HomeGigi PalsuHarga Crown Gigi

Update Harga Crown Gigi (Mahkota Gigi) di Klinik dan Rumah Sakit

Update Harga Crown Gigi di Klinik dan Rumah Sakit

Daftar Isi

Harga crown gigi adalah estimasi perkiraan biaya pemasangan dan layanan di setiap fasilitas kesehatan yang menyediakannya. Crown gigi, sesuai dengan namanya juga disebut sebagai mahkota gigi, merupakan tindakan medis untuk mengembalikan bentuk (estetika) sekaligus fungsi (kesehatan).

Secara definitif, crown gigi adalah lapisan penutup yang memiliki bentuk persis dengan gigi yang ditutupi. Sehingga istilah mahkota gigi sesuai dengan bagaimana proses pemasangan crown ini.

Umumnya, crown gigi untuk menutupi gigi yang rusak, berlubang parah, atau gigi yang telah mendapatkan perawatan saluran akar. Namun tidak jarang fungsi dan manfaat crown gigi lebih dari itu sesuai dengan kebutuhan masing-masing pasien.

Berikut beberapa fungsi pemasangan crown gigi.

  1. Menutupi gigi yang rusak dan berlubang parah.
  2. Menjaga gigi yang sudah dilakukan perawatan saluran akar.
  3. Mengembalikan fungsi utama gigi untuk menggigit dan mengunyah.
  4. Menyamarkan gigi yang berubah warna.
  5. Mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut pada gigi yang sudah rusak/busuk.
  6. Crown/bridge untuk mengembalikan tampilan estetika gigi yang tanggal.

Begitu banyak manfaat pemasangan mahkota gigi, lantas berapa harga pasang crown gigi di fasilitas kesehatan?

Estimasi Harga Crown Gigi atau Mahkota Gigi

Berbicara tentang harga, salah satu faktor yang menentukan perbedaan harga mahkota adalah bahan yang digunakan untuk membuat crown tersebut yaitu bahan komposit, metal/logam, porselen, atau zirconia.

Berikut ini adalah estimasi biaya pemasangan crown gigi yang umum di fasilitas kesehatan klinik dan rumah sakit.

1. Harga Crown Gigi di Klinik Gigi

Interval biaya crown gigi di klinik yang ditangani oleh dokter spesialis berkisar mulai 2.000.000 s/d 9.000.000 per satu buah gigi. Pemilihan jenis crown  berpengaruh terhadap biaya yang mesti pasien keluarkan.

Dalam hal ini perlu memperhatikan jenis crown terbaik, tenaga spesialis yang menangani, dan kredibilitas klinik yang Anda kunjungi. Misalnya, dengan melihat review atau ulasan pasien yang sebelumnya melakukan crown gigi di sana.

Selain itu ada faktor X yang berpengaruh pada harga affordable. Contohnya klinik yang menyediakan promo tertentu. Ternyata, promo yang membuat biaya crown gigi lebih murah hanya Anda peroleh di klinik gigi, dan tidak tersedia di fasilitas lain seperti rumah sakit.

2. Harga Crown Gigi di Rumah Sakit

Sedangkan interval biaya crown gigi di rumah sakit antara 1.500.000 s/d 8.000.000 per satu buah gigi. Melihat perbedaan yang tidak terpaut begitu jauh, kebanyakan pasien lebih memilih mendatangi klinik gigi karena lebih mudah dijangkau dan waktu yang lebih efisien.

Seperti dijelaskan sebelumnya, di rumah sakit maupun di klinik harga crown gigi cukup bervariasi tergantung jenis bahan yang digunakan. Contohnya jenis crown gigi porselen umumnya punya harga yang lebih tinggi daripada crown logam. Jenis bahan yang digunakan tentunya akan disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pasien.

Oleh karena itu, mengetahui apa saja jenis-jenis mahkota gigi sangat penting sebelum mengambil tindakan di fasilitas kesehatan. Ada berapa jenis? Setidaknya ada 6 jenis mahkota gigi, yang memiliki estimasi harga berbeda-beda.

Harga Crown Gigi Berdasarkan Jenis

Jenis crown gigi dibedakan berdasarkan bahan penyusun, berikut merupakan pembagian jenis mahkota gigi dari bahan secara umum. Setiap bahan memiliki estimasi harga crown gigi yang berbeda-beda, di bawah ini informasinya.

1. Crown Gigi Logam

Bahan logam dalam jenis ini mencangkup: emas, paladium, nikel, hingga kromium. Bahan ini tahan lama karena memiliki kekuatan yang baik. Namun perlu diperhatikan bahwa mahkota dengan bahan logam tampak mencolok dan berbeda dengan warna gigi, maka dari itu seringkali dokter menyarankan dipakai sebagai mahkota gigi geraham yang tidak terlihat saat Anda tersenyum atau berbicara.

Harga crown gigi logam merupakan pilihan bahan yang terjangkau, berkisar antara 1.000.000 s/d 6.000.000 tergantung pada bahan yang Anda pilih. Memilih bahan logam mulia seperti emas tentu lebih mahal daripada bahan nikel atau kromium.

2. Crown Gigi Porselen

Selanjutnya ada jenis dental crown yang berbahan porselen. Crown porselen memiliki keunggulan yaitu bahan yang memiliki warna paling baik dan natural untuk gigi. Crown porselen akan terlihat menyatu dengan gigi-gigi sebelahnya. Selain itu bahan porselen juga cocok untuk pasien yang alergi dengan bahan logam. Mahkota porselen atau keramik bisa untuk gigi depan maupun crown gigi geraham, namun lebih disarankan untuk gigi depan.

Kekurangan dari bahan porselen adalah sifatnya yang tidak sekuat bahan crown lain seperti logam, zirconia, dan E-max. Crown porselen akan awet bila dijaga dan dirawat dengan baik. Karena kelemahannya tersebutlah crown porselen lebih direkomendasikan untuk gigi depan yang beban kunyahnya tidak terlalu besar.

Harga untuk jenis crown porselen/keramik berkisar antara 2.000.000 s/d 7.000.000 per satu buah gigi. Pemilihan klinik gigi atau rumah sakit yang tepat akan memberi hasil maksimal untuk mahkota sesuai warna gigi alami Anda.

3. Crown Gigi Porcelain Fused to Metal (PFM)

Jenis yang paling banyak dicari adalah gabungan antara porselen dan logam. Crown ini memberi warna yang mirip dengan gigi sekaligus kekuatan durabilitas setara logam. Jenis ini disebut sebagai Crown Porcelain Fused to Metal (PFM). Harganya sedikit lebih tinggi dibandingkan crown logam/metal, namun lebih murah dibandingkan crown porselen. Crown PFM memberikan kelebihan estetika karena warnanya yang dapat disesuaikan dengan warna gigi lainnya.

Pada bagian tengah mahkota ini tersusun atas logam penyangga yang memberi kekuatan. Kemudian dilapisi oleh porselen sesuai warna alami gigi. Harga crown composite PFM berkisar antara 4.000.000 s/d 9.000.000 per satu buah gigi.

4. Crown Gigi Resin Komposit

Istilah lain untuk menyebut mahkota gigi adalah jaket gigi. Kalau Anda sedang mencari crown termurah, maka jenis jaket gigi bahan resin komposit adalah pilihannya. Jenis ini dapat menyesuaikan dengan warna alami gigi, hanya saja bahan ini kurang kuat dibandingkan bahan lain. Crown resin komposit kurang disarankan untuk kerusakan gigi yang terlalu luas. Selain itu, walaupun warnanya dapat disesuaikan dengan warna gigi, dalam kurun waktu tertentu warna dapat berubah karena dapat menyerap warna makanan/minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

Umumnya, harga crown resin sekitar 1.000.000 s/d 5.000.000 per satu buah gigi.

5. Crown Gigi Zirconia

Crown gigi zirconia atau zirkonium adalah inovasi modern dalam dunia medis khususnya dental crown. Pasalnya, jenis mahkota ini didesain secara khusus menggunakan alat digital advanced. Mampu menghasilkan crown yang kuat, kokoh, sekaligus warna natural. Kekuatan crown zirconia hampir sama dengan bahan logam/metal namun secara estetika dapat memberikan warna yang baik seperti porselen. Akhir-akhir ini crown zirconia menjadi pilihan yang paling populer karena keunggulannya tersebut.

Harganya tergolong sebagai yang paling mahal di antara jenis-jenis sebelumnya, berkisar antara 4.500.000 s/d 8.000.000 per satu buah gigi. Untuk memilih jenis crown ini, pastikan fasilitas kesehatan menyediakan alatnya, ya.

6. Crown Gigi E-max

Salah satu jenis bahan crown terbaru yang saat ini banyak digunakan dalam kedokteran gigi adalah crown E-max. Crown E-max terbuat dari ceramic jenis lithium disilicate yang memiliki sifat yang kuat namun juga estetik karena warnanya yang dapat disesuaikan dengan warna gigi alami. Warnanya sedikit memiliki efek translusen mirip seperti warna gigi yang alami. Oleh karena itu, bahan ini paling sering digunakan untuk crown gigi depan. 

Jika dibandingkan dengan bahan zirconia, kedua bahan ini sama-sama memiliki ketahanan dan estetika yang sama baiknya, namun zirconia lebih disarankan untuk gigi belakang yang memilik beban kunyah yang lebih besar. 

Harga crown E-max masih lebih murah dibandingkan zirconia, harganya berkisar antara 3.500.000 s/d 6.000.000 per satu buah gigi.

Pada dasarnya, memilih crown gigi depan sebaiknya yang memiliki warna natural atau tidak mencolok. Contohnya jenis crown porselen, PFM, resin komposir, e-max atau zirconia. Sedangkan crown gigi belakang mengutamakan kekuatan karena geraham memiliki fungsi mengunyah. Contohnya crown logam, PFM, atau zirconia.

Prosedur Tindakan Medis Crown Gigi

Pemasangan crown gigi dapat dilakukan untuk tujuan estetika atau keindahan. Namun pada kasus tertentu berubah menjadi keharusan, seperti: gigi berlubang parah, pasca-perawatan saluran akar, gigi rusak (lubang yang meluas, patah, atau retak), dan sebagainya.

Ada baiknya Anda konsultasikan keadaan gigi apakah membutuhkan pemasangan mahkota jaket gigi atau tidak ke dokter gigi atau dokter gigi spesialis. Berikut ini adalah prosedur medis dalam tindakan pemasangan crown.

1. Konsultasi Awal

Sebagaimana yang sudah kami sampaikan sebelumnya bahwa konsultasi ke dokter gigi itu penting. Sebab, pemasangan crown berdasarkan rekomendasi, contohnya pada kasus gigi pasien mengalami karies (lubang) yang sangat parah.

Guna menghindari infeksi lebih lanjut, dokter gigi akan menyarankan untuk memasang mahkota jaket gigi (crown gigi). Perlu Anda catat bahwa pemasangan crown tentu memiliki alasan mendasar, crown tidak akan dipasang tanpa alasan.

2. Persiapan

Berikutnya adalah langkah persiapan yang meliputi pemeriksaan, pemilihan, dan pemberian informasi. Pemeriksaan di awal meliputi rontgen untuk melihat secara detail keadaan struktur yang akan dipasang dental crown.

Pemilihan meliputi jenis-jenis crown yang sesuai, atau yang tersedia. Dalam hal ini dokter gigi akan menjelaskan satu per satu kelebihan maupun kekurangan jenis dental crown yang Anda pilih.

Selanjutnya pemberian informasi terkait harga crown gigi berdasarkan jenisnya, perawatan pasca-pemasangan, dan gejala yang membutuhkan tindakan konsultasi lebih lanjut. Kalau persiapan sudah tuntas, Anda akan masuk ke proses tindakan.

3. Pembentukan Jaringan

Tindakan dalam prosedur crown gigi yang pertama adalah pembentukan jaringan gigi terlebih dulu. Umumnya, pembentukan jaringan mulai dengan mengikis lapisan terluar gigi, untuk menghasilkan bentuk yang presisi dan tepat agar nantinya crown menempel sangat baik.

Berdasarkan jenis crown yang sudah Anda pilih dalam persiapan, tindakan pembentukan jaringan menyesuaikan dengan jenis itu. Masing-masing jenis membutuhkan pembentukan jaringan gigi yang berbeda, contohnya crown logam yang notabene hanya perlu mengikis lebih sedikit daripada jenis porselen.

Jika jaringan sudah terbentuk, dokter gigi akan memasang dental crown sementara selama beberapa minggu. Estimasi waktu ini untuk mengontrol apakah ada gejala selama penggunaan, serta menunggu proses pencetakan dental crown permanen.

4. Pembuatan Crown

Dental crown permanen dicetak spesifik sesuai dengan keadaan gigi pasien yang kompleks. Oleh karena itu, harga crown gigi relatif mahal seperti memasang pasang gigi palsu permanen. Rata-rata waktu untuk mencetak crown permanen antara 2 s/d 4 minggu.

Jika selama mengenakan crown sementara muncul gejala tertentu, jangan ragu untuk menghubungi dokter gigi untuk konsultasi. Crown sementara selain sebagai sarana adaptasi dan mengecek penggunaan awal, juga sebagai penjaga jaringan gigi yang sudah terbentuk.

Apakah memasang crown gigi sakit? Proses pembentukan jaringan dan pemasangan tidak sakit, karena dokter memberi anestesi lokal (painless). Hal ini memberi kenyamanan pada pasien dalam serangkaian proses dari awal sampai selesai pemasangan crown gigi.

5. Pemasangan

Ketika crown permanen sudah selesai dibuat, Anda datang lagi untuk melepas crown sementara. Dokter lantas membersihkan semua sisa pemasangan sebelumnya, supaya crown baru yang lebih kokoh dan indah dapat melekat dengan sempurna.

Setelah proses pemasangan dental crown permanen ini, artinya sudah selesai. Anda tidak perlu datang ke dokter gigi dalam waktu dekat, namun tetap membutuhkan kontrol setidaknya dalam enam (6) bulan sekali.

Harga Crown Gigi Berdasarkan Lokasi Fasilitas Kesehatan

Sebagaimana yang sama-sama kita tahu, Mydents Dental Care adalah klinik terbaik yang sudah menggunakan peralatan dental modern dan advanced. Serta memiliki tenaga profesional dokter gigi dan dokter gigi spesialis yang berpengalaman memberi layanan untuk kesehatan gigi dan mulut.

Berikut ini cabang Mydents terdekat yang bisa Anda kunjungi.

1. Pasang Crown Gigi Pamulang

Komplek Pamulang Permai II No. 7 RT.003/008, Pd. Benda, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15416. Buka 10:00 – 21:00 WIB. CP: +62 8567 3308 78.

2. Pasang Crown Gigi Ciledug

Jl. HOS Cokroaminoto No.84, RT.05/RW.05 Kel, Karang Timur, Kec. Ciledug, Tangerang Kota, Banten 15151. Buka 10:00 – 21:00 WIB. CP: +62 8158 5532 057.

3. Pasang Crown Gigi Bekasi

Ruko Grand Galaxy City, Blok RSNB 11, Jl. Pulo Sirih Bar. Raya, RT.001/002, Jaka Setia, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17147. Buka 09:00 – 21:00 WIB. CP: +62 8571 7739 335.

4. Pasang Crown Gigi Bintaro

Jl. Bintaro Utama 9 Blok HJ 1 No.1C, Pd. Pucung, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15229. Buka 10:00 – 21:00 WIB. CP: +62 8577 3001 470.

5. Pasang Crown Gigi Pesanggrahan

Ruko Grand Centro, Jl. Bintaro Permai No.5 Blok A, Pesanggrahan, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330. Buka 10:00 – 20:00 WIB. CP: +62 8158 5532 058.

Harga crown gigi di Mydents sangat terjangkau, mulai 2 jutaan saja. Kabar baiknya, Anda bisa konsultasi gratis melalui CP masing-masing cabang Mydents di atas.

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami