesai.

Di zaman sekarang yang gencar dengan pembelian produk secara online, estimasi waktu pengiriman menjadi pertimbangan yang sangat penting. Apalagi ketika membeli obat-obatan yang notabene dibutuhkan segera.

Kesimpulan

Kalmethasone 0.5 mg obat apa? Kalmethasone adalah obat yang masuk kategori kortikosteroid dengan bahan aktif dexamethasone pada tiap tablet. Memiliki kegunaan untuk meringankan gejala peradangan dengan cara mengurangi respons sistem imun sebagai pemicunya.

Dalam mengkonsumsi kalmethasone harus dengan resep dokter, artinya pasien tidak memiliki izin membeli secara bebas baik online maupun offline. Pasien juga tidak memiliki izin mengkonsumsi obat ini sembarangan, apalagi untuk jangka panjang.

Obat kalmethasone juga diberikan oleh dokter gigi di klinik spesialis, khususnya sebagai langkah pencegahan setelah pasien melakukan tindakan seperti: odontektomi, dental crown, implant gigi, perawatan saluran akar, dan sebagainya.

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami