HomeGigi AnakCiri Bayi Tumbuh Gigi

Begini Ciri Bayi Tumbuh Gigi Pertama, Moms Tak Perlu Khawatir

Begini Ciri Bayi Tumbuh Gigi Pertama, Moms Tak Perlu Khawatir

Daftar Isi

Mengikuti perkembangan buah hati sejak bayi hingga dewasa adalah impian orang tua. Termasuk mengetahui ciri bayi tumbuh gigi, yang pada artikel ini akan kami bahas secara lebih lengkap.

Istilah bayi mau mendapat gigi pertama dalam medis disebut sebagai teething. Moms mungkin akan menjumpai keadaan bayi yang di luar biasanya, seperti lebih sering rewel. Namun, orang tua sama sekali tidak perlu khawatir karena itu adalah sesuatu yang normal dan wajar.

Lalu, apa saja ciri-ciri tumbuh gigi pada bayi? Ternyata ada banyak sekali, lho, berikut daftarnya.

7 Ciri Bayi Tumbuh Gigi Paling Umum

Ciri-ciri bayi tumbuh gigi pertama penting untuk orang tua pahami, supaya tidak mengaitkan tanda-tanda itu dengan sakit, apalagi mengaitkan dengan hal mistis. Sebab, ada beberapa tanda yang mungkin dianggap mengkhawatirkan, seperti demam hingga rewel di malam hari.

1. Mengeluarkan Air Liur Lebih Banyak

Produksi air liur bayi akan meningkat ketika masa pertumbuhan gigi pertama. Orang tua sebaiknya menyiapkan tisu lembut untuk menyeka air liur yang keluar (mengecas).

Jadi, bayi ngecas bukan karena hal klenik seperti mitos saat ibu ngidam tidak dituruti. Namun hal ini dapat terjawab secara medis, bahwa menjadi salah satu tanda pertumbuhan gigi pada bayi.

2. Kecenderungan untuk Menggigit

Bayi berusia tiga bulan pertama umumnya sudah mulai memiliki keinginan atau kecenderungan menggigit dan mengisap jari tangan. Tanda ini sepenuhnya wajar, dan orang tidak tidak perlu terlalu khawatir maupun mencemaskan.

Orang tua dapat berperan sebagai pelindung bayi. Ya, lindungi bayi agar tangannya tidak dipegang orang lain secara bebas. Jauhkan barang-barang atau mainan yang membahayakan, serta jangan meninggalkan bayi/anak sendirian.

3. Ciri Bayi Tumbuh Gigi Rewel

Tanda pertumbuhan gigi pertama ini kemungkinan besar dialami setiap bayi, yaitu lebih rewel dari biasanya. Bayi seolah merasa tidak nyaman, padahal popok sudah bersih dan tidak gerah. Dan kebanyakan rewelnya lebih sering pada malam hari, meski tidak menutup kemungkinan rewel sepanjang hari.

Jika bayi yang berada dalam masa-masa pertumbuhan gigi mengalami rewel, orang tua jangan langsung berburuk sangka. Misalnya mengaitkan dengan sawan atau diganggu hantu.

Lantas, bagaimana mengatasi rewel sebagai tanda dan ciri bayi tumbuh gigi? Orang tua sebaiknya sabar, tetap berusaha memberikan kenyamanan bagi bayi, dan memastikan kehadiran orang tua selalu ada setiap waktu.

4. Nafsu Makan dan Minum Susu Menurun

Memasuki usia tiga bulan, bayi akan mendapatkan perhatian yang lebih pada benda-benda di sekitarnya. Tandanya biasanya mogok makan atau mogok minum susu. Istilah mogok minum susu dalam medis adalah nursing strike, umumnya mulai usia 3 s/d 9 bulan.

Mengingat kebutuhan nutrisi bayi harus tetap terpenuhi, maka orang tua harus tetap memberikan asupan nutrisi dari susu ASI. Dalam hal ini, membutuhkan ketelatenan dua kali lipat, menunggu anak mengantuk atau saat perhatiannya tidak fokus ke lingkungan sekitar.

5. Ciri Bayi Tumbuh Gigi Gusi Membesar 

Tanda berikutnya adalah membesarnya gusi pada sekitar gigi yang akan tumbuh. Dalam hal ini Anda bisa melihat gambar gusi bayi mau tumbuh gigi lantas membandingkan dengan gusi bayi normal. Jika masih gigi pertama, gusi membesar ada pada bagian tengah atas dan bawah.

Namun kalau bukan gigi pertama, perlu memperhatikan gusi bengkak pada anak apakah pertumbuhan gigi baru atau infeksi. Untuk memastikan hal ini, layanan gigi anak di Mydents Dental Care adalah pilihan yang tepat.

Sebagaimana orang dewasa yang mengalami pertumbuhan gigi geraham bungsu, dapat merasa tidak nyaman bahkan nyeri dan bengkak. Bayi menuju usia 4 bulan yang mengalami pertumbuhan gigi pertama, yang notabene belum bisa bicara, maka membutuhkan perhatian lebih.

6. Ciri Bayi Tumbuh Gigi Demam Ringan

Demam ringan juga menjadi tanda pertumbuhan gigi pertama bayi. Perhatikan bahwa ini adalah demam ringan, yang rata-rata suhu panas tidak lebih dari 38 derajat celcius.

Jika bayi tumbuh gigi demam 39 derajat atau lebih, ada baiknya segera membawa ke dokter anak untuk diperiksa. Sebab, demam tinggi tidak masuk ke dalam tanda dan ciri bayi tumbuh gigi.

Selain dari kemunculan demam ringan, durasi demam juga bisa Anda jadikan sebagai patokan. Berapa hari demam bayi tumbuh gigi? Jika demam ringan memang karena pertumbuhan gigi, durasinya hanya 1 s/d 2 hari saja.

Tentunya setiap orang tua menginginkan buah hatinya tumbuh normal dan sehat. Tindakan antisipasi pertumbuhan gigi bayi yang tidak normal penting dilakukan, Anda bisa konsultasi gratis ke dokter spesialis di Mydents yang memberi layanan perawatan gigi anak.

7. Bayi Tumbuh Gigi Berdasarkan Usia

Tanda berikutnya dapat kita ketahui dari usia bayi itu sendiri. Umur berapa bayi tumbuh gigi? Bayi mendapatkan pertumbuhan gigi pertama, umumnya berada pada usia antara 6 s/d 9 bulan. Rentang usia ini adalah pertumbuhan gigi pertama, ya, bukan pertumbuhan gigi lengkap.

Artinya, bayi yang berusia 9 bulan masih mulai mendapatkan gigi, itu adalah hal yang wajar dan normal. Setiap manusia unik dan spesial, Anda tidak perlu sama sekali membandingkan buah hati dengan bayi tetangga yang pertumbuhannya lebih cepat.

Namun pada kondisi tertentu, mungkin bayi mendapatkan gigi pertama lebih cepat, bisa mulai pada usia 3 bulan. Atau mendapatkan gigi pertama lebih lambat, bisa mulai pada usia 12 bulan.

Gigi apa yang tumbuh pertama? Bayi di rentang usia tersebut memperoleh empat gigi susu sementara, yaitu dua gigi seri tengah bawah dan dua gigi seri tengah atas.

Ciri Bayi Tumbuh Gigi Berdasarkan Usia Lengkap

Pada informasi Mydents di atas, bayi akan mendapatkan dua gigi seri tengah pertama pada usia antara 6 s/d 9 bulan, bisa lebih cepat atau lebih lambat. Lantas, pada usia berapa bayi akan memperoleh semua gigi lengkap?

Berikut daftar pertumbuhan gigi primary dentition berdasarkan usia bayi secara umum.

  1. Gigi seri Tengah atas 6 s/d 9 bulan
  2. Gigi seri Tengah bawah 5 s/d 9 bulan
  3. Gigi seri Samping atas 9 s/d 12 bulan
  4. Gigi seri Samping bawah 10 s/d 14 bulan
  5. Gigi Taring atas 14 s/d 20 bulan
  6. Gigi Taring bawah 15 s/d 21 bulan
  7. Gigi Geraham pertama atas 14 s/d 20 bulan
  8. Gigi Geraham pertama bawah 15 s/d 21 bulan
  9. Gigi Geraham kedua atas 22 s/d 31 bulan
  10.  Gigi Geraham kedua bawah 21 s/d 29 bulan

Perhatikan bahwa rentang usia di atas bersifat interval, artinya bukan kepastian. Jika buah hati Anda mendapatkan gigi lebih awal, atau lebih lambat beberapa bulan, itu adalah hal yang wajar dan normal.

Pun kalau orang tua tetap merasa khawatir pada pertumbuhan gigi buah hatinya. Ada baiknya untuk kontrol dan konsultasi ke tenaga medis profesional yang berspesialisasi pada layanan gigi anak di Mydents.

Mengatasi Ciri Bayi Tumbuh Gigi Rewel, Demam, dan Bengkak

Berdasarkan tanda-tanda atau ciri-ciri pertumbuhan gigi di atas, keadaan bayi yang rewel, demam, atau bengkak menjadi perhatian mayoritas orang tua. Guna mengurangi gejala yang tidak biasa, berikut langkah yang bisa Anda terapkan.

1. Rewel saat Pertumbuhan Gigi Bayi

Mengatasi bayi rewel tumbuh gigi bukan hanya bertujuan mengurangi rewelnya, melainkan juga memastikan tindakan yang orang tua berikan aman untuk buah hati.

a. Teether atau Mainan Gigi

Mainan gigi (teether) umum diberikan saat terjadi ciri bayi tumbuh gigi, yang belum boleh diberikan minuman selain susu. Cara memasang teether di pergelangan tangan bayi, sehingga ia akan menggigit mainan itu alih-alih jarinya.

Jika dalam masa pertumbuhan gigi, kemungkinan bayi akan bermain dengan jari-jari tangannya. Seperti mulai menggigit dan mengisap, hanya saja, kalau jari masuk terlalu dalam ke kerongkongan dapat memicu muntah (gumoh).

Untuk menghindari hal semacam itu, orang tua dapat memberikan mainan teether dengan memastikan mainan itu terbuat dari bahan yang aman. Atau memilih teether berdasarkan rekomendasi dari dokter anak.

b. Memberi Camilan

Sedangkan kalau sudah memasuki masa-masa MPASI (6 bulan berjalan). Orang tua dapat memberi camilan sebagai pengalih perhatian. Camilan ini berfungsi sebagai pengganti mainan teether sebelumnya, agar bayi juga belajar mengunyah untuk fungsi gigi yang optimal.

Beberapa contoh camilan yang sehat untuk bayi antara lain: apel, wortel, telur, daging ikan, brokoli, roti, biskuit, dan sebagainya.

Apakah peran orang tua selesai setelah memberi bayi camilan? Tentu saja belum. Orang tua harus mendampingi buah hati bahkan saat makan. Tujuannya untuk menghindari tersedak, memakan barang di sekitarnya yang berbahaya, dan memastikan rewelnya berkurang.

c. Meningkatkan Perhatian

Bentuk perhatian yang bisa Anda berikan seperti: mengusap dan mengelus bayi, menjaganya agar tidak gerah, mengajak bayi berkomunikasi, hingga menghiburnya dengan mainan di sekitar.

Selain mengurangi rewel saat proses pertumbuhan gigi, perhatian dari orang tua ke anak akan meningkatkan kedekatan ke tingkat yang lebih intensif. Terlepas dari itu, memberi perhatian kepada anak adalah kewajiban orang tua.

2. Mengurangi Demam Bayi Tumbuh Gigi

Perhatikan bahwa bayi tumbuh gigi mungkin mengalami demam ringan, yang mana berada di 38 derajat ke bawah dan hanya berlangsung maksimal dua hari. Jika demam lebih tinggi dari 38, atau demam tidak kunjung turun setelah dua hari, ada baiknya langsung membawa ke dokter anak.

Demam pada usia bayi sebenarnya hal umum, misalnya setelah imunisasi pada bulan-bulan usia awal. Bidan akan menyarankan pemberian obat penurun demam untuk bayi, serta tindakan preventif lainnya.

Berdasarkan hal tersebut, pada langkah awal mengurangi demam bayi tumbuh gigi adalah memberi obat penurun demam yang aman. Mengompres dengan kompres khusus bayi, serta segera memeriksakan ke dokter jika dirasa tidak ada penurunan.

3. Mengatasi Bengkak Tumbuh Gigi pada Bayi

Kemudian untuk mengatasi bengkak, orang tua dapat melakukan tindakan berupa menggosok bagian gusi. Gosok lembut gusi bayi memakai kasa steril dingin (sejuk), hal ini dapat mengurangi rasa tidak nyaman, sakit, dan bengkak gusi.

Sedangkan kalau bayi sudah boleh makan selain susu, coba beri camilan sehat yang dingin. Memangnya ada? Ada banyak, seperti yogurt, wortel, apel, atau pisang yang sebelumnya dimasukkan ke kulkas.

Sekian beberapa ciri bayi tumbuh gigi serta solusi mengatasi dan mengurangi gejalanya. Ingin konsultasi gratis dengan tenaga spesialis gigi anak? Yuk, hubungi cabang Mydents terdekat di kota Anda, lalu buat janji temu dengan dokter spesialis pada layanan Perawatan Gigi Anak.

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami