HomeBehel GigiSikat Gigi Behel

10 Rekomendasi dan Cara Pakai Sikat Gigi Behel yang Tepat

Sikat Gigi Behel Paket Lengkap

Daftar Isi

Bagi para pengguna behel, membersihkan gigi adalah hal yang harus mendapat perhatian lebih. Jika tidak, sisa makanan yang menempel maka akan menimbulkan plak karena sulit dijangkau oleh sikat gigi pada umumnya. Plak yang membandel tersebut akan membentuk karang gigi. Oleh karena itu, dalam membersihkan gigi dengan sikat gigi behel yang tepat merupakan salah satu prioritas.

Untuk memudahkan kamu dalam menjaga kebersihan gigi, kami merekomendasikan beberapa produk sikat gigi behel yang tepat. Kami juga akan memaparkan cara pemakaiannya agar dapat menjangkau sela-sela bracket dan kawat gigi. Yuk disimak artikelnya, teman Mydents!

10 Rekomendasi Merek Sikat Gigi Behel yang Bagus

Perawatan gigi untuk kamu yang memakai behel memang harus dilakukan secara telaten. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan jenis sikat gigi khusus behel agar mempermudah dalam proses pembersihannya. Berikut rekomendasi merk sikat gigi behel yang dapat kamu pertimbangkan.

1. Pierrot Clinic Orthodontic Toothbrush

 

Rekomendasi sikat gigi behel pertama jatuh kepada Pierrot Clinic Orthodontic Toothbrush. Bulu sikat gigi berbentuk V membuat bulu sikat tidak tertahan oleh bracket gigi. Sehingga dapat menyesuaikan kondisi gigi dan behel kamu. Selain itu, bulu sikat yang halus sangat cocok untuk kamu yang mempunyai gigi sensitif.

Nomor izin edar: AKL 10605613788

Harga: Rp. 50.500 – Rp. 57.900

2. Pepsodent Double Care Clean

Bagian luar dari bulu sikat gigi behel yang satu berwarna dan bertekstur ultra-lembut. Hal ini berguna untuk membersihkan daerah antara gusi dan gigi. Bagian dalam dengan bulu sikat berwarna putih dapat memaksimalkan kebersihan permukaan gigi. Gagang sikat juga terbilang ergonomis, sehingga mudah digenggam.

Pepsodent double care clean juga dilengkapi fitur alat pembersih lidah yang berguna untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap.

Nomor izin edar: AKL 10605705010

Harga: Rp. 12.000 – Rp. 18.400

3. Formula Orthodontic

Bagi pengguna kawat gigi, sikat gigi berbentuk V sangat memudahkan dalam proses pembersihan gigi. Kombinasi dari bentuk khusus dan bulu ekstra lembut dapat menjangkau hingga ke bagian gigi paling belakang. Gunakan juga teknik menyikat gigi dengan sudut 45 derajat untuk hasil yang maksimal.

Nomor izin edar: AKD 10605410148

Harga: Rp. 23.000

4. Pierrot Interdental Fine Brush

Sikat gigi interdental cocok digunakan untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi. Pierrot interdental Fine mempunyai sikat berdiameter 1,2 milimeter (mm) yang lebih kecil daripada sikat gigi pada umumnya. Kepala silinder yang tipis inilah yang dapat menjangkau ruang di antara gigi, sehingga dapat menghilangkan sisa makanan dan plak.

Sikat gigi interdental ini sangat cocok untuk kamu yang memakai gigi implan, dental bridge dan behel gigi. Sikat gigi ini juga menyediakan penutup kepala sikat agar tetap higienis. Selain itu, ukurannya yang traveling size ini sangat compact dan mudah dibawa kemana-mana.

Nomor izin edar: AKL 10605715078

Harga: Rp. 85.500 – Rp. 137.850

5. GUM Ortho Toothbrush

GUM ortho toothbrush didesain khusus untuk pengguna alat ortodonti seperti behel gigi dan retainer. Sikat gigi ini punya konfigurasi bulu sikat yang unik dan tekstur yang gentle, sehingga dapat efektif membersihkan sela-sela bracket dan area sensitif pada mulut. Hal ini juga mengurangi resiko iritasi dan rasa tidak nyaman saat menyikat gigi.

GUM ortho toothbrush juga efektif menghilangkan sisa makanan dan plak gigi, penggunaan sikat gigi ini secara rutin dapat mencegah kerusakan gigi, masalah gusi dan bau mulut. Selain itu sikat gigi behel ini juga dirancang kokoh dan tahan lama, sehingga memberikan kinerja yang konsisten selama perawatan ortodontik.

Nomor izin edar: AKL 10605814920

Harga: Rp. 55.500 – Rp. 60.000

6. Sensodyne Multi Action Toothbrush

Spesialisasi untuk perawatan gigi sensitif memang sudah tugasnya Sensodyne Multi Action Toothbrush. Sikat gigi ini bisa menjadi pengganti sikat gigi ortho di kala emergency. Bulu sikatnya yang halus juga memberikan perlindungan dari rasa ngilu ketika menyikat gigi. 

Bentuk kepala sikat yang relatif kecil diklaim dapat membersihkan area yang sulit dijangkau. Tangkai sikat gigi anti selip yang mudah digenggam memungkinkan kontrol yang baik dan nyaman saat menyikat gigi. Selain itu, sikat gigi ini juga dapat dengan mudah diakses di minimarket yang berfokus kepada kesehatan seperti watson dll.

Nomor izin edar: AKL 10605411813

Harga: Rp. 12.700 – Rp. 17.200

7. GUM Ortho Travel Toothbrush

Sikat gigi khusus behel satu ini dirancang agar mudah dibawa saat traveling. Desainnya yang dapat dilipat menjadikan GUM Ortho Travel Toothbrush ini hemat tempat. Lubang di gagang sikat yang berperan sebagai ventilasi menjaga kelembapan agar sikat gigi tetap bersih. Gagang sikat ini juga mempunyai bantalan yang nyaman agar memudahkan kontrol saat menyikat gigi. Selain itu, bulu sikat anti-bakterialnya menjaga sikat gigi tetap bersih setiap kali digunakan.

Nomor izin edar: AKL 10605814921

Harga: Rp. 41.000 – Rp. 60.000

8. GUM Trav-ler Interdental Brush 1.1 mm

Merek sikat gigi behel yang satu ini juga travel friendly. Kepala sikatnya berdiameter 1.1 mm memungkinkan untuk menjangkau daerah interdental (ruangan di antara gigi). Kepala sikat yang terbuat dari logam dengan pangkal berbentuk bulat mengurangi resiko traumatik, kerusakan enamel gigi dan gusi. Batang kepala sikatnya juga dibaluti Klorheksidin, sebuah anti-bacterial agent yang membuat sikat gigi tetap bersih di antara pemakaiannya.

Nomor izin edar: AKL 10605814924

Harga: Rp. 56.900 – Rp. 79.500

9. Dr. Smith Orthodontic Toothbrush

Dr. Smith Orthodontic Toothbrush adalah salah satu sikat gigi untuk behel yang mempunyai bulu sikat berbentuk V (V-Trim). Hal ini mengupayakan agar pengguna dapat membersihkan di sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi konvensional. Selain itu, bulu sikat yang halus juga mengurangi resiko gigi ngilu untuk kamu yang punya gigi sensitif. Handle anti slip juga membantu kontrol lebih baik saat menyikat gigi.

Nomor izin edar: AKL 10605220245

Harga: Rp. 10.000 – Rp. 15.500

10. GUM Orthodontic Kit

Kalau kamu ingin sikat gigi untuk behel dengan paket lengkap, kami merekomendasikan GUM Orthodontic Kit. Di dalamnya kamu sudah mendapatkan produk sebagai berikut:

  • GUM Orthodontic Toothbrush: 

Sikat gigi orthodontic ini mempunyai fitur bulu sikat dengan potongan V. Hal ini memungkinkan untuk membersihkan gigi sekaligus sisi-sisi bracket, kawat, dan pengikat behel gigi serta menghilangkan plak dari area yang sulit dijangkau oleh sikat gigi konvensional.

  • GUM Proxabrush Go-betweens Cleaner:

Sikat gigi interdental ini didesain secara klinis oleh para dental professional untuk menghilangkan plak dari area di antara gigi, sekitar dental crown, bridge, implan gigi dan behel. Sudah termasuk 3 ukuran yang berbeda (0.6 mm, 1.1 mm, dan 1.6 mm).

  • GUM Easythread Floss:

Benang gigi yang satu ini cocok untuk menghilangkan plak di area yang sulit dijangkau seperti area di sela sela antar gigi, dental bridge dan implan tanpa mengiritasi gusi. Benang gigi ini dapat dipakai hingga 50 kali penggunaan.

  • GUM Orthodontic Wax:

Orthodontic wax atau lilin ortho digunakan untuk menghindari iritasi yang kemungkinan terjadi akibat adanya kawat gigi yang menusuk gigi atau pipi bagian dalam. GUM Orthodontic Wax tersedia dalam bentuk potongan siap pakai dengan rasa mint dan vitamin E. Lilin ortho ini juga dikemas dengan case plastik yang mudah ditaruh di kantong, tas dll.

 

Nomor Izin Edar: AKL 10605916624

Harga: Rp. 119.900 – Rp. 138.000

Cara Menyikat Gigi untuk Pengguna Behel

Proses penggunaan sikat gigi behel agak sedikit berbeda dengan sikat gigi konvensional. Agar dapat membersihkan gigi sampai ke area yang sulit dijangkau butuh teknik dan jenis sikat gigi yang berbeda. Hal yang paling dasar dan harus diketahui bagi pengguna behel adalah proses yang akan dijabarkan sebagai berikut:

  1. Sebelum menyikat gigi, berkumurlah dengan air agar sisa makanan yang tersisa dapat dikeluarkan dengan mudah.
  2. Kemudian, mulailah menyikat gigi dengan sikat gigi khusus behel dengan angle 45 derajat. Hal ini dibutuhkan agar bagian bawah bracket dan kawat gigi dan sela antar gusi dan gigi dapat dibersihkan dengan baik.
  3. Setelah itu, sikat bagian atas bracket satu per satu.
  4. Kemudian, ubah posisi untuk menyikat bagian bawah bracket dan kawat secara perlahan, sambil mengarahkan sikat gigi ke atas.
  5. Pastikan untuk menyikat setiap gigi di garis gusi serta di atas dan di bawah braket untuk membantu menghilangkan plak dan sisa makanan.

Untuk hasil yang maksimal pastikan untuk menyikat gigi 2 kali sehari dan berkumur setelah makan. Selain itu, disarankan juga untuk memakai benang gigi atau sikat gigi interdental untuk membersihkan area di antara gigi. Berikut cara menggunakan sikat gigi interdental:

  1. Pilih ukuran yang sesuai dengan kondisi gigi kamu.
  2. Masukkan dengan lembut dan perlahan.
  3. Gerakkan sikat maju dan mundur di setiap areanya.
  4. Ubah ukuran dan tekuk leher sikat gigi interdental ketika dibutuhkan.
  5. Ganti sikat gigi apabila bulu sikat sudah tidak lagi efektif membersihkan area interdental (bagian sela-sela gigi).

Kesimpulan

Merawat kebersihan gigi adalah yang yang krusial untuk pengguna behel. Penting untuk menyikat gigi beserta area di sekitar kawat gigi dua kali sehari atau setelah makan. Untuk menjangkau area yang sulit dijangkau sikat gigi konvensional, gunakanlah sikat gigi behel yang sesuai dengan kondisi mulut kamu. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakanlah benang gigi (dental floss) dan sikat gigi interdental. Agar dapat mengurangi rasa nyeri akibat iritasi yang ditimbulkan kawat gigi yang menusuk bagian dalam mulut, gunakanlah lilin ortho (ortho wax).

Apabila kamu masih menemukan masalah terkait behel gigi kamu, konsultasikan langsung ke dokter spesialis ortodonti terdekat. Kamu bisa mengunjungi klinik gigi Mydents Dental Care untuk reservasi dokter spesialis ortodonti terdekat. Selalu ingat untuk periksakan kondisi behel kamu secara berkala. Apabila ada yang ingin ditanyakan, feel free untuk bertanya dan konsultasikan masalah gigi apapun ke no admin di bawah ya. Yuk langsung klik dengan cabang terdekat dari lokasi kamu ya, Teman Mydents!

Siap untuk wujudkan senyum idealmu?

Yuk pilih cabang untuk konsultasi dengan dokter gigi ahli kami