HomeKesehatan GigiJumlah Gigi Orang Dewasa

Jumlah Gigi Orang Dewasa, Susunan, dan Fungsinya

Jumlah Gigi Orang Dewasa, Susunan, dan Fungsinya

Daftar Isi

Jumlah gigi orang dewasa normal adalah 32 buah gigi tetap, di mana tersusun dari 16 gigi rahang atas dan 16 gigi rahang bawah. Sedangkan jumlah gigi anak-anak adalah 20 buah gigi susu.

Anak sudah mempunyai gigi susu yang lengkap (20 buah) rata-rata pada usia tiga (3) tahun. Seiring bertambahnya usia, satu per satu gigi susu atau gigi sementara itu akan tanggal. Kemudian berganti menjadi gigi tetap atau gigi permanen hingga dewasa.

Proses pergantian setiap gigi susu pada anak akan berakhir setelah menginjak usia antara 12 s/d 14 tahun. Jika ada gigi yang belum lepas/tanggal pada usia ini, bisa dikonsultasikan ke dokter gigi. 

Setelah usia itu, lantas anak remaja yang menginjak dewasa memperoleh tambahan gigi pada rahang atas dan bawah. Jumlah gigi bawah orang dewasa adalah 14+2, begitu pula jumlah pada rahang atas, 14+2.

Tambahan 2 pada masing-masing bagian disebut geraham bungsu, akan tumbuh pada usia 18 s/d 25 tahun. Sehingga melengkapi total jumlah gigi manusia secara umum menjadi 32 buah.

Pembagian Jumlah Gigi Orang Dewasa Normal

Perhatikan bahwa memantau pertumbuhan gigi sejak anak-anak sangat penting. Orang tua sebaiknya sudah mengajak buah hati untuk kontrol rutin selambat-lambatnya ketika usia 12 bulan (1 tahun).

Dengan kontrol ke dokter gigi anak, pun kalau ada indikasi impaksi maupun kelainan dapat segera ditangani. Alhasil anak saat tumbuh dewasa memiliki gigi normal manusia secara utuh.

Berikut adalah informasi jumlah gigi orang dewasa serta susunan, fungsi, dan struktur gigi manusia.

1. Susunan Gigi Orang Dewasa

Mempertimbangkan pertumbuhan gigi terakhir manusia, geraham bungsu, yang masih mungkin tumbuh di usia 25 tahun. Maka sebelum usia tersebut, Anda sebaiknya sudah mempunyai satu set gigi lengkap dengan susunan sebagai berikut.

a) Gigi Seri

Susunan pertama adalah gigi seri yang berjumlah delapan (8) pada orang dewasa; terdiri dari empat (4) gigi seri atas dan empat (4) gigi seri bawah.

b) Gigi Taring

Jumlah gigi taring pada orang dewasa adalah empat (4); terdiri dari dua (2) gigi taring atas sisi kiri dan kanan, serta dua (2) gigi taring bawah sisi kiri dan kanan.

c) Gigi Geraham Depan (Premolar)

Jumlah gigi premolar atau geraham depan pada orang dewasa adalah delapan (8); terdiri dari empat premolar atas: dua (2) di sisi kiri dan dua (2) di sisi kanan. Serta empat premolar bawah: dua (2) di sisi kiri dan dua (2) di sisi kanan.

d) Gigi Geraham Belakang (Molar)

Jumlah molar atau gigi geraham belakang pada orang dewasa adalah delapan (8); terdiri dari empat molar atas: dua (2) di sisi kiri dan dua  (2) di sisi kanan. Serta empat molar bawah: dua (2) di sisi kiri dan dua (2) di sisi kanan.

e) Bungsu (Wisdom)

Jumlah gigi bungsu (wisdom teeth) orang dewasa adalah empat (4); terdiri dari dua (2) bungsu di rahang atas sisi kiri dan kanan, dan dua (2) bungsu di rahang bawah sisi kiri dan kanan.

Jika geraham bungsu tidak keluar (impaksi) atau tidak tumbuh karena alasan tertentu, maka jumlah gigi orang dewasa normal yang terlihat di dalam rongga mulut adalah 28. Tetapi kalau jumlahnya kurang dari 28, atau lebih dari 32 segera diperiksakan ke dokter gigi karena dianggap tidak normal.

2. Fungsi Macam-Macam Gigi

Berdasarkan nama-nama gigi dari susunan di atas, ternyata setiap jenisnya mempunyai tugas yang berbeda-beda. Berikut adalah fungsi dan tugas setiap gigi manusia secara umum.

  1. Seri: untuk memotong makanan.
  2. Taring: untuk merobek makanan.
  3. Geraham depan: untuk menggiling makanan awal.
  4. Geraham belakang: untuk menggiling makanan lanjutan sampai lembut dan siap telan.

Dengan kata lain, kehilangan salah satu atau beberapa jumlah gigi orang dewasa memiliki dampak langsung pada fungsi gigi. Contohnya, Anda kehilangan gigi seri atas yang memiliki dampak: mengubah intonasi bicara dan kesulitan memotong makanan.

Guna mengembalikan fungsi gigi seperti aslinya, biasanya dokter akan menyarankan melakukan penggantian dengan gigi palsu/tiruan menggunakan metode yang sesuai.

3. Struktur Gigi secara Medik

Apakah Anda tahu bahwa sebenarnya gigi bukan tulang, meski antara keduanya memiliki bentuk dan warna serupa. Secara medik, per satu gigi tersusun dari tiga (3) lapisan antara lain:

a) Enamel

Merupakan lapisan pelindung yang berada di posisi paling luar gigi. Lapisan ini bersentuhan langsung dengan makanan atau sesuatu yang masuk ke mulut. Sayangnya, enamel alami tidak bisa tumbuh kembali jika mengalami kerusakan.

Akibat enamel rusak adalah gigi menjadi lebih sensitif, karena makanan atau sesuatu yang masuk ke mulut bersentuhan dengan dentin. Terutama seperti makanan/minuman yang terlalu dingin atau terlalu panas.

b) Dentin

Merupakan lapisan kedua di bawah enamel, disebut juga sebagai lapisan sensitif. Mengapa demikian? Dentin akan menerima sekaligus mengirim rangsangan ke saraf gigi.

Seringkali dalam sensasi nyeri atau ngilu jika mengkonsumsi makanan yang panas dan dingin. Dentin berbentuk seperti tabung kecil (tabular), lengkap dengan saluran mikroskopik tubulus yang menghubungkan lapisan luar dentin dengan pulpa..

c) Pulpa

Lapisan terakhir (paling dalam) dalam setiap buah jumlah gigi orang dewasa adalah pulpa. Ini pula satu-satunya bagian gigi yang punya saraf dan saluran pembuluh darah.

Jika terjadi masalah pada bagian ini, ditandai dengan rasa sakit atau nyeri tak tertahankan. Maka, Anda dapat konsultasi untuk menggunakan perawatan saluran akar di Mydents Dental Care.

Pentingnya Merawat Jumlah Gigi Orang Dewasa Keseluruhan

Memiliki gigi yang sehat dengan fungsi normal adalah impian setiap orang. Alhasil, Anda bisa menebar senyum indah kepada orang terkasih setiap hari. Dengan perawatan yang tepat, itu juga tindakan preventif untuk antisipasi masalah kesehatan gigi dan mulut.

Ternyata, cara merawat gigi normal sangatlah mudah, yang Anda butuhkan hanya konsistensi. Seperti saat Anda konsisten makan, Anda juga harus konsisten membersihkan gigi.

Secara lebih rinci, berikut manfaat dan tips melakukan perawatan gigi untuk orang dewasa.

1. Manfaat Perawatan Gigi Sejak Dini

Manfaat merawat gigi sejak dini antara lain:

  1. Mencegah terjadinya karies gigi (gigi berlubang), terlebih jika suka makan permen atau makanan yang alot.
  2. Menjaga senyum tetap indah dengan gigi putih alami, hal ini juga meningkatkan percaya diri seseorang.
  3. Mengantisipasi penumpukan plak dan sisa makanan sebagai rumah bakteri, mencegah terbentuknya karang gigi, dan menghindari bau mulut yang aromanya aduhai.
  4. Mencegah munculnya rasa sakit, nyeri, dan ngilu tak tertahankan lantaran kebersihan mulut terjaga.
  5. Memiliki gigi yang sehat dan kuat, artinya meminimalisir terjadinya kehilangan gigi di masa tua nantinya.
  6. Membantu mengunyah makanan secara optimal dan maksimal, hal ini juga membantu proses pencernaan berjalan baik.
  7. Menjaga intonasi dan nada bicara tetap jelas, contohnya jika kehilangan gigi seri depan yang akan mengubah intonasi bicara.
  8. Menghindari tindakan pengobatan masalah gigi lebih lanjut yang notabene cukup mahal, seperti operasi gigi bungsu (odontektomi).
  9. Menjaga kesehatan secara umum, berdasarkan penelitian, terdapat korelasi antara kesehatan gigi dengan kesehatan umum.

2. Tips Perawatan Gigi Terbaik

Melihat segudang manfaat di atas, bagaimana cara merawat gigi terbaik?

  1. Menyikat secara teratur sesuai anjuran dokter gigi, minimal dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur.
  2. Memilih sikat gigi yang tepat, yaitu sikat yang mampu menjangkau sudut terdalam mulut.
  3. Mengganti sikat gigi yang digunakan paling lambat tiga (3) bulan sekali.
  4. Menyikat gigi dengan lembut dan tidak keras berlebihan, hal ini untuk menghindari luka di gusi.
  5. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, seperti asupan buah dan sayur berserat.
  6. Membatasi makanan dan minuman yang kurang sehat, seperti makanan yang terlalu asam, manis, lengket, keras, dan sebagainya.
  7. Minum air putih yang cukup, air putih dapat meluruhkan sisa makanan yang tertinggal di rongga mulut.
  8. Berkumur menggunakan obat kumur terutama sebelum tidur.
  9. Flossing gigi dengan benang steril untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di sela-sela.
  10. Kontrol ke dokter gigi rutin selambat-lambatnya enam (6) bulan sekali untuk gigi normal.

3. Konsultasi Gratis di Mydents

Untuk menjaga semua jumlah gigi orang dewasa 32 buah (termasuk empat gigi bungsu), Anda perlu konsultasi dan kontrol rutin ke dokter gigi Mydents. Termasuk untuk memantau perkembangan gigi buah hati sejak usia 12 bulan apakah normal atau impaksi.

Kabar baiknya, untuk konsultasi via chat di customer support cabang Mydents terdekat gratis. Melalui saluran itu pula Anda bisa membuat janji temu dengan dokter gigi spesialis kami.

Demikian informasi berapa jumlah gigi orang dewasa, merasa ada yang tidak beres dengan gigi Anda? Yuk konsultasi gratis sekarang.

Ditinjau oleh: drg. Sarah Putri Abellysa

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami