HomeImplan GigiGigi Palsu Permanen

Gigi Palsu Permanen, Semua yang Perlu Anda Tahu

Gigi Palsu Permanen, Semua yang Perlu Anda Tahu

Daftar Isi

Gigi palsu permanen (fixed dentures) menjadi pilihan banyak orang jika gigi hilang atau tanggal. Pasalnya, selain mengembalikan tampilan estetika, juga memperoleh kembali fungsi gigi sebagaimana mestinya. Umumnya, seseorang memasang gigi tiruan karena beberapa alasan, seperti kecelakaan, infeksi parah, hingga penyakit periodontal. 

Pada kesempatan kali ini, Mydents Dental Care akan membahas semua hal yang perlu Anda tahu tentang gigi tiruan permanen. Mulai dari pengertian, jenis, pemasangan, hingga manfaat dan harga/biaya.

Mengenal Gigi Palsu Permanen Lebih Jauh

Gigi tiruan permanen atau disebut juga gigi tiruan cekat terdiri dari beberapa jenis. Salah satu yang akan banyak dibahas di sini adalah adalah implan, yang merupakan  prosedur yang ditangani oleh tenaga profesional dokter spesialis periodonsia, prostodonsia atau bedah mulut. Namun gigi jenis gigi tiruan permanen lainnya seperti crown (mahkota tiruan) dan bridge dapat ditangani oleh dokter gigi umum, tergantung dari kompleksitas kasusnya. 

Sebelum memilih tindakan pemasangan gigi palsu permanen, berikut beberapa hal dasar yang perlu Anda ketahui.

1. Apa Itu Gigi Palsu Permanen?

Gigi palsu permanen adalah sebuah tindakan yang bertujuan menggantikan gigi asli yang hilang/tanggal atau struktur gigi yang telah rusak parah dengan tujuan gigi terpasang cekat tanpa harus melepas pasang. Gigi palsu permanen tediri dari beberapa jenis, yaitu dental crown (mahkota tiruan), dental bridge (gigi tiruan jembatan), dan dental implant (implan gigi). Jenis gigi palsu yang digunakan tergantung dari kasus yang ada pada pasien. Dokter gigi akan memeriksakan kondisi gigi pasien, dan akan merekomendasikan jenis gigi palsu yang sesuai.

Salah satu gigi palsu permanen yang paling menyerupai gigi asli adalah implan (tanam gigi), implan gigi secara permanen dipasang ke dalam tulang rahang. Implan tersebut memiliki fungsi sebagai akar buatan sebagai pengganti akar alami gigi, kemudian selanjutya dipasangkan mahkota di atas implan yang telah tertanam tersebut. Alhasil, gigi tiruan memiliki tampilan dan fungsi seperti gigi asli pada umumnya.

Gigi palsu permanen atau yang disebut juga gigi tiruan cekat memiliki beragam keuntungan, meski sebagai gigi tiruan, kekuatan dan durabilitas gigi palsu permanen sangat bisa diandalkan. Namun perlu diingat bahwa perlu pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut yang baik untuk menjaga agar gigi palsu permanen tetap baik dan tahan lama.

2. Jenis Gigi Palsu Permanen

Berdasarkan jumlah pemasangan gigi, ada 3 jenis gigi tiruan permanen Gigi Tiruan Permanen dengan akar buatan (Implant)

Gigi Palsu Permanen Implan Satuan
Dental Implant

Implan adalah salah satu gigi tiruan permanen yang fungsi dan bentuknya paling menyerupai gigi asli. Jenis gigi palsu permanen ini akan mengganti satu (1) buah gigi, sebagian, maupun seluruh gigi yang sudah tanggal, contohnya apabila gigi geraham sudah tanggal atau dicabut, maka tindakan implan gigi geraham dapat dilakukan. Implan yang terbuat dari titanium akan dimasukkan ke dalam tulang rahang sebagai akar buatan. Pada beberapa kasus, implan juga dapat di lakukan untuk beberapa gigi ataupun seluruh gigi. Pada kasus kehilangan seluruh gigi, biasanya abutmen atau implan penyangga hanya di pasang di beberapa titik, tetapi mahkota / crown meliputi seluruh gigi yang hilang.

Gigi Palsu Permanen Full Denture
Dental Implant Full Denture

Jenis ini memberikan kekuatan dan ketahanan sangat baik daripada gigi tiruan lepas-pasang. Gigi yang memiliki fungsi kasar (seperti kunyah) pada geraham, sangat cocok menggunakan jenis ini.

b) Beberapa Gigi Tiruan Permanen (Dental Bridge)

Gigi Palsu Permanen Dental Bridge
Dental Bridge

Sedangkan untuk jenis bridge, biasanya dilakukan bila ada 1 atau lebih gigi yang sudah tanggal, kemudian masih tersisa gigi di sebelahnya masih sehat atau utuh untuk dijadikan penyangga. Contohnya, ada 1 gigi yang sudah tanggal, maka 2 gigi di sampingnya akan di preparasi sebagai gigi penyangga. Dengan tindakan ini, pasien tidak perlu lepas-pasang, karena gigi tiruan rasanya seperti gigi asli.

C) Satu Gigi Tiruan Permanen yang hanya meliputi mahkota gigi (Crown)

Gigi Palsu Permanen Dental Crown
Dental Crown

Pada gigi dengan keadaan yang tidak memungkinkan lagi untuk di tambal tetapi keadaan akar masih baik, biasanya perawatan menggunakan crown di sarankan karena memiliki kekuatan yang lebih besar terhadap tekanan dibandingkan restorasi gigi biasa. 

Jika Anda memiliki beberapa gigi yang hilang, alangkah lebih baik untuk segera menggunakan layanan gigi tiruan dengan konsultasi ke Mydents. Setelah serangkaian proses pemasangan, Anda akan memperoleh kembali senyum indah yang luar biasa itu.

3. Proses Pemasangan Gigi Palsu Permanen Implan

Membayangkan cara pasang gigi palsu permanen implan yang harus melewati proses bedah minor mungkin kebanyakan orang akan merasa gelisah, khawatir, dan takut. Tetapi, jika yang menangani adalah tenaga spesialis profesional, maka Anda bisa tenang selama proses pemasangan gigi palsu permanen implan.

Berikut ini serangkaian proses pemasangan gigi tiruan permanen di klinik gigi secara umum.

a) Konsultasi Awal

Merupakan tahap pertama meliputi proses konsultasi harapan pasien untuk pemasangan gigi palsu. Dokter gigi juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan umum, rekam medis pasien, serta diskusi dua arah.

b) Perencanaan

Setelah serangkaian konsultasi awal beberapa kali, perencanaan merupakan proses lebih lanjut dengan rontgen untuk mengetahui keadaan rahang pasien secara detail.

Sehingga dokter gigi dapat menentukan posisi implan di rahang yang paling ideal. Implan permanen dianggap sebagai gigi palsu ternyaman karena menyerupai gigi asli.

c) Pemasangan Implan

Selanjutnya adalah pembedahan untuk pemasangan implan, ini merupakan proses utama dalam pemasangan tanam gigi permanen. Pasien akan memperoleh anestesi lokal supaya tidak merasakan sakit selama proses pembedahan ini.

d) Penyembuhan Awal

Lalu dokter gigi memberikan serangkaian instruksi untuk pasien setelah proses pembedahan dan penanaman implan di rahang beres. Penyembuhan awal adalah proses sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.

Jika pada tahap ini terdapat gejala seperti radang/bengkak, sakit, nyeri, atau lainnya. Pasien dapat konsultasi kembali kepada dokter yang menangani pemasangan implan gigi palsu.

e) Pemasangan Abutment

Pasien akan melanjutkan ke tahap pemasangan abutment jika implan titanium sudah terintegrasi dan tidak muncul kendala sama sekali selama penyembuhan awal. Abutment adalah penyangga gigi yang berada di antara implan dan gigi tiruan.

f) Pemasangan Mahkota Gigi

Pemasangan mahkota gigi atau crown gigi menjadi tahap akhir dalam serangkaian proses ini. Anda sudah memperoleh gigi palsu yang nyaman dan menyerupai gigi asli pada umumnya.

g) Pemantauan

Apakah semuanya sudah selesai? Guna memastikan tidak ada kendala dan gejala di kemudian hari, Anda disarankan untuk melakukan pemantauan berupa konsultasi. Yaitu dalam jangka waktu enam (6) bulan sekali ke dokter gigi yang menangani.

Manfaat dan Risiko Gigi Palsu Permanen implan

Ternyata, gigi tiruan permanen memiliki manfaat yang luar biasa. Tetapi perawatan  ini tentu disarankan dilakukan oleh dokter gigi profesional. Oleh sebab itu, untuk menghindari risiko dan dampak buruknya, segera konsultasikan kebutuhan Anda ke Mydents Dental Care.

Berikut adalah beberapa daftar manfaat dan risiko pemasangan implan gigi permanen.

1. Manfaat Pemasangan Gigi Palsu Permanen implan

  1. Estetika, menampilkan senyum luar biasa Anda tanpa khawatir.
  2. Mengembalikan fungsi utama gigi untuk menggigit, memotong, atau mengunyah berdasarkan posisi gigi palsu itu sendiri.
  3. Menghindari gangguan atau kesalahan pengucapan ketika berbicara.
  4. Memberi kenyamanan, fixed denture dianggap yang paling nyaman.
  5. Meningkatkan rasa percaya diri saat berbicara dan tersenyum kepada semua orang.
  6. Menjaga keseimbangan rahang.
  7. Kesehatan gigi dan mulut lebih terjaga.

2. Risiko Pemasangan Gigi Palsu Permanen Implan

  1. Risiko infeksi jika tidak ditangani oleh dokter gigi profesional dengan alat yang steril.
  2. Kemungkinan cedera di gusi sekitar implan, atau rusaknya gigi tetangga di kanan dan kiri.
  3. Kemungkinan kerusakan saraf di sekitar implan.
  4. Munculnya nyeri, bengkak, sakit, atau rasa tidak nyaman.

Biaya Pasang Gigi Palsu Permanen Implan

Lantas, berapa harga implan gigi dan pemasangan gigi tiruan permanen? Perhatikan bahwa masing-masing fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan ini, kemungkinan besar menawarkan biaya implan gigi yang berbeda-beda.

Misalnya, biaya tanam gigi atau implan di klinik berkisar mulai Rp. 18.000.000 – Rp. 20.000.000 per satu buah gigi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga, seperti: jenis gigi tiruan permanen, dokter gigi yang menangani, promo khusus di klinik, hingga biaya obat.

Kabar baiknya, Anda bisa konsultasi online gratis untuk mengetahui harga tanam gigi terkini di Mydents Dental Care. Cukup menghubungi kontak cabang di kota Anda, kemudian utarakan ingin bertanya harga gigi palsu permanen.

Harga gigi palsu satu set lepasan dan permanen juga berbeda. Maka dari itulah, proses pemasangan gigi tiruan pasti diawali dengan konsultasi dengan dokter gigi. Tujuannya agar memperoleh jenis gigi palsu paling tepat sesuai dengan keadaan masing-masing pasien.

Misalnya Anda hendak melakukan pemasangan gigi palsu depan permanen di Mydents. Konsultasi dulu tentang harga implan gigi depan, membuat janji temu untuk pemeriksaan, dan Anda akan diarahkan untuk tahap selanjutnya.

Pertimbangan sebelum Pasang Gigi Palsu Permanen

Mengingat gigi palsu akan terpasang selamanya (permanen), mungkin bagi sebagian orang punya pertimbangan khusus. Berikut ini beberapa pertimbangan sebelum pasang gigi tiruan permanen.

1. Pemilihan Jenis Gigi Palsu yang Tepat

Pertama, wajib mempertimbangkan jenis gigi palsu yang paling sesuai dengan keadaan Anda. Meski dokter gigi spesialis nantinya akan tetap memberi rekomendasi, tidak ada salahnya Anda memiliki harapan terkait hasilnya.

Setidaknya ada 3 jenis gigi tiruan permanen: dental implant, dental bridge, dan dental crown.

2. Informasi Gigi Tiruan Permanen

Selanjutnya, gigi palsu akan menjadi bagian dari tubuh Anda. Oleh karenanya ketahui segala informasi yang akurat terkait hal ini. Contohnya, informasi tentang durabilitas dan kekuatan gigi palsu Anda atau jenis bahan mahkota gigi yang akan dipasangkan.

3. Perawatan Gigi Tiruan Permanen

Pertimbangan berikutnya yang tidak kalah penting adalah bagaimana perawatan gigi palsu Anda. Apakah sama dengan gigi asli, atau ada tindakan khusus? Dalam hal ini, Anda dapat konsultasi dengan dokter gigi yang menangani.

Sebab, setiap pasien itu spesial dan pasti memiliki keadaan yang berbeda-beda. Keadaan gigi pasien yang berbeda tentu membutuhkan perawatan yang berbeda pula.

4. Biaya/Harga Pasang Implan Gigi

Sebagaimana yang sudah kami sampaikan sebelumnya, ada banyak faktor yang berpengaruh pada harga pasang gigi tiruan permanen. Anda dapat mendapat estimasi biaya setelah memilih jenis gigi tiruan permanen, klinik gigi terdekat, serta hal lainnya.

5. Klinik Gigi Terbaik

Klinik gigi terbaik adalah pertimbangan yang tidak boleh ketinggalan. Sebab, empat pertimbangan sebelumnya berkenaan langsung dengan bagaimana pelayanan di klinik tersebut.

Contohnya pelayanan konsultasi, di mana Anda akan memperoleh rekomendasi gigi tiruan permanen paling tepat, pemberian informasi terkini, cara perawatan yang baik, informasi harga/biaya, dan sebagainya.

Klinik terbaik seperti Mydents Dental Care seringkali memberikan promo menarik tanpa mengurangi kualitas layanan. Anda akan merasa nyaman dan tenang, sebab Mydents sudah menggunakan peralatan dental advanced untuk meminimalisir risiko.

Sudah siap mendapatkan gigi palsu permanen dan segala manfaat positif tersebut? Yuk konsultasi online gratis untuk layanan permanent denture di cabang Mydents terdekat.

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami